Senin, 16 April 2018

Analisa Usaha Bisnis Donat Mini Rumahan dan Seribuan



Analisa Usaha Bisnis Donat Mini Rumahan dan Seribuan - Hidup bukanlah tempat untuk berleha-leha. Hidup adalah perjuangan untuk berjuang mendapatkan hidup yang lebih baik di masa kini dan mendatang. Namun seringkali impian terhadap hidup kita tidak sesuai dengan kenyataan. Kita ingin hidup enak dan kaya. Tapi kenyataannya hidup miskin dan sederhana. Maka cara mengatasi hal itu tentu saja dengan membuka sebuah usaha yang mampu memberikan keuntungan besar perhari.

Analisa Usaha Bisnis Donat Mini Rumahan dan Seribuan
Analisa Usaha Bisnis Donat Mini Rumahan dan Seribuan
Itupula yang dialami oleh wanita cantik bernama Nurzahida yang akrab disapa Ida. Wanita ramah ini mengalami banyak sekali kegagalan. Namun hal itu tidak membuatnya menyerah. Ia terus bangkit hingga mendapatkan kesuksesan saat ini. Wanita yang murah senyum ini menjelma menjadi salah seorang pengusaha donat yang sukses dan kaya raya. Adapun donat buatannya terbuat dari Ketela dan Labu.

Sebelumnya, Ida merupakan salah seorang mahasiswa universitas Syekh Kuala (UNSYIAH) yang cerdas dan aktif. Ia kerapkali mengikuti berbagai kompetisi dalam bidang wirausaha dan bisnis. Seperti kompetisi bisnis kuliner yang diadakan oleh lembaga DIKTI. Hingga akhirnya Ida mendapatkan juara pertama dari kompetisi tersebut dan berhak memperoleh dana hibah gratis dari DIKTI sebesar Rp  8 juta. Uang sebesar itu digunakannya untuk modal usaha pembuatan roti.

Analisa Usaha Bisnis Donat Mini Rumahan dan Seribuan
Setelah usaha produksi roti berjalan baik, perlahan-lahan mulai mendapatkan pelanggan. Dari hari ke hari pelanggan terus bertambah besar. Namun bisnis roti yang dikelola oleh lima orang tim ini mendapatkan hambatan dan kesulitan. Dimana para personilnya merasakan kejenuhan dalam membuka usaha roti. Hingga akhirnya mereka satu persatu mengundurkan diri dari usaha produsen roti yang telah dijalaninya sejak lama. Termasuk Ida sendiri.

Wanita yang cerdas ini selepas mengundurkan diri dari bisnis roti, kemudian ia memutuskan untuk menjadi seorang karyawati. Dirasakan menjalankan sebuah bisnis dan usaha sangat sulit. Keuntungan sangat kecil. Apalagi dalam tahap awal. Pemasaran sangat sulit karena persaingan usaha yang sangat ketat. Oleh sebab itu, ia mencari lowongan kerja sebagai karyawati dan akhirnya di terima bekerja di sebuah perusahaan swasta di Aceh.

Namun tuntutan dan beban pekerjaan membuatnya ia tidak nyaman bekerja sebagai karyawati. Ia lebih menyenangi kegiatan menjadi seorang pengusaha yang bebas waktu kerja, sikap kreatif tersalurkan dengan baik dan penghasilan yang bisa ditentukan oleh sendiri. Oleh karenanya, ia tidak lama bekerja sebagai karyawati di sebuah perusahaan swasta. Ia mengundurkan diri dan memilih status pengangguran untuk kelak menjadi seorang pengusaha kaya raya dan berhasil.

Pada suatu hari, Ida bertemu dengan seorang temannya yang menjadi pengusaha sukses dan kaya. Hal tersebut membuatnya terdorong untuk sukses menjadi pengusaha kembali. Ia kembali memikirkan untuk menjadi pengusaha. Tapi apa produk makanan yang hendak dijual? Akhirnya ia memilih untuk membuat donat yang saat itu sedang populer dan trend.

Ida mencoba membuat donat yang unik dan berbeda dari pesaing. Jika kebanyakan donat terbuat dari ubi, kentang dan tepung. Maka Ida membuat donat dari bahan dasar labu dan ketela. Hal ini atas dasar pasokan labu dan singkong yang sangat melimpah di Indonesia, sangat baik dan bermanfaat untuk dimakan dan dijual dengan harga yang sangat murah meriah.

Wanita yang ceria ini segera membuat donat buatannya sendiri. Kemudian menjualnya kepada lingkungan terdekat. Seperti tetangga, teman, sahabat, anggota keluarga, sanak kerabat dan kenalannya. Dan kadang kala Ida memberikan secara gratis donat buatannya sebagai sampel. Dan ternyata sambutan dari mereka sangat baik. Hal ini membuat Ida lebih semangat lagi untuk membuka usaha donat secara lebih besar dan profesional. Ia memberikan brand donat buatannya dengan nama Get Latela.

Demikianlah Analisa Usaha Bisnis Donat Mini Rumahan dan Seribuan yang dijalankan oleh ibu rumahtangga yang bernama Ida. Ternyata modal usaha donat sangat kecil tapi keuntungan sangat besar. Jika anda sedang mencari peluang usaha baru maka usaha produksi donat bisa menjadi pilihan tepat dengan target pasar anak sekolah maupun umum.