Minggu, 13 September 2015

Peristiwa Hari Raya Idul Adha Nabi Ibrahim



 Peristiwa Hari Raya Idul Adha Nabi Ibrahim - Tanpa panjang lebar inilah kiat sukses nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail yang patut ditiru dan diteladani oleh semua manusia dalam meraih kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan diakhirat. Dimana nabi Ibrahim dapat menyeimbangkan antara kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat. Ia mampu menjadi pribadi kaya raya di dunia sekaligus pribadi yang penuh ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Nabi Ibrahim selalu mengutamakan perintah Allah atau takwa sehingga segala isi kehidupan dunia pun dapat diraihnya. Hal ini tak terlepas dari doanya yang manjur dan mustajab. Berkat kedekatannya dengan Allah SWT.

 Peristiwa Hari Raya Idul Adha Nabi Ibrahim
 Peristiwa Hari Raya Idul Adha Nabi Ibrahim
Adapun secara garis besar lainnya kiat-kiat sukses Nabi dan Rasul Ibrahim AS sebagai berikut ini :
  1. Selalu mengumpulkan sebanyak-banyaknya amal-amal jariyah. Seperti melakukan ibadah penyembelihan hewan kurban yang diikuti oleh seluruh manusia di muka bumi setelahnya. Peristiwa Hari Raya Idul Adha Nabi Ibrahim  menjadi ajang kesalihan sosial dan kesalehan kepada Allah SWT.
  2. Bergaul dengan orang-orang shalih. Sehingga ia disebut dalam Al-Qur’an sebagai pemimpin orang-orang yang bertakwa.
  3. Selalu berbicara baik atau mengucapkan kata-kata yang baik seperti ucapan kata-kata salam, ucapan nasihat kebenaran dan kesabaran serta bermanfaat bagi masyarakat umum. Nabi Ibrahim tak gentar mengatakan kebaikan walaupun di depan penguasa yang zalim.Allah SWT berfirman:”Dan apabila kalian diberi ucapan salam penghormatan maka jawablah dengan yang lebih baik darinya atau balaslah dengan yang semisalnya” (QS. An-Nisaa’ :86).
  4. Senantiasa membantu orang-orang miskin dan musafir. Rasulullah SAW bersabda:”Barangsiapa berusaha membantu janda dan orang miskin seperti orang yang berjuang di jalan Allah”(HR. Muttafaq Alaih).
  5. Nabi Ibrahim as melakukan perintah Allah SWT baik enak maupun pahit. Misalnya perintah menyembelih anak kandungnya Ismail. Yang di dalam hatinya hanyalah ingin menghadap wajah Allah. Kemudian Allah memberinya ibadah kurban yang lebih baik sehingga setiap tahun tepatnya Hari Raya Idul Kurban selalu teringat jasa Nabi Ibrahim as yang teguh imannya dan jasa Nabi Ismail as yang sabar hatinya.
  6. Nabi Ibrahim As sangat dekat dengan Allah SWT sehingga disebut dalam Al-Quran sebagai kekasih Allah. Hal tersebut membuat doanya mustajab doanya. Seperti meminta kebaikan dunia dan akhirat. Dan menurut tanggapan penulis, Nabi Ibrahim adalah orang kaya di jamannya. Banyak peristiwa dalam Al-Quran yang menceritakan kisah perjalanan hidup Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail dan Siti Hajar. Namun yang mengherankan bahwa didikan nabi Ibrahim bukan berasal dari ayahandanya, Azar melainkan didikan Nabi Ibrahim langsung dari Allah SWT. Dalam mencari keberadaan Allah, kekuasaan Allah dan kebenaran, Nabi Ibrahim harus mengalami jatuh bangun.
Itulah Peristiwa Hari Raya Idul Adha Nabi Ibrahim. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menyambut hari raya idul adha di tanah air. Dan semoga bertambah Ibrahim-Ibrahim baru di Indonesia sebagai pembaharu agama Islam di muka bumi. Tetap bertakwa kepada Allah dan semoga sukses.