Rabu, 05 Oktober 2016

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Tak Terbaca



Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Tak Terbaca – Pada hari ini penulis kesal dengan perangkat notebook milik penulis yang tidak bisa masuk ke windows. Entahlah apa penyebabnya. Tapi penulis kira karena kerusakan pada mesin harddisk yang tidak bisa terbaca. Sebelumnya kadang terbaca dan kadang tidak. Sekarang lebih parah yakni tidak terbaca sama sekali. Apa yang harus dilakukan? Tidak mungkin membongkar netbook sendirian karena tidak mengetahui ilmunya.
Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Tak Terbaca oleh komputer
Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Tak Terbaca
Berselang waktu kemudian dengan pasrah dan rela hati terpaksa netbook itu harus diperbaiki ke toko service komputer dan diserahkan kepada ahlinya walaupun biayanya mahal. Pada saat itu penulis mempunyai uang lumayan besar dari hasil pertanian padi di sawah. Sehingga terasa tenang dalam memperbaiki komputer berapapun biayanya. Komputer netbook sangat penting bagi penulis karena seharian digunakan untuk melakukan bisnis online atau cara mencari uang di internet sebagai pebisnis online.

Kenapa sih harddisk tidak terbaca oleh komputer sama sekali padahal dulu pernah terbaca sekali? Pertanyaan itu terus berkecamuk. Mungkin sudah waktunya diganti atau diperbaiki karena masa pakai sudah melewati empat tahun lebih. Tapi mungkin juga harddisk di komputer tak terbaca dikarenakan sering padamnya laptop disebabkan matinya aliran listrik di rumah saat digunakan. Hal ini dibenarkan oleh tukang service yang menyatakan harddisik laptop saya mengalami kerusakan parah atau tak terbaca sehingga mesti diganti.

Ini semua gara-gara PLN di Sumedang yang dengan seenaknya atau sering memadamkan aliran listrik di kota tersebut. Sehingga ketika dipakai laptop mati dan sistem rusak yang sekaligus merusak harddisk. Perlu diketahui di Sumedang hampir terjadi padam listrik setiap hari hingga beberapa kali. Sungguh menyedihkan dan merugikan para pelanggan yang mempunyai perangkat elektronik seperti komputer menjadi cepat rusak.

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Tak Terbaca
Tukang service komputer mengatakan harddisk netbook saya rusak karena sering mengalami mati listrik ketika digunakan. Apalagi notebook penulis tidak menggunakan baterai laptop. Sehingga ketika mati listrik praktis laptop mati yang menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itu, sarannya penulis harus beli baterai laptop agar harddisk awet. Setelah ditanyakan harga baterai laptop harganya sebesar Rp 500 ribu. Wow hampir setengah harga laptop second. Atas hal itu penulis menolak membeli baterai dan memilih mengganti harddisk dengan yang baru.

Pendek kata, cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca oleh komputer caranya sangat mudah yaitu dengan mengganti harddisk dengan yang baru. Dan alhamdulillah sampai sekarang harddisk penulis masih sehat walaupun beberapa kali mati listrik. Perlu diketahui harddisk baru harganya tidak terlalu mahal sekitar Rp 400 ribu.

Menurut para ahli service komputer berikut ini sejumlah faktor yang menyebabkan harddisk tidak terbaca oleh laptop antara lain bad sector, pernah mengalami kejatuhan komputer sehingga merusak sistem dan harddisk dan bisa pula disebabkab oleh virus yang menyebabkan crash file. Oleh karenanya, kira-kira harddisk sobat tidak terbaca oleh apa? Karena komputer pernah jatuh sehingga rusak harddisk atau kabel dan sistemnya.

Oleh karena itu, mesti berhati-hati dalam menggunakan dan membawa komputer. Penulis menyadari harddisk komputer penulis tak terbaca karena sering dibawa dan terbanting. Oleh sebab itu, jika sobat mempunyai laptop maka usahakan jangan dibawa. Gunakan saja di rumah. Kalau sering dibawa bisa mengakibatkan rusak baik karena goncangan maupun benturan. Tapi kan mesti dibawa laptop? Boleh saja dibawa tapi harus hati-hati dalam posisi membawa dan terhindar dari guncangan atau benturan yang terjadi. 

Komputer adalah barang sensitif sekali rusak sangat sulit diperbaiki dimana harus keluar banyak uang.
Harddisk tidak terbaca pada awalnya akan mengalami gejala berikut ini. Seperti komputer mudah ngehang, tidak mau masuk ke windows, ada suara tut atau bunyi komputer, ada peringatan di mesin komputer dan windows, dan terakhir karena adanya virus ganas akibat sering download file atau buka internet di komputer tanpa adanya anti virus yang memadai. Bagaimana sudah paham sobat?

Pesan penulis lebih baik mencegah harddisk tak terbaca daripada memperbaikinya yang harus mengeluarkan uang banyak untuk membayar ongkos service. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Tak Terbaca Di Komputer dengan cara membeli harddisk yang baru seharga Rp 400 ribu.
 Baca artikel terkait : Penyebab bisnis internet gagal