Jumat, 24 Juni 2016

Bosan Jadi Pegawai Ingin Jadi Pengusaha

Bosan Jadi Pegawai Ingin Jadi Pengusaha - Pada episode kali ini penulis akan membahas mengenai cara seorang karyawan menjadi pengusaha sukses. Untung-untung jadi pengusaha sukses. Perlu diketahui profesi sebagai karyawan maupun sebagai pengusaha sangat terhormat di sisi Allah dan manusia. Ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing profesi. Misalnya seorang karyawan selalu mendapatkan gaji rutin bulanan sehingga aman. Sedangkan pengusaha terkadang sulit membayar gaji karyawan apalagi perusahaannya pailit atau kurang menguntungkan di tengah persaingan usaha yang sangat sengit sekarang ini. Seperti halnya yang dialami oleh perusahaan sale pisang ambarsari yang sudah enam bulan mengalami pembayaran gaji uang telat kepada para karyawannya. Disebabkan sepi orderan, dan pembayaran dari toko sedang seret dan telat.
Bosan Jadi Pegawai Ingin Jadi Pengusaha (www.seribupeluang.blogspot.com)
Namun disamping kerugian menjadi pengusaha ada keuntungannya. Menjadi pengusaha bisa menjadi seorang sukses, bebas finansial di waktu muda, bebas waktu kerja dan jam kerja, bebas tidur sepuasnya mau bangun tidur siang hari tak ada yang melarang karena tidak ada orang yang mengaturnya. Sedangkan jika menjadi karyawan tidak akan membuat kaya raya, waktu terikat tidak bebas kerja, diatur oleh majikan dan atasan seketat mungkin, tidak bisa bebas finansial dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat banyak karyawan mengundurkan diri.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apakah bisa seorang karyawan menjadi pengusaha sukses dan kaya raya? Jawabannya tentu saja bisa. Hal ini berdasarkan pengamatan langsung penulis dari berbagai sumber yang ada. Misalnya penulis pernah menjumpai sebuah gerai usaha reparasi jok motor mobil. Setelah ditelisik ternyata ia dulunya seorang karyawan yang bekerja di sebuah toko reparasi jok mobil dan motor. Kemudian setelah menguasai ilmu cara reparasi jok mobil dan motor, ia mengundurkan diri dari tempat kerjanya dan memilih membuka usaha sendiri atau menjadi bos reparasi jok motor mobil di daerahnya.

Bagaimana Bosan Jadi Pegawai Ingin Jadi Pengusaha

Karena perlu diingat  bisnis dan usaha reparasi jok motor dan mobil senantiasa laris manis sekarang ini mengingat jumlah sepeda motor, mobil dan kendaraan bermotor lainnya yang setiap hari semakin bertambah banyak. Dan tak jarang karena kepanasan atau kehujanan maka jok motor dan mobil rusak. Adapula orang yang mengganti kulit jok motor dan mobil untuk lebih memberikan kesegaran baru. Sebab mereka mengerti harga jasa reparasi dan ganti jok motor dan mobil sangat terjangkau atau murah meriah.

Kejadian berikutnya datang dari usaha sale pisang. Di sebuah usaha sale pisang yang menguntungkan di daerah Purworejo. Beberapa orang karyawan sibuk bekerja. Penghasilan usaha sale pisang lumayan besar. Kemudian seorang karyawan mengundurkan diri dan membangun usaha sale pisang di rumahnya secara mandiri atau berwirausaha di bidang yang sama. Keuntungan pun lumayan besar didapatkan dari mantan karyawan tersebut. Itulah cara Bosan Jadi Pegawai Ingin Jadi Pengusaha yang sudah terbukti dengan cara langsung memulai bisnis usaha yang sama. 

Seperti akhir-akhir ini di perusahaan sale pisang ambarsari ada salah seorang karyawan bagian gudang bernama Budi hendak mengundurkan diri dengan alasan hendak membuka usaha sendiri sale pisang di daerah Cimahi Jawa Barat dengan harga yang lebih murah. Capek rasanya menjadi seorang karyawan terus menerus. Kadang tiap minggu sekali dimarahin sama majikan keluhnya. Hal ini patut diacungi jempol. Namun alangkah baiknya ia menjalankan profesi sebagai karyawan sekaligus sebagai pengusaha untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di masa datang. Sebab bisa saja usaha bangkrut. Dan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari masih bisa dengan gaji bulanan. Semoga dengan berpindahnya kuadran karyawan menjadi pengusaha akan membuat dia sukses dan kaya raya. Selamat mencoba.

Dari dua cerita di atas, penulis ingin menekankan bahwa menjadi seorang pengusaha dari asalnya seorang karyawan sangat mudah. Cara yang ekstrim keluar dari tempat kerja dan langsung membuka usaha sendiri. Namun cara tersebut berbahaya. Sebab kemungkinan usaha baru dirintis bangkrut. Cara yang aman adalah tetap sebagai karyawan. Lalu luar jam kerja atau di waktu hari libur bekerja digunakan untuk membuka usaha sendiri atau menjadi pengusaha. Nah sekarang usaha apa yang harus digeluti. Karena banyak sekali sekarang ini jenis usaha yang bisa dipilih. Cara gampangnya adalah seperti cerita di atas adalah memilih jenis usaha sesuai dengan jenis usaha di tempat kerja kita. Misalnya tempat kerja kita bergerak dalam usaha produksi sale pisang maka kita bisa membuka usaha sale pisang yang serupa, tempat kerja kita bergerak dalam bidang perbaikan jok motor dan mobil maka kita membuka usaha reparasi jok motor dan mobil di sela waktu luang kita. Mudahkan? Selamat anda sudah menjadi pengusaha.

Pendek kata, hidup ini mudah jangan dipersulit. Sukses itu mudah jangan dibuat sulit. Apalagi seorang karyawan yang mencoba membuka usaha sendiri bisa mengandalkan gajinya untuk modal usaha. Jika usaha bangkrut atau rugi maka hidup tidak susah amat. Karena masih mempunyai gaji untuk menghidupi anak isteri. Ayo bukalah usaha sekarang. Kalau tidak kapan lagi.

Demikianlah cara Gampang Seorang Karyawan Jadi Pengusaha atau Bosan Jadi Pegawai Ingin Jadi Pengusaha

Baca pula : Dari Karyawan Menjadi Pengusaha Sukses