Selasa, 21 Juni 2016

Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 3 Sampai 5

Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 3 Sampai 5 - Setelah kita menafsirkan surat Al Fatihah ayat 1 sampai dua maka kita akan melanjutkan tafsirul quran ayat selanjutnya yakni ayat tiga. Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terlaknat. Segala sesuatu pekerjaan harus dimulai dengan membaca basmalah. Seperti ketika hendak menyembelih hewan ternak, ketika hendak berangkat kerja, ketika hendak memakai pakaian, ketika hendak tidur, ketika hendak makan dan minum, ketika hendak berbuka puasa dan lain sebagainya.
Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 3 Sampai 5 (www.kitepunye.com)
Serentetan sifat-sifat Allah terdapat dalam awal surat al fatihah. Allah maha pengasih. Allah maha penyayang. Dan segala puji bagi Allah. Dan Allah yang wajib dipuji. Misalnya dengan membaca hamdalah. Allah maha besar. Allah penguasa alam semesta dan semua alam. Sekali lagi ditandaskan bahwa sifat Allah maha pengasih dan maha penyayang. Hal ini untuk menguatkan hati orang beriman agar jangan takut kepada ancaman kaum kafir. Perintah berhijrah dari Allah harus dilaksanakan setiap kaum muslimin dengan meninggalkan harta dan kekayaan kala itu. Karena di tempat baru Allah akan memberikan harta dan kekayaan yang lebih besar dan banyak. Bukankah Allah maha pengasih dan penyayang.

Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 3 Sampai 5
Pada ayat tiga berbunyi bahwa Allah yang menguasai hari pembalasan atau hari akhirat. Tenang saja bagi orang beriman. Sengsara di dunia tak mengapa. Asalkan tidak sengsara di akhirat. Hidup bukan hanya di dunia tapi hidup yang kekal adalah hidup ketika di akhirat dan masuk surga.

Allah bukan hanya menguasai alam semesta tapi menguasai semua alam seluruhnya tanpa batas termasuk hari pembalasan atau hari akhirat. Pada hari ini manusia membutuhkan pertolongan Allah. Karena hanya Dialah yang menguasai hari pembalasan atau hari akhirat ini. Oleh sebab itu, sebagai kaum muslimin hendaknya mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga Allah mencintai kita. Dan ketika kita di hari pembalasan ditolong oleh Allah SWT. Salah satu tips agar kita dicintai oleh Allah dengan cara melaksanakan amalan salat sunah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW "Allah sangat mencintai seorang hamba hingga hamba itu melaksanakan salat sunat". Itulah tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 3 Sampai 5.

Dengan kita mendapatkan kasih sayang dan rahmat Allah maka ketika hidup di dunia dan akhirat akan senantiasa ditolong oleh Allah SWT. Hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada Allah jua kami meminta pertolongan. Yang patut disembah hanyalah Allah. Tidak ada makhluk apapun, tidak ada manusia apapun dan tak ada benda apapun yang patut disembah dan diagungkan kecuali Allah. Ada satu kejadian yang menarik. Pada waktu Jepang menduduki Indonesia. Pada satu hari pemimpin jepang di Indonesia mengadakan upacara. Setiap orang harus menundukkan tubuh untuk menghornati pemimpin jepang. Tapi seorang hamba Allah tidak mau menyembah kepada pemimpin jepang itu. Sebab yang patut disembah dan dihormati hanya Allah saja.

Dan hanya kepada Allah saja manusia harus meminta pertolongan. Jangan meminta pertolongan kepada manusia. Minta tolong langsung kepada Allah. Seringkali ditemukan jaman sekarang ini. Ditengah sulitnya lapangan kerja baru. Meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia. Yang kaya bertambah kaya. Dan orang miskin bertambah miskin. Jarak antara orang miskin dan kaya sangat lebar. Di pinggir gedung mewah sangat mungkin terjadi disampingnya sebuah gubuk kumuh. Dan setiap orang berbeda-beda jalan dalam meminta pertolongan. Ada yang meminta pertolongan agar kaya raya dengan meminta pertolongan kepada jin atau dukun. Hal itu dilarang oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda barangsiapa yang meminta pertolongan kepada dukun maka salatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari. Jadi meminta pertolongan kepada selain Allah adalah perbuatan syirik yang dosanya besar dan tidak akan diampuni oleh Allah. Bahkan pelakunya diancam masuk neraka. Mintalah tolong kepada Allah. Misalnya minta jodoh, minta kaya raya dan lain sebagainya. 

Demikianlah Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 3 Sampai 5

Baca pula :  Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 1 Sampai 7
Tafsir dan Terjemah Surat Al Fatihah Ayat 1 Sampai 7 - See more at: http://caripeluangusahabaru.blogspot.co.id/#sthash.l4g5awOA.dpuf