Selasa, 15 September 2015

Usaha Kecil Menengah Di Sumedang

Usaha Kecil Menengah Di Sumedang - Pada kesempatan kali ini, penulis ingin menceritakan apa saja usaha kecil dan menengah di Sumedang yang terbukti laris manis di pasaran dan membuat pemilik usaha tersebut kaya raya dengan memiliki beberapa buah mobil mewah serta rumah mewah.
Usaha Kecil Menengah Di Sumedang
Usaha Kecil Menengah Di Sumedang

Penulis sudah lima tahun bertempat tinggal di Sumedang dimana sebelumnya berdiam di Kota Cimahi Jawa Barat. Ada beberapa jenis usaha kecil dan menengah yang dilakukan oleh penduduk Sumedang khususnya Kecamatan Tanjungkerta.

Pertama adalah usaha pembuatan rangining. Kegiatan usaha ini masih dilakukan secara perorangan dan rumahan serta belum terkoordinasi dengan baik. Para bandar akan mengambil produksi ranginang dari penduduk Sumedang kemudian menjualnya di wilayah kota dan kabupaten lain. Ternyata pangsa pasar rangining sampai juga ke wilayah Bandung dan Cimahi. Ketika berada di Bandung dan Cimahi tepatnya di sebuah Pasar Cimindi dekat rel kereta api, penulis menemukan produk ranginang buatan Sumedang sedang dijajakan oleh sebuah toko besar.

Usaha selanjutnya adalah usaha pembuatan opak. Makanan tradisional ini tetap digemari banyak orang sebagai oleh-oleh khas Sumedang. Bisnis produksi opak di sumedang masih dilakukan secara manual dan perorangan secara rumahan, serta belum terkoordinasi dengan baik. Hal tersebut baik usaha pembuatan rangining maupun opak masih belum mempunyai koperasi. Sehingga cita-cita penulis untuk mendirikan sebuah koperasi yang akan menamoung hasil produksi rangining dan opak. Sehingga tidak dipermainkan harga oleh para bandar dan tengkulak.

Usaha Kecil Menengah Di Sumedang-Bisnis berikutnya yang tak kalah seru adalah pembuatan sistik. Produksi sistik ini sangat menguntungkan pemilik usaha bersangkutan. Letak usaha sistik berada di Pangkalan Tanjungkerta Sumedang. Semakin hari usaha ini semakin laris manis dengan pangsa pasar hingga ke daerah Cirebon, Majalengka dan Bandung. Lalu usaha selanjutnya yang tak kalah menarik adalah produksi pembuatan seblak. Seblak ini merupakan makanan yang pedas. Namun di usaha ini ada dua jenis seblak kering yakni seblak rasa pedas dan seblak rasa asin. Harga jual kerupuk seblak sangat murah sekitar Rp. 5000 untuk tiga bungkus besar. Dan penulis pernah memasarkannya dan ternyata laris manis jika ditekuni secara serius dan skala besar.

Usaha kecil terakhir adalah usaha pembuatan sale pisang. Penulis bekerja di perusahaan sale pisang ambarsari dengan gaji yang cukup menggiurkan. Usaha sale pisang yang dijalani Ganjar Kabul dan Ibu Nonok ini ternyata laris manis dan mampu diserap pasar. Adapun produk sale pisang ambarsari dijual dengan harga kelas premium namun tetap laris manis. Karena lebih mengutamakan kualitas rasa dan higienis. Akhir kata, jika anda membutuhkan produk kuliner seperti opak maupun rangining ataupun sistik maupun sale pisang maka anda dapat menghubungi penulis di 085220762707 sms atau telepon atau email : admambarsari@gmail.com. Itulah usaha kecil menengah di Sumedang.

Baca juga :  Sukses Usaha Kecil Telor Asin

1 komentar :

Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ustazd hakim,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti apapun saran beliau syukur alhamdulillah Cuma 3 hari uang 5m yg saya minta itu terlihat jelas di depan mata saya sekarang saya bisa sukses seperti ini bisa beli rumah usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ustazd hakim berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ustazd hakim di nmr 082281871557 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam