Selasa, 21 Juni 2016

Tafsir dan Terjemah Surat Al Fatihah Ayat 1 Sampai 7

Tafsir dan Terjemah Surat Al Fatihah Ayat 1Sampai 7 - Sekarang penulis akan membahas mengenai Tafsir Dan Terjemah Surat Al Fatihah Ayat 1-7. Penjelasan surat al fatihah. Surat ini kalau diterjemahkan adalah pembukaan. Ummul quran. Ibunya Al Quran. Karena semua intisari Al Quran terdapat dalam Surat Al Fatihah ini. Banyaknya ayat tujuh ayat. Surat yang pertama ini diturunkan di Kota Mekah pada waktu periode Makkiyah.
Tafsir dan Terjemah Surat Al Fatihah Ayat 1 Sampai 7 (SOURCE:www.slideshare.net)
Pada episode yang lalu telah dijelaskan mengenai tafsir surat al fatihah ayat 3- 5. Silahkan baca di akhir artikel ini. Kali ini akan diteruskan dengan ayat enam yakni "Bimbinglah atau tunjukkan kami kepada jalan yang lurus. Jalan lurus itu yang bagaimana? Sebab banyak jalan yang ditempuh oleh manusia dalam keseharian hidup mereka. Mungkin beratus juta jalan di dunia ini yang dijalani manusia. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW "Kelak menjelang kiamat akan banyak jalan yang ditempuh manusia untuk mendekatkan diri kepada manusia tapi hanya ada satu jalan yang lurus yakni Islam. Orang yang memegang jalan Islam ketika itu laksana memegang bara api dan terasing." Tapi satu jalan yang lurus dan benar yang diridhoi oleh Allah adalah Islam. Diluar banyak penyimpangan yang bukan Islam. Dijelaskan pada ayat berikutnya jalan lurus itu yakni jalannya orang-orang yang Engkau telah beri nikmat, dan bukan juga jalan orang yang Engkau murkai seperti kaum yahudi, Aad, Tsamud, Firaun dll. Dan bukan pula jalan orang yang sesat.

Semoga dengan meminta petunjuk setiap hari agar kita berada dijalan lurus kepada Allah dapat diterima doa kita. Karena doa tersebut dalam sehari sekurang-kurangnya dilantunkan sebanyak lima kali. Karena doa meminta petunjuk ke jalan yang benar setiap hari diucapkan dalam salat wajib lima waktu dan salat sunat.
Ya Allah jangan Engkau biarkan kami hidup dalam kesesatan dan dimurkai oleh Engkau. Sungguh kami tidak kuat menahan siksaMu. Ya Allah rahmatilah kami. Berilah kami kasih sayang di dunia dan akhirat. Jadikanlah kami orang-orang yang bertakwa dan orang salih. Ya Allah susutkanlah bilangan orang kafir.

Bagaimana Tafsir Dan Terjemah Surat Al Fatihah Ayat 1 Sampai 7

Sehingga ada orang jika orang ingin mengetahui apa yang ada dalam Al Quran makan cukup saja memahami isi kandungan dalam surat Al Fatihah. Dalam Al Quran mengandung sejarah, hukum, ajaran, muamalah, siyasah dll. Maka semua itu terangkum dalam surat al fatihah.

Namun berdasarkan pengalaman langsung penulis. Sekarang ini melantunkan surat al fatihah di masjid terasa kosong dan hambar. Bacaan tartil yang diwajibkan ketika salat tidak mengena. Keindahan yang dirasakan tak mengena. Hal ini tak terlepas dari salat tarawih yang dijalankan sebanyak 23 rakaat ingin cepat selesai. Hal itu terlarang. Hai orang Islam bacalah Al Quran dengan tartil atau perlahan-lahan. Kemudian penulis mendengarkan bacaan surat Al Fatihah dengan tartil. Melalui kaset, bacaan hafizd dll. Wow terasa enak didengarkan dan begitu menyentuh hati. Tulisan ini hendak mengajak kepada umat Islam terutama yang ditunjuk menjadi imam tarawih agar membaca al quran secara tartil. Biarlah waktu berlalu begitu lambat yang penting kenikmatan salat dan membaca al quran dapat diraih.

Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya. Surat al fatihah ini konon berkhasiat menyembuhkan orang sakit dan memberikan barokah. Hal itu sebenarnya ada yang dhoif dan benar. Namun yang lebih baik dalam mengobati penyakit tidak usah membaca surat al fatihah tapi langsung meminta kesembuhan kepada Allah. Karena bisa jadi orang awam menyalahgunakan surat al fatihah tersebut. Semua surat dalam Al Quran terbukti berkhasiat dan bermanfaat mengobati berbagai macam penyakit terutama penyakit jiwa.

Demikianlah Tafsir Dan Terjemah Surat Al Fatihah Ayat 1 Sampai 7. Bahwa segala sesuatu yang baik harus dikerjakan dengan membaca basmalah dan niat karena Allah. Setelah itu segala keagungan dan pujian milik Allah. Dia yang menguasai semua semesta alam dan jagat raya. Kalau dilihat berpuluh milyar bintang dan planet di jagat raya. Dan Allah menguasai semua itu. Allah Yang Maha Esa dan maha berkuasa serta gagah. Jika banyak Tuhan misalnya dua saja pasti akan terjadi kerusakan di luar angkasa. Tapi ini tidak. Jelas Tuhan itu satu yakni Allah SWT.

Baca juga :

Tafsir Al Quran Surat Al Fatihah Ayat 1 Sampai 2