Minggu, 13 September 2015

Yuk Kita Berkurban Di Hari Idul Adha



Yuk Kita Berkurban Di Hari Idul Adha – Pada tanggal 24 September 2015, umat Islam di tanah air akan sibuk mengadakan ibadah penyembelihan hewan kurban. Pada saat menjelang hari raya idul adha sekarang ini harga-harga hewan kurban melonjak tinggi. Hal tersebut permintaan yang tinggi dari masyarakat. Sebab semahal apapun masyarakat muslim bersedia mengorbankan uangnya demi mendapatkan pahala atau ibadah di sisi Allah.

Salah satu hadis yang menyuruh umat Islam berkurban di hari raya Idul Adha adalah hadis yang berbunyi bahwasanya Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang mampu menyembelih hewan kurban kemudian ia tidak menyembelih hewan kurban di hari raya idul adha maka janganlah dekat-dekat dengan tempat shalat kami.” 

Dari hadis di atas, perintah agama Islam tidak terlepas dari istitoah atau kemampuan seseorang. Selama seseorang mampu melaksanakan ibadah menyembelih hewan kurban maka ia wajib melaksanakannya. Selama ia mampu menjalankan ibadah haji maka ia wajib menjalankannya. Sedangkan jika ia tidak mampu menjalankan ibadah karena sesuatu sebab seperti sakit, tidak mencukupi dalam keuangan maka tak ada kewajiban baginya.

Yuk Kita Berkurban Di Hari Idul Adha
Sekarang marak kegiatan untuk mempersiapkan penyembelihan hewan kurban. Seperti di sekolah-sekolah yang kerap mengumpulkan uang dari siswa-siswi secara patungan untuk berkurban. Atau pun di kampung penulis, seluruh warga masyarakat RT 04 mengadakan acara patungan membeli hewan kurban. Apakah hal itu sah menurut hukum Islam. Dalam agama Islam melaksanakan suatu ibadah harus sesuai dengan kaidah dan contoh dari Rasulullah SAW dan Al Qur’an.

Yuk Kita Berkurban Di Hari Idul Adha
Yuk Kita Berkurban Di Hari Idul Adha
Memang ada di jaman Rasulullah SAW, umat Islam berpatungan dalam menyembelih hewan kurban namun dengan jumlah terbatas. Seperti berpatungan membeli hewan kurban sapi untuk tujuh orang. Kalau lebih rasanya itu bukan ibadah udhiyah. Dalil mengenai kewajiban ibadah hewan kurban dipertegas oleh Nash Al-Quran : Maka dirikanlah salat, dan berkurbanlah.

Oleh sebab itu, penulis mengajak bagi para dermawan dari umat Islam yang mampu menjalankan pelaksanaan ibadah hewan kurban maka berkurbanlah. Darah dan daging hewan kurban itu akan menjadi saksi di akhirat kelak. Bahkan ada yang bilang menjadi tunggangan di hari akhirat. Namun pendek kata, penyembelihan hewan kurban hanyalah untuk mengharapkan keridoan Allah SWT. Sebab yang sampai kepada Allah bukanlah daging maupun darahnya melainkan ketakwaannya.

Orang yang bertakwa tentu akan melaksanakan kegiatan berkurban di hari idul adha. Yuk kita berkurban di hari idul adha. Semoga kita menjadi insan yang beriman, ditambahkan rejeki dan umur serta harta yang berkah. Semoga tulisan ini member pencerahan bahwa sebuah kesuksesan didapat harus melalui sebuah jalan pengorbanan. Orang yang sukses dalam bisnis apapun, ia telah menjalani berbagai pengorbanan baik waktu, harta dan tenaga untuk kemajuan usahanya.