Kamis, 10 September 2015

Cara Dapat Modal Usaha Gratis



Cara Dapat Modal Usaha Gratis – Modal usaha bisa didapatkan dengan cara meminjam kepada teman, sahabat, maupun keluarga. Dan dapat pula modal usaha diperoleh melalui investor atau penanam modal. Adapula orang yang mendapatkan modal usaha gratis dari mengikuti berbagai perlombaan kewirausahaan. Namun salah satu ide yang penting dalam mengumpulkan modal usaha adalah dengan cara meminta sumbangan kepada masyarakat luas di sekitarnya. Dan usaha tersebut harus dikelola oleh masyarakat dan melibatkan masyarakat sekitar pula. 

Cara Dapat Modal Usaha Gratis
           Cara Dapat Modal Usaha Gratis
Banyak usaha di tanah air memerlukan modal usaha. Modal usaha gratis sebab sebuah nyawa bagi perusahaan itu sendiri. Namun yang sering dilakukan oleh para pengusaha besar dan kecil jika mereka memerlukan modal usaha biasanya mereka menggunakan uang sendiri. Lalu jika tidak mempunyai uang sendiri yang hasil tabungan maka mereka meminjam uang kepada bank atau lembaga perbankan. Karena menggunakan uang sendiri lebih bebas dan tanpa dibebani biaya pengembalian maupun bunga yang memberatkan atau riba.

Modal usaha gratis dapat diperoleh dari lembaga swasta maupun pemerintah. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM yang mengadakan lomba business plan bagi kalangan mahasiswa. Mahasiswa yang menjuarai kegiatan ini sebanyak 1500  orang ini akan mendapatkan modal usaha gratis sebesar Rp. 25.000.000. Adapun pendaftaran lomba ini melalui website dan sejumlah media nasional.

Cara Dapat Modal Usaha Gratis
Jelaslah ilmu dan informasi sangat penting dan dibutuhkan untuk mendapatkan modal usaha gratis. Kementerian Koperasi mengadakan kegiatan tersebut untuk menciptakan wirausaha pemula sebanyak-banyaknya. Karena jika dilihat di tanah air masih sedikit sekali para wirasusaha dari kalangan mahasiswa. Hal tersebut untuk memicu tumbuhnya para pengusaha baru di Indonesia. Sehingga orientasi ke depan bukan mencari kerja tapi menciptakan peluang usaha pekerjaan yang bisa membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain dan bermanfaat bagi orang banyak. Sesuai sabda Rasulullah SAW bahwa sebaik-baik orang adalah yang paling memberikan manfaat kepada orang lain.

Namun sebelumnya, peserta lomba kewirausahaan ini menyampaikan proposal usaha. Dan Tim pusat akan menilai kelayakan usaha tersebut dan prospek ke depan bisnis yang diajukan. Acara itu didukung pula oleh para wirausaha terkenal dari Indonesia dan dunia seperti Mark Zuckenberg, Jack Dorsey, dan lain-lain. Dimeriahkan pula oleh grup band terkenal seperti Nidji, Noah, Agnes Mo, Kotak, dan Judika serta penyanyi lainnya. 

Mudah-mudahan dengan acara tersebut dapat memicu timbulnya para wirausaha baru di tanah air. Karena Negara Indonesia sangat kekurangan para wirausaha. Untuk menjadi Negara besar dan maju minimal dibutuhkan lima persen wirausahawan di dalam Negara tersebut. Marilah kita ciptakan Indonesia sebagai Negara maju dengan cara berwirausaha sejak dini sekaligus sebagai aplikasi atas hadits bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling berguna bagi orang lain. 

Itulah cara dapat modal usaha gratis. semoga sukses.