Rabu, 11 Februari 2015

Peluang Usaha Kerupuk Padang Pasir Untung Menggiurkan


Peluang Usaha Kerupuk Padang Pasir Untung Menggiurkan - Bagi sebagian orang mendengar nama kerupuk padang pasir pasti akan terasa asing dan aneh di telinga. Dinamakan kerupuk padang pasir bukan karena berasal dari Negara arab atau tanah afrika yang memiliki padang pasir yang sangat luas. Namun, diberi nama kerupuk padang pasir karena pembuatannya dengan cara digoreng menggunakan pasir yang amat halus.
Peluang Usaha Kerupuk Padang Pasir Untung Menggiurkan
Peluang Usaha Kerupuk Padang Pasir Untung Menggiurkan (http://www.antarafoto.com)

Salah seorang pelaku usaha bisnis kerupuk padang pasir adalah Bambang Suparno yang berusia 49 tahun. Pria yang berasal dari kampung Jeruk Dusun Tugurejo Kecamatan Ngasem, Kediri Propinsi Jawa Timur ini telah menekuni usaha kerupuk padang pasir sejak lama tepatnya sejak tahun 2001. Ditanya mengenai pendapatan perbulan dari usaha berjualan kerupuk padang pasir yang dilakoninya, bekas buruh migran ini mengatakan terus terang penghasilannya perbulan mencapai Rp.90 juta.

Di tempat usahanya, tampak Bambang sedang menggoreng kerupuk menggunakan media pasir halus hasil penyaringan tanpa minyak. Dengan nyala api yang sedang, ia menggoreng kerupuk hingga mekar. Sehingga kerupuk yang digorengnya dinamakan kerupuk padang pasir.

Adapun kerupuk yang digoreng menggunakan pasir halus maka rasa kerupuk tersebut akan berbeda apabila digoreng memakai minyak goreng. Selain berbeda rasa, juga kerupuk yang digoreng menggunakan media pasir terbukti mampu mengurangi biaya produksi sehingga lebih hemat. Dan tak kalah penting, kerupuk padang pasir rendah kolesterol. Menurut Bambang kelebihan lain kerupuk buatannya adalah jika kerupuk melempem sangat mudah di daur ulang sehingga terhindar selalu dari bentuk kerupuk melempem.

Untuk mendongkrak penjualan dan menarik minat pembeli terhadap kerupuk buatannya, pria yang murah senyum ini melakukan berbagai inovasi rasa. Dimana ia telah menciptakan beraneka ragam rasa dari kerupuk padang pasir seperti rasa manis, pedas, pedas manis, rujak, terasi, ubi, seledri dan bawang. Untuk pemberian rasa kerupuk bisa dilaksanakan dengan 2 cara yakni bumbu dicampur dengan kerupuk yang telah digoreng atau bumbu rasa dicampur dengan kerupuk yang belum digoreng.

Peluang Usaha Kerupuk Padang Pasir Untung Menggiurkan
Kerupuk padang pasir yang telah digoreng dan diberi rasa tersebut, lalu dikemas secara menarik dalam ukuran plastik setengah kg dengan panjang plastik sekitar 30 cm hingga 40 cm. Kemudian kerupuk padang pasir yang telah dikemas tersebut dikirim ke sejumlah agen yang tersebar di berbagai wilayah seperti Nganjuk, Kediri, Jombang, Kertosono, Ngawi, Bojonegoro, Malang, Tuban dan Sidoarjo. Para agen tersebut merupakan para pedagang yang menjual oleh-oleh khas di daerahnya masing-masing. Adapun untuk masalah harga kerupuk, ia menjual setiap satu bungkus kerupuk padang pasir berukuran besar sebesar Rp.1000 hingga Rp.2.500.

Dalam melakoni bisnis kerupuk padang pasir, Bambang dikenal sebagai pengusaha ulet dalam melakukan suatu bisnis hingga meraih kesuksesan sekarang ini. Pria yang dermawan ini mengakui karyawannya merupakan aset yang berharga. Oleh sebab itu, ia selalu menjalin hubungan baik dengan para karyawannya. Ketika tulisan ini dimuat, perusahaan kerupuk padang pasir yang ia kelola telah memiliki empat orang karyawan yang bekerja untuk melakukan proses penjemuran kerupuk padang pasir sampai penggorengan. Adapun pengemasan kerupuk dilaksanakan oleh enam anaknya, isteri tercinta dan sejumlah tetangganya sebagai tenaga borongan harian.

Untuk lebih memperkenalkan produknya dan memberikan ciri khas, pria tampan ini memberikan merek pada kerupuk padang pasir buatannya dengan label “Arofah”. Dan hal yang Bambang syukuri, perkembangan usahanya maju sangat pesat. Pada awalnya ia hanya mampu menghasilkan 30 kg kerupuk padang pasir perhari. Namun sekarang, ia mampu memproduksi sekitar 2,5 kuintal kerupuk perhari.

Sementara itu, sebelum menjadi pengusaha kerupuk padang pasir yang sukses sekarang ini, ia pernah menjalani berbagai profesi seperti pedagang baso keliling, buruh bangunan di Negara tetangga, hingga berdagang oli pelumas. Namun, ia lebih menekuni usaha kerupuk padang pasir setelah melihat salah seorang saudaranya yang membuka usaha kerupuk ini.

Demikianlah yang dapat penulis utarakan dan sampaikan mengenai Peluang Usaha Kerupuk Padang Pasir Untung Menggiurkan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah referensi usaha yang hendak dilakukan. Tetaplah semangat!! Semoga sukses!!