Minggu, 15 Maret 2015

Peluang Bisnis Menjadi Penulis Best Seller



Peluang Bisnis Menjadi Penulis Best Seller - Suatu waktu penulis bertemu dengan salah seorang penulis buku anak yang menjunjung tinggi idealisme. Dari obrolan dengannya ternyata berprofesi jadi penulis harus bisa menomor duakan idealisme dan menomor satukan pasar. Sehingga dikenal istilah penulis yang mengalah pada penerbit untuk menang. Pasar adalah raja segalanya. Percuma jika buku anda bagus berisi idealisme yang menarik tapi tidak ada yang beli. Berarti ide anda mandeg, dan tidak tersebar kebaikannya.

Peluang Bisnis Menjadi Penulis Best Seller
Peluang Bisnis Menjadi Penulis Best Seller (http://www.annida-online.com)
Seringkali penulis dibuat dilema antara menjunjung tinggi idealismenya dan memenuhi keinginan penerbit. Penulis yang hasil tulisannya diterbitkan oleh penerbit biasanya mengikuti selera penerbit. Ia mau mengalah pada penerbit. Karena merekalah bosnya. Laksana seorang wirausahawan atau pekerja, penulis menulis sesuai yang dikehendaki atasannya, penerbit agar memuaskan atasannya atau pelanggannya.

Kalau ingin bebas? Kalau ia mempunyai penerbitan sendiri, barulah ia bebas menjunjung tinggi idealismenya.

Saya contohkan begini, kisah penulis, Langit Kresnahadi. Ia menulis buku sesuai keinginannya. Tapi ketika disodorkan pada penerbit, ada beberapa bagian tulisannya yang perlu banyak perubahan. Ia mau mengalah pada penerbit. Setelah ada perbaikan di sana-sini, penerbit akhirnya mau menerbitkan bukunya. Bukunya pun best seller. Penerbit dan penulis mendapatkan penghasilan besar dari buku itu. Walaupun bukunya tidak sesuai yang ia inginkan dalam memegang idealismenya. Ia mau mengalah pada penerbit. Kalau tidak demikian, tulisannya tidak akan diterbitkan. Siapa yang rugi? Tentunya keduanya, penulis dan penerbit rugi. Penerbit adalah suatu perusahaan atau lembaga profit yang telah berpengalaman dalam dunia perbukuan. Ia melakukan perubahan atas suatu tulisan disesuaikan dengan selera pasar atau trend pasar saat itu.

Peluang Bisnis Menjadi Penulis Best Seller
Langit Kresnahadi tak ingin dirongrong oleh penerbit lagi. Berbekal royalty yang sangat besar dari hasil penjualan novelnya yang laris manis, ia mendirikan penerbitan sendiri. Ia bebas menulis novel sesuai yang ia mau. Kata-kata yang ia mau. Idealisme yang ia mau. Tanpa ada perubahan di sana sini. Ia merdeka. Ia bos atas dirinya sendiri. Menurutnya, profesi menulis sangat sangat mencukupi untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Jelaslah, seorang penulis memiliki dua pilihan. Tunduk pada keinginan penerbit atau menerbitkan sendiri. Seorang penulis pemula biasanya tunduk pada keinginan penerbit. Kalau ia sudah memiliki modal keuangan yang cukup kuat, barulah ia bisa menerbitkan bukunya sendiri tanpa campur tangan pihak lain. Kalau begitu, lihatlah tulisan anda dari sudut pandang penerbit. Apakah ada pangsa pasarnya? Apakah bukunya menarik dan berkualitas?

Biasanya penerbit meminta perubahan pada penulis sendiri terhadap masalah tema buku yang ditulis. Penerbit melihat pasar atas buku anda itu. Pangsa pasarlah yang menentukan diterima tidaknya suatu tulisan oleh penerbit. Adapun hal-hal lain yang biasanya diminta dirubah adalah judul buku, isi buku misalnya uraian kata dalam novel dibuat dialog, dan lain-lain.

Salah seorang pembaca blog ini berkomentar bahwa kalau penulis sudah memiliki percetakan sendiri maka seorang penulis pun tetap harus mau mengalah dengan kemauan pembaca (pasar). Saya kira itu terserah pilihan penulis sendiri, mau menjunjung idealismenya tanpa adanya pengaruh pasar, atau memasukkan idealisme disesuaikan dengan permintaan pasar. Namun jika anda ingin menjadi penulis best seller maka penuhilah keinginan penerbit yang juga keinginan pasar. Dengan demikian, buku anda yang diterbitkan akan laris manis bak kacang goreng karena permintaan pasar yang tinggi.

Siapkah anda menjadi penulis best seller?!

Demikianlah Peluang Bisnis Menjadi Penulis Best Seller. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan memberikan pencerahan khususnya bagi anda yang berminat menjalani profesi sebagai seorang penulis. Tetaplah semangat! Tetaplah menulis! Salam sukses!

Baca juga :

Penghasilan Bisnis Online Google Adsense