Selasa, 12 April 2016

Contoh Biografi Guru Teladan Indonesia


Contoh Biografi Guru Teladan Indonesia - Berdedikasi! Inilah kesan menonjol yang kami rasakan dari sosok Iwan Tedjasukmana, SH. Di mana pun dan kapan pun kesan itu selalu melekat dalam benak kami dan dalam benak siapa pun yang mengenalnya. Jika berbincang dengan Iwan Tedjasukmana, SH, kita akan merasakan keteduhan yang luar biasa. Keteduhan yang bersumber dari kerendahan hatinya yang dipertegas dengan kehalusan bahasa, intonasi berbicara yang lembut, datar dan mengalir, dipadu dengan raut wajah yang sejuk. Kesan berdedikasi dan santun itu sedemikian melekat dan tegas penjelmaannya. Jika berbincang di kantornya yang diselingi suara riuh rendah para siswa, kami mendapati penghargaan-penghargaan di dunia pendidikan seperti Penghargaan dari BPK Penabur atas kiprahnya di dunia pendidikan yang hampir lebih dari 30 tahun, Tokoh Citra Kepeloporan dan Penghargaan Indonesia The Best Executive Award tahun 1999, semakin diperkokoh dedikasinya di dunia pendidikan oleh penghargaan-penghargaan yang tertempel di dinding kantornya. Semua itu menjadi ciri khas sosok Iwan Tedjasukmana, SH, yang mempermudah kita untuk cepat mengingatnya.
Contoh Biografi Guru Teladan Indonesia
Contoh Biografi Guru Teladan Indonesia (sumber : kompasiana.com)
  Kesan berdedikasi dalam dunia pendidikan yang selama ini kami rasakan, telah mengilhami kami untuk mencoba menelusurinya lebih jauh. Kami yakin, berdedikasi itu merupakan "akibat" yang tentu saja memiliki "sebab". Inilah yang ingin kami singkap agar menjadi suri teladan berharga bagi kita.
Dedikasi Iwan Tedjasukmana, SH tidak hanya dirasakan pada tatanan lokal (suasana keluarga, para murid, para guru di lingkungan sekolah BPK Penabur), tetapi semburatnya telah menembus masyarakat dalam komunitas dunia pendidikan. Dengan dedikasinya itu, Iwan Tedjasukmana, SH dipercaya oleh Pengurus Yayasan BPK Penabur  dalam membantu pengembangan sekolah di lingkungan BPK Penabur tingkat SMP dan SMA. Sebuah prestasi yang jarang setiap orang dapat meraihnya. Semua itu bersumber pada suatu muara : dedikasi. Dedikasinya yang tinggi terhadap dunia pendidikan, telah mendorong Yayasan BPK Penabur menyerahkan kepercayaan tersebut ke pangkuan  Iwan Tedjasukmana, SH.
Contoh Biografi Guru Teladan Indonesia
Akankah kisah teladan ini berlalu begitu saja, tanpa sebait tulisan pun menjadi saksinya? Menjadi sebuah buku, akhirnya menjadi pilihan Yayasan BPK Penabur dan kami untuk merealisasikan niat di atas. Sebuah buku biografi yang dilengkapi dengan percikan-percikan pemikiran beliau.
Untuk merealisasikan keinginan di atas, pada bulan Mei 2007, kami telah mewawancarai beliau di ruang kantornya di SMAK 1 BPK Penabur Bandung. Seperti biasa, kami diterimanya dengan penuh santun. Perbincangan kemudian mengarah pada persiapan buku biografi-plus beliau. Akhirnya, dengan santun pula, beliau mengijinkan kami untuk mulai menulisnya.
Tentu saja, pada tahap awal persiapan sebuah buku, apalagi buku biografi Iwan Tedjasukmana, SH, yang posisi dan pengaruhnya begitu luas, tidaklah mudah. Karena proses kelahiran buku ini akan melibatkan banyak pihak : guru, sahabatnya, murid, Pengurus Yayasan BPK Penabur, dan lain-lain. Karena, di kalangan inilah sosok Iwan Tedjasukmana, SH dikenal melekat. Namun, kesulitan-kesulitan itu dapat terselesaikan dengan memperkokoh doa dan usaha kami.
Telah 40 tahun Iwan Tedjasukmana, SH mengabdi di sekolah BPK Penabur di dunia pendidikan. Kiprah dan perjalanan hidup Iwan memberikan warna tersendiri dalam memajukan sekolah BPK Penabur. Kisah-kisah perjalanan hidup Iwan yang dikemas dalam buku "Biografi dan Pemikiran Iwan Tedjasukmana, SH" ini kehadirannya diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi penerus sebagai bahan masukan atau berbagi pengalaman.  Karena hal itu yang diharapkan dari pembuatan buku "Biografi dan Pemikiran  Iwan Tedjasukmana, SH" ini.Contoh Biografi Guru Teladan Indonesia