Selasa, 02 Agustus 2016

Lagu Indonesia Raya Ciptaan WR Supratman

Lagu Indonesia Raya Ciptaan WR Supratman - Siapa sih yang tak mengenal lagu Indonesia Raya ? Tentu setiap bangsa Indonesia dari anak-anak hingga orang dewasa mengenal lagu ini sebagai lagu kenegaraan bangsa Indonesia yang sering diperdengarkan setiap hari di stasiun televisi swasta dan pemerintah sebagai pembuka siaran acara di pagi hari dengan semangat penuh menghentak.Mengingatkan penulis pada perjuangan para pendahulu bangsa.

Lagu Indonesia Raya Ciptaan WR Supratman
Lagu Indonesia Raya Ciptaan WR Supratman (sumber :youtube.com)
Pencipta lagu Indonesia Raya adalah Wage Rudolf Supratman yang disingkat WR Supratman. Dari namanya jelas ia merupakan seorang pria muda warga negara Indonesia keturunan luar negeri seperti Jerman atau Belanda. Karena ada nama Rudolf mirip pemimpin Jerman yang terkenal dahulu kala. Walaupun ia keturunan dari orang asing tapi ia sangat mencintai negara Indonesia seperti yang dilakukan oleh Multatuli atau Robert Wolter Monginsidi dll. 

Bangsa Indonesia seharusnya bangga mempunyai lagu kebangsaan Indonesia Raya karena irama lagu yang menggelora menghentakkan semangat untuk berjuang merdeka dan sukses demi bangsa. Berbeda dengan negara lain yang memiliki lagu kebangsaan dengan irama yang mendayu seperti Malaysia, Brunei Darussalam dll. Oleh sebab itu, marilah kita menghormati dan menghargai lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman dengan sepenuh hati yang susah payah diciptakan dan berapa ribu pejuang mati demi membela nama besar Indonesia Raya.

Bayangkan ia menciptakan lagu Indonesia Raya tanpa dibayar sepeserpun. Apa yang ia harapkan dari menciptakan lagu tersebut dengan susah payah. Kalaulah ia beragama Islam maka yang diharapkan adalah ridho Allah SWT. Kalau tidak mendapatkan imbalan di dunia maka ia mendapatkan imbalan pahala di akhirat. Kalau saja lagu Indonesia raya dijadikan lahan bisnis maka WR Supratman menjadi lelaki yang kaya raya. Karena setiap hari lagu ini diputar di stasiun televisi, radio, dan di kejuaraan internasional dunia.

Lagu Indonesia Raya Ciptaan WR Supratman
Kalau orang pada jaman sekarang seorang pencipta lagu yang diharapkan adalah materi royalti uang dari ciptaan lagu tersebut. Seperti Bebi Romeo atau Dewiq yang menciptakan lagu dalam lima menit dengan bayaran satu lagu sebesar Rp 1 milyar. Sekarang orientasi pencipta lagu adalah materi. Berbeda dengan pencipta lagu Indonesia Raya yang menciptakan lagu bukan karena uang. Ia hidup dalam keadaan miskin sesudah menciptakan lagu Indonesia Raya di sebuah kamar kecil.

Dan sangat memprihatinkan ketika seorang menteri pemuda olahraga republik Indonesia yang salah dalam menyanyikan lagu Indonesia raya. Ia harus belajar cara menyanyi lagu kebangsaan Indonesia raya secara baik. Karena tugas sebagai menteri pemuda dan olahraga tak terlepas dari mendengar dan mengucapkan lagu kebangsaan Indonesia raya yang kerap diperdengarkan ketika atlet Indonesia meraih juara pertama di ajang kejuaraan Internasional.Kemudian menteri itu meminta maaf kepada bangsa Indonesia. Memang saking sibuknya sampai lupa untuk menghafal lagu indonesia raya.

Setelah ditelusuri kaset asli lagu kebangsaan Indonesia Raya berada di negara belanda. Hal itu tak terlepas negara Indonesia pernah dijajah oleh negara Belanda. Sehingga segala harta benda termasuk lagu asli Indonesia Raya dibawa ke negara Belanda. Setelah penulis mendengarkan lagu Indonesia Raya sangat berbeda dengan lagu aslinya. Hal tersebut berkaitan dengan pengubahan bahasa yang dilakukan para pendiri bangsa Indonesia.

Ketika diperdengarkan lagu Indonesia raya di sebuah stasiun televisi swasta di rumah, anak penulis bergembira. Ia sangat hafal lirik lagu tersebut yang mudah dicerna yang bisa disaksikan pula di Youtube. Tampak jelas bahwa lagu Indonesia Raya lirik musik sangat indah, irama musik yang enak didengar.

Tanpa panjang lebar, inilah lirik lagu Indonesia Raya yang masih penulis ingat.
Indonesia tanah airku. Tanah tumpah darahku. Disanalah aku berdiri jadi pandu ibuku. Indonesia kebangsaanku bangsa dan tanah airku. Marilah kita berseru untuk indonesia merdeka. Indonesia raya merdeka merdeka tanahku negeriku yang kucinta. Indonesia raya merdeka merdeka hiduplah indonesia raya.

Kesimpulannya, Lagu indonesia raya bukan hanya diperdengarkan ketika atlet Indonesia juara kesatu di ajang internasional. Tapi juga diperdengarkan dan dinyanyikan setiap senin pada upacara bendera anak-anak sekolah dan lembaga pemerintahan. Aku bangga menjadi warga negara Indonesia. Kalau orang keturunan bangga maka kita harus lebih bangga. Kita harus rela mempertahankan kemerdekaan indonesia raya.Merdeka!

Demikianlah lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman

Baca juga : Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945