Senin, 19 September 2016

Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa



Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa – Pada edisi kali ini, blog cari peluang usaha baru blogspot akan mengupas mengenai dunia sepakbola tepatnya daftar para pemain gelandang bertahan dan menyerang terbaik sepanjang sejarah. Diharapkan para pembaca dapat mengingat nostalgia masa lalu. Bahwa berapa banyak pesepak bola terbaik pada jaman dahulu. Hal ini untuk meningkatkan motivasi kita agra bisa berprestasi lebih dari mereka.

Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa
Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa (www.indobayern.wordpress.com)
Posisi gelandang merupakan posisi seorang pemain tengah. Posisi ini sangat disukai oleh penulis ketimbang menjadi back, kiper, stoper maupun striker. Mengapa demikian ? karena posisi gelandang diharuskan mempunyai daya stamina yang tinggi. Layaknya gelandangan yang harus ke sana kemari dan berpindah-pindah tempat. Dimana ia bisa berperan sebagai gelandang bertahan maupun gelandang menyerang. Seorang gelandang bisa menjadi stopper maupun second striker.

Jika diibaratkan posisi gelandang merupakan jantung dalam sebuah tim sepakbola. Ia akan menyuplai bola kepada striker. Atau sebagai otak atau motor di balik penyerangan dan terjadinya gol. Atau ia juga berperan sangat penting dalam menahan serangan dari tim lawan. Peran penting lainnya dari posisi gelandang adalah ia pengatur tempo dan irama permainan.

Tanpa basa-basi lagi, inilah daftar para pemain gelandang bertahan dan penyerang terbaik sepanjang masa menurut sejarah persepakbolaan dunia FIFA.

Ruud Gullit
Siapa sih yang tak mengenal nama Ruud Gullit dalam dunia sepakbola? Tentu setiap orang mengenalnya termasuk penulis sebagai salah seorang pesepakbola terbaik sepanjang sejarah. Ruud Gullit berasal dari negara Belanda dan menjalankan posisi sebagai gelandang bertahan maupun penyerang. Sehingga pada satu pertandingan kerapkali ia memasukkan gol ke gawang lawan walaupun seorang gelandang.

Penampilannya dalam setiap pertandingan tampil apik, penuh seni, estetika, penuh keindahan, daya skill tinggi dan tendangan yang tepat dan keras. Itulah beberapa ciri khas Ruud Gullit. Dengan rambut gondrong yang gimbal menjadi ciri khas lainnya yang sangat menonjol di lapangan. Eksentrik. Sehingga pantas ia diberi gelar sebagai pemain terbaik di dunia oleh FIFA pada tahun 1987 lalu tahun 1989.

Pemain sepakbola yang mempunyai stamina tinggi ini mampu berperan di berbagai posisi khususnya gelandang bertahan dan menyerang. Namun yang agak menonjol adalah posisi ia sebagai gelandang menyerang yang mirip striker yang mampu menjebloskan bola ke gawang lawan dengan sempurna. Atas hal itu, para stoper dan kiper dunia sangat takut akan kehadiran Ruud Gulit dalam setiap pertandingan karena mengancam pertahanan mereka.

Hal ini dibuktikan dengan kiprahnya di piala dunia tahun 1990 dimana Ruud Gullit bersama pemain belanda lainnya mampu menjuarai piala dunia tahun 1990. Sebelumnya tahun 1988, ia membawa tim belanda menjadi juara Euro tahun 1988. Kemudian ia merumput di AC Milan yang pada akhirnya membawa klub Italia ini menjadi juara serie A Italia untuk pertama kali dalam sejarah.

Roberto Baggio
Inilah pemain sepakbola yang paling terkenal pada tahun 1990 hingga awal 2000. Nama Roberto Baggio dipuji banyak orang karena cakap bermain bola dan juga cakap wajahnya. Sehingga banyak para wanita yang mencintainya. Di setiap pertandingan sepakbola dunia, negara Italia yang diperkuat Roberto Baggio selalu menjadi unggulan karena nama besar Roberto Baggio.

Namun nahas, pada peristiwa Piala Dunia tahun 1994 yang tampil seru dan memukau, sang primadona Roberto Baggio gagal mengeksekusi pinalti. Padahal tendangan penaltinya merupakan kunci kemenangan tim Italia. Karena kesalahan dalam mengeksekusi penalti dimana bola melambung tinggi di atas mistar gawang membuat ia menutup wajah. Lalu sang pelatih marah terhadapnya. Semenjak peristiwa tersebut, karir sepakbolanya sebagai pemain gelandang bertahan dan penyerang semakin meredup. Di klub ia bermain untuk Juventus, AC Milan dan Inter Milan.      

Itulah dua pemain sepakbola dunia yang berposisi sebagai gelandang bertahan terbaik sepanjang masa dan sejarah. Sebetulnya masih banyak lagi. Namun itu sudah cukup mewakili untuk bernostalgia.

Baca juga : Foto Main PS Sepakbola Dan Dampak Buruk