Sabtu, 24 September 2016

Contoh Kerajinan Tangan Dari Lilin dan Cara Pembuatannya



Contoh KerajinanTangan Dari Lilin dan Cara Pembuatannya – Seringkali seorang siswa sekolah dasar dituntut untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Hal ini dialami penulis sejak duduk di SD kelas satu, dua, tiga, empat, lima dan enam. Pada mata pelajaran kerajinan tangan, seorang guru biasanya menugaskan para siswa untuk membikin sebuah kerajinan tangan yang kelak akan dinilai. Hal ini tentu saja membuat para siswa bingung. Bentuk kerajinan apa yang hendak dibuatnya. Misalnya, kerajinan tangan berupa patung ikan dari bahan sabun, kerajinan tangan dari batok kelapa berupa kalung dan gelang, kerajinan tangan miniatur rumah dari bahan kertas karton, sajadah mungil dari bahan kertas, asbak dari tanah liat dan lain sebagainya.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Lilin dan Cara Pembuatannya
Contoh Kerajinan Tangan Dari Lilin dan Cara Pembuatannya
Semua orang sudah mengetahui bahwa lilin mempunyai banyak manfaat khususnya sebagai penerang ketika padam aliran listrik dari PLN. Selain dijadikan lampu penerang, lilin juga sering ditemukan sebagai penghangat tubuh, digunakan sebagai ritual ibadah agama tertentu, dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih dan dinamis, bentuk lilin kini bermacam-macam dengan aneka warna. Ada lilin berbentuk kotak, segitiga, bintang yang dicetak dengan warna-warni cerah dan memikat. Seperti lampu lilin untuk pesta ulang tahun.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Lilin dan Cara Pembuatannya
Jika diteliti lebih dalam, lilin terbentuk dari dua unsur yakni sumbu dan dan bahan dasar lilin yang mencair jika terkena panas. Menurut sejarah pada jaman dahulu bahan bakar lilin terbuat dari lemak sapi. Tapi kini bahan bakar lilin dari paraffin. Walaupun setiap rumah telah dipasangi listrik bahkan bohlan lampu otomatis, tetap saja peran lilin sangat dibutuhkan untuk mengatasi kegelapan.

Seiring dengan tingkat kreatifitas manusia yang semakin tinggi dan tugas sekolah dalam mata pelajaran kerajinan tangan membuat para siswa berlomba-lomba mencari tahu bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari lilin atau sabun. Mengapa mereka memilih kerajinan tangan dari lilin? Dikarenakan sifat dari bahan lilin yang gampang dibentuk sesuai keinginan sehingga bisa dikerjakan menjadi kerajinan tangan yang indah dan unik serta bercita seni tinggi.

Peralatan yang harus disiapkan dalam membuat kerajinan tangan dari bahan lilin, antara lain lilin, cetakan, paraffin, kompor, panci kecil, pengaduk, loyang alumunium, benang katun, pewarna lilin dan lain sebagainya. Untuk membuat kerajinan tangan dari bahan dasar lilin sangat gampang. Pertama, cairkan terlebih dahulu lilin di atas kompor dengan ukuran api kecil. Di sini perlu kehati-hatian, lilin cair yang panas jangan sampai terkena bagian tubuh karena bisa mengakibatkan pelepuhan kulit. Kerajinan tangan ini harus dijauhkan dari anak kecil.   

Setelah lilin dicampur paraffin telah cair kemudian diberikan warna sesuai selera. Pewarna lilin bisa dalam bentuk serbuk ataupun cairan. Selepas diberikan warna lalu aduk hingga merata. Selepas itu siapkan cetakan seperti wadah, gelas, cetakan kue, kulit telur, atau cetakan lainnya yang anda kehendaki. Kemudian masukkan benang katun yang sudah mengeras dengan cara diberi cairan lilin. Posisi penempatan benang katun berada di tengah cetakan lilin. Selanjutnya masukkan lilin ke dalam cetakan kue yang menarik. Lalu tunggu beberapa saat hingga dingin. Selepas lilin kerajinan kering maka dapat dilepas dari cetakan.  

Bagaimana mudah bukan membuat kerajinan tangan dari bahan lilin? Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya siswa pelajar yang ditugaskan membuat kerajinan dari bahan dasar lilin. Itulah   contoh kerajinan tangan dari lilin dan cara pembuatannya yang bisa dilakukan siapa saja untuk kepentingan tugas sekolah maupun bisnis.