Jumat, 24 April 2015

Ingin Sukses, Harus Investasi



Ingin Sukses, Harus Investasi - Pengertian investasi digambarkan secara jelas dalam ajaran agama Islam. Dimana Allah SWT berfirman:"Orang yang (berinvestasi) melakukan satu kebajikan ibarat satu bulir yang menumbuhkan tujuh bulir. Dari tujuh bulir berkembang lagi menjadi bulir-bulir lainnya”. Itulah pengertian investasi yang sesungguhnya bahwa investasi harus beranak pinak. Dari satu investasi menghasilkan investasi-investasi lainnya yang membuat seseorang kaya raya.
 
Ingin Sukses, Harus Investasi
Ingin Sukses, Harus Investasi (http://www.dbagus.com)
Salah satu bentuk investasi yang diajarkan pada anak-anak adalah menabung. Menabung adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan sejak dini. Dan patut disyukuri, sudah banyak orangtua di tanah air yang mengajarkan anaknya untuk menabung. Mereka membelikan celengan agar anak bisa menabung setiap hari dari sebagian uang yang mereka miliki. Bahkan di sekolah pun, seorang siswa diajarkan untuk menabung. Dan uang hasil tabungan mereka akan dibagikan setelah lulus dari sekolah dasar tersebut. Ada yang menerima ratusan ribu rupiah sampai ada yang menerima puluhan juta rupiah. Rupanya menabung sedikit secara rutin dapat mengumpulkan uang dalam jumlah banyak beberapa tahun kemudian.

Menabung berarti mengajarkan seorang anak menghargai uang. Mengajarkan seorang anak cara menggapai impian, cara merancang masa depan dan lain sebagainya. Begitupula dalam pandangan agama Islam seseorang mesti menabung dalam arti menabung kebaikan. Karena kelak akan dituai hasil panennya yakni di akhirat. Sedikit demi sedikit lama-lama kebaikan menjadi bukit. Jangan anggap remeh suatu kebaikan sekecil apapun karena jika dilakukan secara terus menerus atau konsisten maka akan menjadi besar. Allah SWT berfirman bahwasanya dunia adalah tempat berbuat kebaikan dan ladang panennya ketika di akhirat. Jadi jika anda ingin panen kebaikan dalam jumlah banyak di akhirat maka hidup di dunia harus dioptimalkan sebaik mungkin.

Ingin Sukses, Harus Investasi
Allah SWT berfirman : "Hai orang-orang yang beriman hendaklah kalian bertakwa dan hendaklah kalian memperhatikan apa-apa yang telah kalian kerjakan pada masa lalu untuk masa depan kalian." Dari ayat di atas, secara tak langsung Allah SWT menyuruh manusia memperhatikan investasinya. Pengertian investasi bukan hanya soal uang tapi juga meliputi investasi kebajikan. Sebuah kebajikan akan beranak pinak hingga beratus kebajikan. Itulah investasi yang sesungguhnya.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, pada masa akhirat adalah masa panen. Allah SWT akan membalas kebaikan walau sebutir debu dan akan membalas keburukan walau sebutir zarrah. Perhitungan yang cermat dan teliti. Maka ketika di akhirat akan banyak orang yang menyesal karena tidak berinvestasi yang banyak di dunia. Orang yang suka berbuat baik pun akan menyesal kenapa tidak melakukan kebajikan yang banyak ketika hidup di dunia. Orang yang berbuat dosa pun akan menyesal karena perbuatan dosanya tersebut.

Pendek kata, jika anda ingin sukses hidup di dunia maka berinvestasilah. Uang anda akan beranak pinak dan semakn banyak dengan investasi. Banyak investasi yang tersedia seperti deposito, reksadana, saham, emas dan lain sebagainya. Begitupula jika anda ingin sukses di akhirat maka anda pun harus berinvestasi yakni berinvestasi pada kebajikan. Jadi, jika seseorang ingin sukses dunia dan akhirat maka harus rajin berinvestasi. Di dunia harus berinvestasi dalam uang. Sedangkan di akhirat harus berinvestasi dalam bentuk kebajikan.

Demikianlah artikel pengertian investasi tepatnya mengenai ingin sukses, harus investasi. Mudah-mudahan artikel ini dapat mendorong dan memotivasi para pembaca agar lebih semangat dalam berinvestasi baik di dunia maupun di akhirat. Investasi adalah kunci kesuksesan seseorang. Jangan tunda lagi untuk melakukan investasi. Segeralah berinvestasi! Kelak anda akan menuai hasilnya. Selamat berinvestasi! Semoga sukses!

1 komentar :