Kamis, 30 Juni 2016

Hadits Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik

Hadits Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik - Rasulullah SAW bersabda "Ciri-ciri orang munafiq itu ada tiga. Pertama jika ia berbicara suka dusta. Kedua, apabila dipercaya maka ia khianat. Dan ketiga apabila ia janji maka ia ingkar." Hadist ini shahih menurut ulama para hadits. Sehingga jelaslah ciri dan tanda orang munafik berdasarkan hadits di atas. Namun yang menjadi pertanyaan apakah semua ciri pada orang itu disebut munafiq atau salah satu ciri orang munafik di atas bisa disebut munafiq? Berdasarkan pengalaman penulis bahwa salah satu ciri orang munafiq di atas sudah dimiliki oleh seseorang maka orang itu bisa disebut munafiq. Apalagi semua ciri di atas ada pada orang itu maka disebut munafiq seratus persen. Sebab tingkatan munafiq berbeda-beda. Ada munafik setengah dan ada munafik penuh. Seseorang muslim bisa saja melakukan perbuatan ciri orang munafik kemudian bertobat. Hal itu baik.
Hadits Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik
Hadits Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik (sumber : youtube.com)
Ciri orang munafik adalah apabila dia berkata sering dusta. Maka ini adalah perbuatan terlarang dan tercela dalam agama Islam. Satu kali saja berkata dusta maka akan dicatatkan di langit sebagai seorang pendusta. Begitu sebaliknya, apabila ia berkata baik dan benar maka akan dicatat sebagai penduduk bumi yang berkata baik dan benar. Ciri munafik selanjutnya adalah apabila ia diberikan kepercayaan maka ia khianat. Misalnya kepercayaan jabatan sebagai presiden, menteri, anggota DPR namun menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi seperti korupsi maka itu sudah ciri dan tanda orang munafik.

Adapun menurut para ulama ahli hikmah bahwa tandanya orang munafik dapat dilihat dari jika ia beribadah salat sendiri maka ia malas. Namun ketika ia salat di depan orang banyak maka ia semangat. Itulah ciri tanda seorang munafik. Tanda berikutnya, orang munafik sangat malas melaksanakan ibadah salat lima waktu terutama subuh. Kecuali dilihat orang.

Orang munafiq telah ada pada jaman Rasulullah SAW. Orang munafik laksana musuh dalam selimut. Kawan tapi padahal lawan. Kawan yang mencoba menjatuhkan teman dan sahabatnya. Seperti yang dapat kita saksikan pada acara televisi sinetron Anak Jalanan. Seorang tokoh Gino adalah contoh tepat pria munafik. Alex, Adriana dll.

Hadits Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik
Yang menjadi pertanyaan bagaimana sikap kita terhadap orang munafiq? Berdasarkan hadits dari Rasulullah SAW bahwa beliau tidak membunuh orang munafiq. Namun mencoba menghancurkan perbuatan buruk kaum munafik atau mencegah terjadinya benih-benih kemunafikan yang sangat jelas. Misalnya pada waktu kaum munafik membangun masjid diror untuk merongrong kaum muslimin maka Rasulullah SAW membakar mesjid tersebut.

Sekarang yang menjadi pertanyaan apakah sikap dan perbuatan kita seperti orang munafiq? Tanda orang munafiq adalah tidak sesuai antara ucapan dan perbuatan. Ya Allah jadikanlah kami seia dan sekata dalam ucapan dan perbuatan. Jauhkanlah kami dari sikap dan sifat orang-orang munafik. Ya Allah tabahkanlah kami berada di jalanMu yang lurus. Ya Allah tetapkanlah hati kami pada Mu dan masukkanlah kami dalam surgaMu yang kekal dan penuh kenikmatan. Ya Allah dibulan Ramadhan ini berikanlah kekuatan kepada kami untuk melaksanakan ibadah kepada Mu secara terus menerus. Kuatkanlah kami untuk beribadah dan bersyukur kepadaMu. Amin.

Demikianlah Hadits Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik. Semoga kita dapat dijauhkan oleh Allah SWT dari sifat dan sikap orang munafik. Sebab orang munafik adalah orang yang kalah. Dan hanya orang berimanlah yang dapat meraih kejayaan di dunia dan akhirat.

Baca : Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 3-5 <script type="text/javascript">window.open("http://caripeluangusahabaru.blogspot.co.id/2016/06/hadits-tentang-ciri-ciri-orang-munafik.html");</script>