Minggu, 13 September 2015

Idul Adha Bentuk Sukses Nabi Ibrahim

Idul Adha Bentuk Sukses Nabi Ibrahim – Siapa sih yang tidak mengenal nama Ibrahim? Semua agama tentu mengenal nama Ibrahim. Beliau adalah nenek moyang pembawa ajaran agama samawi. Agama samawi adalah ajaran agama yang langsung dari langit atau dari Allah SWT. Beliau sukses mengemban amanah-amanah yang diberikan Allah padanya. Rintangan dan halangan pun beliau terjang dengan penuh kesabaran, ketawaduan dan ketakwaan. Sehingga nabi Ibrahim mendapatkan karunia dari Allah SWT di dunia dan di akhirat. Dan yang patut dikaumi bahawsanya Nabi Ibrahim termasuk dalam nabi-nabi ulul azmi yaitu nabi yang mendapatkan ujian berat dari Allah SWT dan beliau sukses.
Idul Adha Bentuk Sukses Nabi Ibrahim
Idul Adha Bentuk Sukses Nabi Ibrahim

Lalu apa yang membuat nabi Ibrahim sedemikian sukses sehingga setiap tahunnya diadakan peristiwa idul adha atau idul kurban sebagai sebuah kegiatan ibadah penyembelihan hewan kurban yang dipelopori oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Sebagai pelopor dalam perbuatan baik tentu saja mereka akan mendapatkan pahala yang besar dan terus menerus dari orang-orang yang mengikuti ajaran agama mereka. Sebagai nabi dan Rasul, Nabi Ibrahim mendapatkan pujian dari Allah sebagai seorang hamba Allah yang hanif atau pemurah.
Idul Adha Bentuk Sukses Nabi Ibrahim
Nabi Ibrahim berasal dari keluarga musyrik yang mempersekutukan Tuhan. Tapi Nabi Ibrahim mendapatkan pencerahan langsung dari Allah. Sebagai kaum muda yang haus mencari kebenaran dan memperjuangkan kebenaran, Nabi Ibrahim tak pernah takut oleh siapapun baik ayahandanya sendiri maupun pihak penguasa yan zalim yakni Namrud. Dengan gagah berani, Ibrahim mengatakan kebenaran, yang hak tetap hak dan yang batil tetap batil. Sehingga pihak pemerintah yang ingin mengamankan posisi menghukum berat nabi Ibrahim dengan dibakar mati oleh api. Namun Allah menyelamatkan Ibrahim, sesungguhnya Allah Maha Kuasa.
Peristiwa penyembelihan hewan kurban atau idul adha hanyalah segelintir kecil kejadian dari kehidupan Nabi Ibrahim. Selain itu adapula peristiwa peninggalan anak dan isteri tercinta di sebuah gurun pasir yang tandus yang membuat Siti Hajar harus mencari air untuk minum anaknya Ismail AS. Yang pada akhirnya membuahkan hasil yakni keluarnya air di bawah kaki anak tercinta yang kemudian sumber air itu terkenal ke seluruh dunia dengan nama Air zam zam.
Lalu apa saja kita sukses nabi Ibrahim sehingga setiap hari disebut namanya dalam setiap tasyahud akhir. Ya Allah berikanlah sholawat dan keberkahan kepada Ibrahim dan keluarganya. Inilah kiat-kiat sukses Nabi dan Rasul Ibrahim AS sehingga menjadi kesayangan Allah SWT khalilullah. Yakni ia menjadi pribadi bertakwa kepada Allah. Tiada hal yang dapat membahagiakan kecuali bertakwa kepada Allah. Apalah artinya dunia ini dan segala isinya jika tidak bertakwa kepada Allah. Nabi Ibrahim adalah sosok pria yang bertakwa kepada Allah yang tiada bandingannya dengan manusia setelahnya. Sehingga ia pantas masuk surga tertinggi.
Demikian artikel tentang Idul Adha Bentuk Sukses Nabi Ibrahim. Semoga mendapatkan pencerahan.   Baca juga : Yuk Kita Berkurban Di Hari Idul Adha