Sabtu, 21 Maret 2015

Kiat Sukses Menyelesaikan Masalah



Kiat Sukses Menyelesaikan Masalah - Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Seseorang bekerja pada satu perusahaan lalu digaji berdasarkan atas kemampuan orang tersebut dalam bekerja dan menyelesaikan suatu masalah. Orang yang pintar ialah orang yang bisa menyelesaikan suatu permasalahan dengan benar dan cepat atau tidak menunda-nundanya. Sebab penundaan adalah sebuah ‘penyakit’ yang membahayakan manusia itu sendiri yang mampu mencegah dan menghambat dirinya untuk sukses.
 
Kiat Sukses Menyelesaikan Masalah
Kiat Sukses Menyelesaikan Masalah (http://www.google.com)
Dikarenakan setiap manusia mempunyai masalah masing-masing sehingga manusia tidak bisa mengelak dari masalah itu. Hadapilah problematika tersebut dengan gagah perkasa, kuat dan tersenyum. Pada saat seorang manusia mencoba mengelak atau mengabaikan masalah itu berarti ia dipastikan selamanya hidup dalam kesulitan dan penderitaan disebabkan senantiasa terjerat dengan masalah yang selalu di depannya itu tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Oleh sebab itu, seseorang perlu menyelesaikan masalahnya dengan segera.

Adapun jika suatu masalah cepat ditindaklanjuti atau dipecahkan dengan cara dicari solusi atau jalan keluarnya secepat mungkin berarti orang itu akan menjalani hidupnya dengan sangat menyenangkan, gampang dan tak terbebani oleh suatu masalah apapun yang menghadangnya.

Menurut pengertian terminologi, masalah adalah sesuatu yang di luar dari ideal yang senantiasa ada dalam kehidupan manusia. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, masalah merupakan warna dari kehidupan itu sendiri. Dalam agama Islam, masalah adalah jalan menuju Allah SWT. Dengan adanya masalah pada seseorang maka ia akan diampuni atau digugurkan dosa-dosanya, dinaikkan derajatnya, ditambahkan pahalanya, dan kelak akan dimasukkan ke dalam surga jika orang itu sabar dalam menghadapi masalah. Sebab masalah akan senantiasa hadir selama manusia itu masih hidup dalam dunia yang sementara ini.

Orang bodoh adalah orang yang tidak segera menyelesaikan masalah. Mereka selalu terjerat dalam masalah itu sehingga mereka tidak kuat dan membuat mereka stress, depresi, dan gejala psikis lainnya. Pendek kata, jika suatu permasalahan dibiarkan terus menerus terjadi maka masalah tersebut akan menjadi besar. Hal ini dikarenakan masalah-masalah lain akan datang menghampirinya. Sehingga bertambah banyak masalah semakin bertambah beban berat kehidupan. Oleh sebab itu, jangan menganggap remeh masalah segera selesaikan masalah itu sebelum menjadi masalah yang besar dan sulit diatasi.

Kiat Sukses Menyelesaikan Masalah
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diceritakan suatu kisah tentang seorang pemuda yang menghadapi masalah pekerjaan sangat rumit dalam kehidupannya. Ia merasa hancur dalam hidupnya. Untuk menghilangkan rasa gelisahnya, ia mencoba menenangkan diri dengan berjalan-jalan ke telaga tua. Ketika ia sedang merenung di telaga tua tersebut, ia dikejutkan dengan suara lelaki tua, “Hei sedang apa kau pemuda?”. Akhirnya pemuda tersebut menceritakan segala masalahnya, nasibnya yang selalu sial, pekerjaannya dan mempermasalahkan mengapa dirinya yang selalu ditimpa masalah sedangkan orang lain tidak.

Orangtua itu mengajak pemuda itu mampir di rumahnya yang tak jauh dari telaga itu. Sesampai di rumah itu, orang tua menyuguhkan segelas air minum yang telah dibubuhi segenggam garam dan mempersilakan anak muda itu untuk meminumnya. Pemuda itu lalu meminum air tersebut dan secepat kilat memuntahkan air dalam mulutnya. “Asin. Pahit!” Teriak anak muda itu.

Lalu di sebuah tepi telaga sang orangtua kembali menaburkan segenggam garam. Kemudian orang tua itu mengaduk-aduk air dengan sebuah tongkat. “Coba minum air telaga itu!” suruh orangtua. Pemuda itu minum air telaga tersebut seraya berkata ”Segar, benar-benar menyegarkan! Tidak terasa rasa garam dalam airnya.”

Orang tua itu segera menasehati pemuda tersebut dengan kalimat-kalimat bijak. : “Hai anak muda, kepahitan dalam kehidupan ibarat segenggam garam. Tidak kurang dan tidak lebih. Namun, rasa pahit yang dirasakan manusia tergantung sekali dari wadah yang manusia punyai, yaitu hati. Jika hatimu lapang dan bersih maka masalah seberat apapun tidak akan terasa. Oleh sebab itu, luaskanlah dadamu dalam menerima masalah. Hati atau kalbumu tempat menampung setiap permasalahan. Maka jangan jadikan hatimu sebagai sebuah gelas yang merasakan kepahitan. Tapi jadikanlah hatimu sebagai sebuah telaga yang dapat meredam segala permasalahan dan kepahitan hidup, kemudian merubahnya menjadi kebahagiaan dan kesegaran dalam kehidupan.

Masalah atau kegagalan yang dialami oleh seseorang merupakan ujian bagi orang tersebut. Ia harus menghadapinya, dan jangan pernah mengelak dari masalah sedetik pun. Masalah bukan untuk membuatmu menderita, melainkan masalah justeru melatih untuk membuatmu semakin kuat sebagai bahan pelajaran berharga. Namun yang perlu kamu pahami, bukan hanya kau saja yang mengalami masalah kegagalan, orang lain pun mengalami hal yang sama. Anda tidak sendiri.

Orang sukses adalah orang yang mampu memecahkan masalah dengan segera. Adapun orang yang berputus asa dan meratapi nasibnya maka orang itu disebut juga sebagai orang gagal. Setiap manusia akan menghadapi masalah. Maka hadapilah masalah, selesaikan dengan cepat, masalah hanyalah membuatmu semakin kuat dalam kehidupan ini.

Demikianlah Kiat Sukses Menyelesaikan Masalah. Semoga artikel ini bermanfaat. Bahwa masalah seberat apapun bisa diselesaikan dengan baik dengan pikiran jernih. Salahsatunya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Shalat malam.

Baca juga :

Kunci Agar Bisnis Sukses