Senin, 08 Agustus 2016

Pengertian Sufi Dan Tasawuf Menurut Para Ahli



Pengertian Sufi DanTasawuf Menurut Para Ahli – Siapa sih yang tidak mengenal tasawwuf? Inilah bagian dari cabang ilmu islam yang sudah popular dalam jangka waktu lama dan mulai ditumbuhkan kembali oleh orang-orang Islam di tengah jaman modernitas dan teknologi canggih. Tasawwuf tak terlepas dari sufi atau orang-orang suci. Dan sebagaimana kita harusnya demikian menjadi orang suci yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman : Sungguh beruntung orang-orang yang membersihkan diri. Dan sungguh celaka orang yang mengotori jiwa.
 
Pengertian Sufi Dan Tasawuf Menurut Para Ahli
Pengertian Sufi Dan Tasawuf Menurut Para Ahli (www.maryam-blog.blogspot.com)
ASAL MULA KATA TASHAWWUF
Bila kita mengkaji asal kata sufi, baik melalui buku-buku atau kitab-kitab yang ditulis oleh para ulama’ mulai pada masa lampau hingga saat sekarang ini belum pernah ada kesepakatan dan para ahli tentang masaIah ini. Hal ini merupakan perbedaan pendapat para ulama yang dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Akan tetapi esensinya sama.

Para ahli tashawwuf sendiri masih berbeda pendapat mengenai asal mula kata shufi itu. Ada yang mengatakan, bahwa Iafadh shufi berasal dari kata Shafw,artinya bersih atau shafa, artinya jernih. Adapula yang berpendapat bahwa kata tashawwuf itu berasal dan kata Shuffah, yaitu nama suatu kamar di samping masjid Rasulullah SAW di kota Madinah Arab Saudi. Namun apapun itu pengertian sufisme adalah sama untuk menjadi orang bersih sebagaimana bayi yang baru lahir.

Pengertian Sufi Dan Tasawuf Menurut Para Ahli
Ada sebagian ahli tashawuf yang berpendapat bahwa Sufi berasal dari kata tashawwafa, yatashawwafu, tashawwufan, yaitu fi’iI madli dan tsulatsj mazid ruba’i yang mendapatkan tambahan ta’ pada permulaannya dan tasydidi pad’ain fi’ilnya. Sedangkan tsulatsj mujarad dan lafadh tashawwafa adalah Shaafa yang artinya banyak bulu. Menurut ilmu sharaf bila ada wazan afa’aIa maka mengandung arti shairurah artinya menjadi, seperti lafadh:  “Telah menjadi janda seorang wanita”.

Mengenai perbedaan asal kata shufi ini Iebih lanjut dijelaskan oleh Syaikhul Islam dan seorang tokoh shufi pembaharu, Syaikh Ahmad Taqiyuddin Ibnu Taimiyah, bahwa perbedaan pendapat tentang asal kata shufi yang beraneka ragam itu dis├ębabkan adanya kata ini sebagai kata nisbah kepada sesuatu. Umpamanya kata Quraisy (orang Quraisy), Madany (orang Madinah) dan sebagainya.

Namun apapun itu apa itu sufi dan tasawuf sudah sangat jelas. Mereka adalah orang yang hendak menyucikan diri dari perbuatan dosa, bertobat dan melakukan perbuatan baik dengan amalan-amalan dan tarekat tertentu. Mengapa penulis membahas dulu mengenai pengertian asal kata sufi dan tasawwuf? Hal ini agar para pembaca dapat melaksanakan ilmu tasshawwuf secara jelas dari awal sampai akhir dengan dasar akar yang sangat kokoh. Karena ada sebagian orang yang mencap ilmu tashawwuf adalah sesat. Padahal tidak. Dalam Al Quran sendiri dicantumkan mengenai ilmu-ilmu tasawwuf seperti tidak mencintai dunia dll.

Banyak orang rindu akan tasawwuf seperti penulis. Tak jarang mereka meninggalkan keluarga mereka demi mencari lingkungan saleh yang baru. Kalau mereka bisa kita pun pasti lebih bisa. Dan marilah kita menjadi orang sufi yang sebenarnya. Banyak cara menjadi ahli tasawuf. Dan jadi sufi tidak harus berkelana dan menjauhi dunia yang modern. Jadilah sufi modern yang tidak menaruh dunia di hati tapi di kaki. Pengertian Sufi Dan Tasawuf Menurut Para Ahli