Pengertian Spreadsheet Dan Definisi Lengkap



Pengertian Spreadsheet Dan Definisi Lengkap – Hari itu penulis melamar kerja di sebuah perusahaan sale pisang ambarsari dengan kemampuan microsoft excel yang sangat kurang. Padahal dalam iklan lowongan kerja disyaratkan karyawan administrasi yang dibutuhkan menguasai microsoft excel. Kalau microsocf word dan sosmed facebook, twitter sudah penulis kuasai karena bagian dari kehidupan sehari-hari.

Pengertian Spreadsheet Dan Definisi Lengkap
Pengertian Spreadsheet Dan Definisi Lengkap (www.wahyu95.blogspot.com)
Setelah penulis bertemu dengan pemilik perusahaan maka diteslah kemampuan penulis dalam menjalankan microsoft excel. Beberapa kali mencoba mengetik huruf menggunakan microsoft word karena tidak begitu memahami microsoft excel. Namun sang bos menyuruh penulis mengetikan kalimat dan data pada program microsoft word. Ah ketahuan deh. Akhirnya dengan terpaksa penulis memasukkan data menggunakan microsoft excel yang penulis tak menguasainya. Kemudian melihat penulis tak mahir maka sang bos berkata “kok kamu belum bisa menggunakan microsoft excel”. Saya bilang bahwa saya lupa lagi dan sedang belajar. Akhirnya diterima juga sebagai karyawan walaupun harus bolak-balik menanyakan cara ngeprin di excel.

Pengertian Spreadsheet Dan Definisi Lengkap
Banyak istilah dan kata dalam excel seperti apa itu workbook dan spreadsheet. Berdasarkan pengalaman penulis bahwa spreadsheet yaitu sebuah lembaran kertas dalam program excel yang menampilkan data dan akutansi dalam bentuk kolom maupun baris. Spreadsheet adalah aplikasi di komputer program excel yang terkenal sekali banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Baik di komputer pribadi maupun kantor.
Spreadsheet tak bisa lepas dari program excel. Namun penulis tidak menemukan istilah spreadsheet dalam buku yang membahas microsoft excel yang ditulis oleh para ahli. Tapi penulis mengetahui bahwa spreadsheet berisi ruang-ruang kosong yang bisa diisi data akuntansi yang kemudian dinamakan sel. Dan setiap sel mempunyai nama masing-masing seperti S2,A7,A2 dll. Coba buka sendiri microsoft excel pada komputer sobat biar lebih jelas. 
Setiap sel dalam spreadsheet bisa diisi oleh rumus, angka dan huruf. Tapi excel lebih cocok memasukkan rumus dan angka untuk menghitung akutansi secara otomatis dan mudah. Setelah menguasai excel rasanya jadi keranjingan untuk terus memainkan excel dalam berbagai rumus dan perhitungan. Karena dalam program spreadsheet satu sama lain bisa disambingkan antara lembaran kerja dengan nama masing-masing.
Sangat disayangkan para mentor kurang memberikan pengetahuan microsoft excel kepada para muridnya. Misalnya penulis mengenal mirosoft excel sejak duduk di banagku kuliah. Dan tidak memahaminya sama sekali. Baru saat bekerja baru memahami fungsi microsoft excel. Jadi penulis sangat menyayangkan generasi guru yang kurang cerdas mengajarkan program ini kepada muridnya.
Salah seorang yang membuat aplikasi spreadsheet di dunia adalah pria bernama lengkap Bob Frankston dan Daniel Brickklin. Mereka orang yang paling berjasa dalam dunia akuntansi dan spreadsheet seperti calculator. Pendek kata, spreadsheet merupakan nama jenis aplikasi untuk menghitung atau akuntansi. Contohnya adalah lotus, microsoft excel dll.
Demikianlah yang bisa penulis sampaikan mengenai apa itu spreadsheet dan pengertian serta definisinya. Spreadsheet adalah sebuah aplikasi yang memiliki nama. Anda bisa menggunakan jenis spreadsheet seperti pada program excel, lotus dan program banyak lainnya. Yang penting agar sukses menjalankan program spreadsheet dengan cara memulai dengan senyum. Dan patut disayangkan banyak orang yang menguasai spreadsheet tapi mereka tidak menggunakannya. Mereka jadi juru parkir seperti rekan penulis.
Terakhir tidak semua orang menguasai aplikasi spreadsheet. Hanaya orang tertentu yang menguasainya seperti orang kuliahana dan pernah bekerja sebagai akuntan. Pengertian Spreadsheet Dan Definisi Lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Incoming Search Terms Di Blog

Kisah Polisi Bripda Muthia Yang Dianiaya

Cara Mudah Mendapatkan Uang Rp 100 Ribu Perhari