Senin, 01 Juni 2015

Peluang Bisnis Buah-Buahan



Peluang Bisnis Buah-Buahan - Peluang usaha tersebar di sekitar kita asalkan kita jeli melihatnya. Itupula yang dilakukan oleh pria bernama lengkap Made Donny. Melihat adanya peluang usaha bisnis melon dan permintaan yang tinggi terhadap buah melon dari masyarakat di tanah air membuat ia segera bertindak dengan merintis membuka usaha kebun melon. Hal itu dilakukannya dengan modal awal sebesar Rp 4 juta sejak 1983.
 
Peluang Bisnis Buah-Buahan
Peluang Bisnis Buah-Buahan (http://www.ahlinyaobatherbal.com)
Pada musim panen, Donny meraup keuntungan lumayan besar. Keberhasilan usaha kebun melonnya membuat ia membuka usaha kebun melon di daerah lain seperti di Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Jawa Timur dan Lampung. Dari tahun 1983 hingga tahun 1993 atau selama kurun waktu sepuluh tahun itu, pria penyabar ini sudah mempunyai 20 lokasi lebih lahan kebun melon yang keseluruhan luas kebun melon sekitar 200 ha.

Produk melon yang dihasilkannya kemudian dipasarkan di sejumlah kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya dan Bali. Pria tampan ini mampu memasok kebutuhan melon di kota besar tersebut sebanyak 40 persen. Wow hebat bukan?! Pengembangan usaha terus ia lakukan. Pada tahun 1985, ia tidak hanya mengembangkan usaha melon tapi juga mencoba memulai membudidayakan buah semangka tanpa biji. Usaha tersebut dijalankan di daerah Muntilan dan Banyuwangi.

Keberhasilan Donny tidak lepas dari dukungan para petani. Pada lahan tanah seluas 100 ha, dengan bekerja sama dengan sejumlah petani, pria yang ramah ini mampu memasok buah-buahan per hari sebanyak 20 ton sampai 25 ton ke sejumlah kota besar di Indonesia. Kemudian pada tahun 1990, Donny mendirikan toko buah-buahan di daerah Bali di bawah bendera UD Moena Fresh. Pengembangan usaha terus dilakukan sampai pada tahun 1995 Donny mendirikan PT Moena Putra Nusantara, sebuah perusahaan supplier berbagai macam buah-buahan. Untuk mendukung perusahaan suppliernya itu, ia membeli sejumlah kios di pasar induk caringin Bandung dan di pasar induk Jakarta.

Peluang Bisnis Buah-Buahan
Sepak terjang Donny terus berlangsung. Pada akhirnya ia sukses mengekspor berbagai macam buah lokal. Pria dermawan ini menyadari karyawan merupakan aset berharga bagi usahanya. Oleh sebab itu, ia senantiasa menjaga hubungan baik dengan para karyawan melalui kekeluargaan. Saat ini ia memiliki 150 orang karyawan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan Denpasar.

Persaingan usaha dimana saja akan tetap ada. Begitupula yang dialami oleh Made Donny dalam menjalankan bisnis buah-buahan lokalnya. Sejak menjamurnya hypermart milik asing di tanah air membuat keuntungan usahanya semakin mengecil. Karena hypermart asing itu menggerogoti pasar yang telah dibangunnya. Akhirnya, pada tahun 1997 pada waktu terjadi krisis moneter dan ekonomi di Indonesia, dampak menjamurnya hypermart asing membuat Donny dengan berat hati menutup cabang usahanya di kota kembang Bandung yang semakin merugi. Langkah ini dinilai tepat. Sedangkan cabang usaha di daerah lain dipertahankan bahkan ditambah lebih banyak lagi.

Sementara itu, sekarang ini Donny mengecap manisnya kesuksesan. Pendapatan perbulan dari bendera usaha Moena Freshnya  mencapai Rp 4 miliar. Wow lumayan kan?! Karyawan yang bekerja pada usaha Moena Fresh saat ini berjumlah 250 pegawai dengan memiliki 12 gerai outlet. Sedangkan usaha lainnya yakni sebuah perusahaan supplier buah-buahan yang dikelolanya mempunyai 70 pegawai dengan keuntungan perbulan mencapai Rp.750 juta. Wow hebat!?

Ditanya mengenai rencana ke depannya, pria yang murah senyum ini berencana menambah jumlah toko setiap tahun sebanyak satu toko. Ia berharap rencananya tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru bagi 500 karyawan. Selain itu, ia berambisi untuk membuka cabang dan outlet usahanya di negeri kanguru Australia. Itulah peluang bisnis buah-buahan yang behasil digarap oleh pria yang suka memakai kaos ini.