Minggu, 03 Juli 2016

Jual Benih Ikan Lele Di Sumedang Tanjungkerta



Jual Benih Ikan Lele Di Sumedang Tanjungkerta – Pada kesempatan kali ini, penulis hendak membahas mengenai peternakan ikan lele yang menjanjikan modal kecil. Salah satu usaha yang cukup menjanjikan berada di sector perikanan yakni budidaya lele. Sebelum membahas mengenai perhitungan usaha untung rugi bisnis pembesaran lele maka akan diuraikan pengalaman nyata penulis dalam mendapatkan benih lele di sumedang via online yang ternyata sangat sulit.

Jual Benih Ikan Lele Di Sumedang Tanjungkerta
Jual Benih Ikan Lele Di Sumedang Tanjungkerta (www.waspada.co.id)
Ide beternak ikan lele atau membudidayakan ikan lele dimulai dari ide ayahanda tercinta untuk mengisi tiga kolam. Pertama kolam ikan di dalam rumah, kolam ikan tanah di luar sebanyak dua buah. Kemudian menurut ayahanda tercinta bahwa lokasi peternak lele berada di daerah Cikaramas Subang. Penulis pun sepulang kerja berangkat bersama ayahanda tercinta mengendarai sepeda motor mencari benih lele. Selama perjalanan ditemui beberapa pedagang benih ikan. Namun kebanyakan menjual benih ikan emas, gurame dan jaer.

Kemudian atas informasi peternak ikan lele didapatkan informasi bahwa peternak ikan lele berada di daerah Bolang Tanjungsiang Subang. Penulis pun menuju ke arah sana. Setiba di lokasi usaha, tidak ada peternak budidaya lele. Mereka menjual benih ikan lele berukuran kecil seharga Rp 500 dan itu pun masih di dalam kolam atau belum siap jual. Penulis heran. Kenapa pembudidaya lele tidak menjual langsung lelenya.

Akhirnya karena kecewa dengan lambatnya jual beli benih ikan lele maka penulis pun pulang ke rumah dengan tangan hampa. Keesokan harinya, sepulang dari tempat kerja penulis bertemu dengan rekan bermain catur seorang pedagang es kelapa muda. Kepada pedagang es kelapa ini penulis meminta keterangan info tempat penjualan ikan lele yang kecil. “Kebetulan di depan rumah saya ada peternakan ikan lele, coba tanya saja sama dia dimana beli benih ikan lele?”

Jual Benih Ikan Lele Di Sumedang Tanjungkerta
Tanpa panjang lebar,  penulis bersama ayahanda tercinta meluncur ke lokasi peternakan ikan lele. Sang pemilik kolam ikan lele mengatakan ia membeli benih ikan lele dari daerah Cihawur Cisuka Tanjungkerta. Tanpa basa-basi, langsung meluncur ke lokasi usaha. Dan benar saja ada puluhan ribu benih ikan lele dengan berbagai ukuran. Harga yang ditawarkan sebesar Rp 300 per ekor lele dengan jumlah pembelian di atas 1000 ekor.

Penulis membeli seribu ekor lele. Lalu benih ikan lele berukuran tiga cm itu dimasukkan ke dalam tiga kolam. Kolam dalam rumah sebanyak 100 ekor lebih, dan kolam tanah dua buah sebanyak 900 ekor. Tinggal menunggu hasil panen sekitar empat bulan. Hanya berdasarkan para peternak lele membudidayakan ikan lele harus telaten. Dimana lele besar dan kecil harus disortir dan dipisah agar tidak saling memangsa atau cannibal sifat ikan lele. Kiat selanjutnya pemberian pakan ikan lele harus tepat waktu jangan sampai terlambat. Kalau terlambat bisa mengakibatkan lele kabur atau meluncur ke atas mencari air dan makanan.

Lele yang terserang penyakit budug bisa diobati dengan cara dimasukkan pada air yang telah diberi garam yang kasar. Lalu musim yang pas beternak lele adalah musim panas. Pada waktu musim panas kemudian diselingi hujan maka ikan lele banyak yang mati alias gagal. Rasanya lele yang sudah berukuran besar sangat jarang untuk gagal. Kita saksikan saja selama empat bulan apakah akan panen lele atau tidak. JIka anda membutuhkan kami Jual Benih Ikan Lele Di Sumedang Tanjungkerta.

Kepada para pembaca khususnya di daerah Sumedang, penulis ingin menyampaikan bahwa jika anda membutuhkan benih ikan lele maka bisa menghubungi penulis di HP 085220762707 (Whatsapp/Line). Email : Daunmurag@gmail.com.  Jangan sampai niat baik anda untuk membudidayakan ikan lele terbentur tidak adanya benih ikan lele. Kami siap menyediakan ikan lele di daerah Sumedang. Masalah pemasaran kami yang tangani. Bisa pula oleh anda dengan membuka usaha pecel lele kaki lima yang cukup menjanjikan. Sehingga penghasilan yang didapat bisa dua kali lipat. Jangan sampai anda masih terus berjuang sedangkan teman anda sudah hidup mapan. Ayo berbisnis ikan lele.

Kami bukan hanya menjual benih ikan lele dengan harga RP 500 perekor, namun juga siap menampung hasil pembesaran ikan lele dengan harga RP 14 ribu perkg dalam ukuran 8 ikan lele dalam 1 kg. Masalah pemasaran ikan lele bisa sobat jual langsung kepada para penjual pecel lele pinggir jalan, atau ke restoran, rumah makan dan lain sebagainya.  Adapun wilayah lokasi usaha berada di Dusun Cimuncang RT 1 RW 7 Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta Sumedang. Kami Siap mengirim kebutuhan benih ikan lele langsung ke tempat saudara.

Itulah artikel yang membahas seluk beluk Jual Benih Ikan Lele Di Sumedang Tanjungkerta