Minggu, 22 Maret 2015

Ingin Sukses ? Jangan Pernah Mengeluh



Ingin Sukses ? Jangan Pernah Mengeluh - Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya manusia suka berkeluh kesah.” Sudah tabiat manusia untuk berkeluh kesah. Namun berkeluh kesah merupakan tabiat manusia yang buruk yang perlu dihindari oleh seseorang. Mengapa? Sebab dengan berkeluh kesah, seseorang akan pasif, apatis, dan menyalahkan takdir sehingga tidak bergerak dalam memperbaiki kondisi nasib kehidupannya.
 
Ingin Sukses ? Jangan Pernah Mengeluh
Ingin Sukses ? Jangan Pernah Mengeluh (http://www.ideklik.com)
Perlu dipahami bahwa antara nasib dan takdir berbeda arti. Takdir adalah suatu kondisi kehidupan seseorang yang tidak bisa dirubah, sedangkan nasib adalah sesuatu kondisi kehidupan manusia yang bisa dirubah dengan lebih baik dengan cara manusia tersebut berikhtiar untuk memperbaikinya. Allah SWT berfirman :”Aku tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu mau merubah nasibnya sendiri.”

Tuhan Yang Maha Esa menciptakan manusia dengan berbagai kekurangannya dan kelebihannya. Kekurangannya salah satunya seperti manusia memiliki tabiat atau sifat mengeluh. Sedangkan kelebihan manusia sangatlah banyak diantaranya ia memiliki akal dan pikiran, menjadi khalifah di muka bumi, mempunyai hati atau kalbu, dan lain sebagainya.

Pendek kata, pada dasarnya manusia memiliki kekurangan dalam kehidupannya, namun juga mempunyai kelebihan yang mampu menutupinya. Kebanyakan manusia berfokus pada kekurangannya sehingga menjadi beban dalam hidupnya. Kemudian ia mengeluh atas situasi tersebut membuat beban kehidupannya bertambah berat. Lalu, ia mengalami frustasi, stress hingga depresi akibat memikirkan kekurangan-kekurangan yang dimilikinya.

Mengeluh adalah sesuatu hal yang mudah dijalankan. Namun jika kita mati dalam keadaan mengeluh tentu tidak baik. Orang yang mengeluh biasanya mengucapkan kata-kata sendiri mirip dengan orang gila. Karena orang gila pun seorang pengeluh ulung hingga hancur dalam hidupnya. Apakah anda ingin seperti orang gila?! Tentu tidak. Oleh sebab itu, hentikanlah kebiasaan mengeluh. Mengeluh hanya akan membuat bakat yang anda miliki terpendam dan terbuang sia-sia. Padahal anda mempunyai potensi untuk hidup sukses. Sukses adalah hak setiap orang yang benar-benar memperjuangkannya dengan sungguh-sungguh.

Ingin Sukses ? Jangan Pernah Mengeluh
Orang yang mengeluh biasanya dilanjutkan dengan sikap pesimistis sehingga tidak mau menerima tantangan dalam hidupnya. Itulah keburukan dari sifat mengeluh. Ia tidak mempunyai power atau kekuatan daya tahan dalam kehidupan. Laksana batang pohon yang rapuh maka sekali didorong ambruklah ia. Lalu apa yang menyebabkan seseorang menjadi pengeluh?

Selain karena tabiat manusia juga disebabkan sifat manusia yang tidak bersyukur. Kalau manusia bersyukur tidak ada namanya mengeluh. Oleh karena itu, lihatlah di sekitar lingkungan anda! banyak orang yang justeru kekurangan materi tapi mereka bisa membiayai anaknya untuk sekolah hingga perguruan tinggi. Banyak orang yang mempunyai kekurangan fisik seperti cacat tangan dan kaki justeru mereka sukses di bidang yang ditekuninya. Misalnya, Habibie Afsyah seorang yang cacat namun sukses di bisnis online. Lalu ada orang yang cacat kaki dan tangannya namun sukses berbisnis konveksi dengan cara memberdayakan orang-orang di sekelilingnya yang justeru orang-orang normal.

Kalau demikian jika mereka (yang cacat) bisa, anda pun pasti lebih bisa lagi?! Mereka orang-orang cacat yang sukses tidak pernah mengeluh dengan kecacatannya. Tak ada waktu sedetikpun untuk mengeluh. Mereka pasrah menerima takdir Allah Yang Maha Kuasa tanpa mengeluh sedikitpun dan sabar. Tapi fokus mereka adalah melihat peluang usaha dan berfokus pada kelebihan yang dimilikinya dan mendayagunakannya sehingga bisa sukses.

Orang yang mengeluh tidak akan memperbaiki kehidupannya, justeru akan menambah sulit dan rumit kondisi hidupnya. Jangan sampai potensi, bakat, berkat yang anda miliki hilang karena sifat mengeluh anda. Namun kita harus menghadapi tantangan kehidupan tanpa rasa mengeluh sedikitpun. Sebab manusia diciptakan penuh kekuatan, akal pikiran, dan sifat-sifat baik. Jangan sampai manusia dinodai dengan sikap-sikap mengeluh yang merusak kehidupan. Jika anda Ingin Sukses ? Jangan Pernah Mengeluh. 

Baca juga : 

Sukses Bisnis Air Minum Isi Ulang