Minggu, 23 Agustus 2015

Cari Modal Usaha Gratis



Cari Modal Usaha Gratis – Salah satu yang dicari orang terutama para pelaku usaha adalah modal usaha. Sebab bagaimanapun sebuah usaha memerlukan yang namanya modal usaha. Modal usaha bisa berupa yang terlihat maupun tak terlihat. Yang terlihat contohnya adalah uang, bangunan, peralatan, bangunan usaha, lokasi usaha, dan lain-lain. Sedangkan modal usaha yang tak terlihat contohnya adalah keterampilan, keahlian, mental, dan lain sebagainya.
 
Cari Modal Usaha Gratis
Cari Modal Usaha Gratis
Banyak orang yang mencari modal usaha gratis baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Menurut pengalaman penulis sendiri, modal usaha tersebut tersedia banyak baik di lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta dan lembaga donator asing. Apakah anda pernah mendengar dana bantuan social yang dianggarkan oleh pemerintah? Nah dana bantuan social itu diperuntukkan untuk membantu kegiatan masyarakat seperti dalam kegiatan perekonomian, modal usaha, pendidikan, dan kegiatan komunitas social lainnya.

Penulis telah bekerja di Kementerian Agama, di lembaga pemerintahan ini tersedia modal uang gratis bagi siapapun yang memiliki kegiatan keagamaan. Mereka bisa memperoleh modal gratis dengan cara melampirkan proposal kegiatan. Bahkan teman penulis bernama Amid Sudrajat Sag yang memiliki sebuah sekolah pendidikan anak usia dini mendapatkan modal usaha gratis sebesar Rp.10 juta dari Kementerian Agama untuk menunjang sekolahnya tersebut.

Cari Modal Usaha Gratis
Lalu, Kementerian Agama pun mempunyai alokasi dana khusus untuk pembangunan masjid. Masjid yang tidak ada kegiatan ekonominya bisa dibangkitkan setelah mendapatkan modal usaha dari Kementerian Agama. Modal usaha yang didapatkan sebuah masjid bervariasi dan lumayan besar. Bahkan di masjid saya yang kecil pernah mendapatkan modal usaha untuk masjid sebesar Rp.80 juta. Modal usaha gratis sebesar Rp.80.000.000 dari Kementerian Agama tersebut disalurkan untuk kepentingan masjid sendiri seperti membangun masjid, merenovasi masjid, membangung ekonomi masyarakat pengurus masjid dan lain-lain.

Selain itu, Kementerian Perikanan dan Kementerian Koperasi mempunyai anggaran tersendiri untuk mengalokasikan dana khusus bagi kegiatan masyarakat di bidang tersebut. Misalnya, di desa penulis ada sebuah kelompok tani lele maka setelah mengajukan proposal bantuan usaha kepada Kementerian Koperasi tak kunjung lama mendapatkan modal usaha gratis sebesar Rp.10.000.000 yang dikelola secara bersama-sama.

Kemudian ada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil yang senantiasa konsen membantu masyarakat miskin untuk menciptakan sebuah lapangan usaha. Kementerian ini tak segan-segan mengucurkan dana yang lumayan besar untuk memodali usaha-usaha kecil secara gratis. Seperti program mereka menciptakan satu juta pengusaha. Dimana pengusaha-pengusaha tersebut diberikan modal usaha gratis oleh mereka. 

Pendek kata, banyak sekali modal usaha gratis yang bisa didapatkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Seperti Negara Jepang yang mengadakan program modal usaha gratis bagi rakyat Indonesia. Namun semua ini memerlukan yang namanya informasi. Untuk mendapatkan informasi dapat mengakses situs-situs mereka. Itulah cara cari modal usaha gratis selain menjalin kerjasama dengan para investor.

Baca juga :  Modal Usaha Gratis Dari Pemerintah Tersedia Banyak