Rabu, 22 April 2015

Kisah Sukses Irene Bisnis Sampah



Kisah Sukses Irene Bisnis Sampah - Sampah adalah sesuatu yang tak berguna dan menjijikan bagi kebanyakan orang. Tapi berbeda di atas tangan wanita ini, sampah bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Wanita bernama lengkap Irene ini berhasil mengelola sampah menjadi lahan bisnis yang menjanjikan dengan mendirikan Perusahaan Pengolahan Sampah, PT Recycle Indonesia Utama Mandiri (Recyclindo). Sebelumnya, Irene tak terpikir akan menekuni bisnis ini dan menjadi pemilik PT Recyclindo. Padahal ia dulunya bercita-cita memiliki bisnis restoran atau kuliner sesuai bidang yang dikuasainya. Namun, suratan takdir mengharuskan wanita kelahiran 29 April 1974 ini menekuni bisnis pengelolaan sampah.
 
Kisah Sukses Irene Bisnis Sampah
Kisah Sukses Irene Bisnis Sampah (http://www.wirausahamuda.net)
PT Recycle Indonesia Utama Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang menyediakan jalan keluar dari lingkungan hidup dengan menciptakan lingkungan hidup yang nyaman, bersih dan sehat. Adapun sistem pengelolaan sampah yang digunakan PT Recyclindo adalah zero waste management.

Lalu bagaimana Irene bisa masuk ke dalam bisnis pengelolaan sampah ini? Hal ini tak terlepas dari jiwa sosialnya dimana ia merasa prihatin dan kasihan melihat sikap dan perilaku masyarakat Indonesia yang sembarang dalam membuang sampah dan cuek dalam soal sampah di masyarakat. Sehingga tercetuslah niat atau rasa peduli untuk membantu masyarakat mengelola sampah. Hal ini diwujudkan dalam bentuk membeli sampah seperti botol, kertas, dan kaleng alumunium dari staf housekeeping hotel, lalu menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi.

Kisah Sukses Irene Bisnis Sampah
Kesempatan emas datang pada wanita cantik dan ramah ini. Sebuah lembaga bernama BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) mengadakan pelatihan intensif selama tiga hari mengenai cara mengolah sampah dengan sistem zero waste management. Irene mengikuti pelatihan tersebut dengan seksama. Pada saat mengikuti kursus itu, ia ditugaskan mengunjungi tempat pembuangan sampah di daerah Bantar Gebang Bekasi. Di tempat inilah, Irene terkaget-kaget melihat tumpukan sampah seperti puncak-puncak atau bukit-bukit gunung. Ia tertegun dan karena bau, Irene mengalami mabuk kepala apalagi ia alergi sekali terhadap debu sampah. 

Kemudian Irene beserta puluhan peserta pelatihan lainnya mengunjungi rumah jagal atau rumah pemotongan hewan di DKI Jakarta. Tampak sisa-sisa daging dijadikan kompos. Karena baunya sangat menyengat dan tajam, setelah kunjungan ke tempat jagal itu Irene jatuh sakit sampai beberapa hari lamanya. Setelah pelatihan itu, wawasan dan pengetahuan Irene tentang pengolahan sampah semakin terbuka dan berkembang.

Usaha pengolahan sampah yang ditekuninya semakin berkembang pesat. Dari mulai berburu sampah kering, kini Irene memiliki langganan pemasok sampah. Karena bisnisnya semakin berkembang pesat maka ia membeli truk bekas, dan menyewa sebuah lahan kosong di daerah Cinangka Sawangan Depok dan di wilayah Parung Bogor. Di tempat inilah, sampah organik dirubah menjadi pupuk kompos yang sangat berguna dan bernilai jual tinggi. Pundi-pundi uang mengalir dari bisnis pengolahan sampah.

Demikianlah kisah sukses Irene bisnis sampah. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan memotivasi pembaca agar bisa berbuat lebih banyak dalam berbuat kebajikan di lingkungan sekitar seperti halnya Irene. Selamat berbisnis. Semoga sukses.

Baca juga :

Ingin Kaya Raya? Ikuti Teknik Investasi Berkebun Emas