Selasa, 15 November 2016

Konsep Usaha Minimarket Rumahan



Konsep Usaha Minimarket Rumahan – Hari ini penulis bercita-cita mempunyai sebuah usaha minimarket di desa. Sebuah langkah terobosan gemilang. Karena desa yang terkesan kumuh dan kampungan menjadi sebuah tempat moderen. Lalu konsep yang bagaimana yang tepat dalam membuka usaha minimarket di desa? Untuk mengetahuinya simak terus artikel ini.
 
Konsep Usaha Minimarket Rumahan
Konsep Usaha Minimarket Rumahan
Jaman sekarang merupakan era emas minimarket berkembang pesat. Bisnis ini disukai dan digemari banyak konsumen di tanah air. Penulis masih ingat dulu ketika harus membeli sembako langsung mendatangi warung tradisional. Tapi kini lebih memilih ke usaha minimarket. Karena mereka mengutamakan pelayanan pelanggan. Tidak perlu antri panjang. Barang bagus. Barang murah dan komplit. Ruangan bersih.

Atas faktu itu membuat usaha minimarket hampir dijumpai di setiap sudut jalan. Dan bisnis gerai minimarket indomaret, alfamart, yomart dll mampu memberangus usaha warung toko kecil. Teman penulis mengakui omzet usaha toko sembakonya menurun drastis semenjak ada gerai usaha minimarket alfamart di sampingnya. Oleh karenanya, pemerintah membatasi jumlah minimarket di Indonesia agar tidak membuat warung toko kelontongan tradisional gulung tikar.

Konsep Usaha Minimarket Rumahan
Di desa penulis sendiri ada dua buah warung tradisional yang saling bersaing. Yang satu asalnya laku keras tiba-tiba sepi pembeli karena pemilik warung melakukan perbuatan terlarang yang meresahkan masyarakat. Penulis bisa saja membuka usaha minimarket mandiri secara rumahan. Karena mempunyai lokasi usaha minimarket yang strategis berada di pinggir jalan desa yang ramai. Didukung pula oleh adanya bangunan rumah yang kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi usaha minimarket modal kecil untung besar.

Bagaimana pun dalam dunia usaha persaingan pasti akan terjadi dalam satu jenis usaha pun. Namun yang terpenting bagaimana kita memenangkan persaingan. Apalagi jika usaha yang kita geluti belum ada persaingan, tentu akan sangat menguntungkan bagi usaha kita.

Lalu yang menjadi pertanyaan, konsep usaha minimarket rumahan unik mandiri yang bagaimana yang cocok diterapkan di desa? Pertanyaan itu sangat mudah untuk dijawab oleh penulis. Konsep usaha minimarket rumahan yang bisa diterapkan adalah menjual segala jenis item produk yang komplit sekali. Semakin lengkap barang yang dijual maka semakin bagus. Karena para konsumen akan kembali ke lokasi usaha minimarket sobat apalagi disebabkan barang komplit dan harga lebih rendah atau sama dengan pesaing.

Namun sesuai teori bisnis bahwa usaha minimarket rumahan tidak bisa langsung besar. Anda bisa memulai usaha minimarket rumahan secara bertahap. Dengan menyediakan barang seadanya. Dengan modal uang yang anda punyai. Yang penting adalah adanya barang sembako yang dijual dalam gerai usaha minimarket rumahan unik anda. Seperti telor, beras, terigu, dll. Karena itu merupakan keperluan dasar manusia.   

Bangun pula di samping usaha minimarket mandiri rumahan sebuah usaha jualan gas elpiji 3 kg dan 5 kg. Lalu disamping usaha minimarket dibangun pula depot isi ulang air mineral. Dengan begitu semakin lengkap usaha anda semakin menarik para konsumen. Selanjutnya yang terpenting memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para konsumen.  

Gerai desain usaha minimarket rumahan unik mandiri yang anda miliki selanjutnya sama seperti usaha minimarket waralaba yang sudah terkenal diharuskan mempunyai lingkungan yang bersih, lantai keramik yang selalu bersih, dengan suasana sejuk ada air conditioning atau ac. Lalu ada alunan suara musik yang mengalun indah. Kemudian ada pengharum ruangan yang membuat suasana belanja lebih menyenangkan, segar dan bersih. Dan terakhir lagi, sama seperti di atas adalah pelayanan harus sangat memuaskan konsumen. Melayani pembeli dengan hati. Ramah dan senyum.

Dengan membangun minimarket di desa maka minimarket yang di kota bisa ditutupi dengan minimarket desa. Para konsumen akan memilih minimarket desa. Sehingga keuntungan lumayan. Sebab konsumen akan memilih minimarket yang berada di lokasi terdekat dengannya. Dan kuncinya usaha minimarket tidak bisa membeli barang dengan utang.  

Penulis kecewa dengan salah seorang orang terkaya di desa penulis. Kok mereka tidak membuat gerai usaha minimarket di desa. Padahal keuntungan lumayan besar bisa didapatkan. Mereka justeru membangun taman dan garasi mobil. Padahal membangun dulu konsep usaha minimarket rumahan unik kemudian bisa membangun garasi dan taman setelah mempunyai arus kas positif.

Untuk mencari modal usaha membuat usaha minimarket rumahan waralaba atau mandiri sebenarnya cukup mudah. Anda bisa saja memulai usaha minimarket dengan biaya patungan antara sesama anggota keluarga dan sanak kerabat. Atau ada opsi lain. Anda bisa memulai usaha minimarket tanpa modal yakni dengan meminjam uang ke bank dimana anda bisa meminjam modal usaha ke bank untuk membuat minimarket mandiri rumahan unik melalui program kredit usaha rakyat atau KUR. Untuk harga rak minimarket sangat murah.

Usaha minimarket sangat menjanjikan. Pelayanan pelanggan diutamakan agar sukses. Seperti senyum ketika ada pembeli datang. Ruangan bersih dan harum semerbak bunga. Ayo kita buka usaha minimarket rumahan yang unik dan kreatif. Kalau tidak sekarang kapan lagi? Konsep Usaha Minimarket Rumahan