Minggu, 31 Juli 2016

Tuntunan Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Tuntunan Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap - Shalat tahajud merupakan salatnya orang-orang mulia. Karena tidak sembarang orang melakukan shalat nawafil ini. Di saat terlelap tidur, ia memaksakan diri untuk bangun dan beribadah kepada Allah SWT. Godaan setan yang berat dapat disingkirkan dengan kuat. Lalu kedua kaki diangkat menuju tempat berwudhu secara sempurna. Selepas itu melaksanakan shalat tahajud sebanyak 11 rakaat.
Tuntunan Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap
Tuntunan Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap
Mengenai pengertian shalat tahajud, shalat witir dan shalat malam pada dasarnya itu-itu juga. Disebut salat tahajud karena dilakukan sesudah bangun dari tidur. Dinamakan sholat malam sebab dilaksanakan pada malam hari. Dan disebut shalat witir karena dilakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil. Adapun cara mengerjakan shalat witir adalah di akhir shalat tahajud sebanyak tiga rakaat atau satu rakaat.

Betapa pentingnya melaksanakan shalat tahajud sehingga Allah SWT berfirman dalam Al Quran : Wahai orang-orang yang berselimut. Bangunlah dan agungkanlah Tuhanmu. Dan dalam seperempat malam terakhir bangunlah untuk melaksanakan shalat tahajud.

Sholat tahajud merupakan salah satu amalan salat yang tidak pernah Rasulullah SAW tinggalkan satu haripun. Di saat ia lapang maupun sibuk selalu menyempatkan diri melaksanakan shalat tahajud di dalam rumah bersama keluarga tercinta atau sendirian. Padahal shalat ini hukumnya sunah muakkad yakni jika dikerjakan berpahala dan ditinggalkan tidak berdosa. Karena rajin melaksanakan ibadah salat tahajud setiap hari sehingga kaki beliau bengkak. Siti ‘Aisyah berkata : Mengapa engkau rajin salat tahajud padahal dosa engkau telah dijamin diampuni oleh Allah SWT? Rasulullah SAW bersabda : Apakah aku tidak boleh disebut hamba yang pandai bersyukur.

Tuntunan Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap
Mengapa salat tahajud sangat dipentingkan dan diistimewakan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW? Karena salat tahajud adalah salatnya orang-orang pilihan. Salatnya orang-orang yang salih. Sehingga jika sobat ingin menjadi orang yang salih dan masuk surga maka syaratnya rajinlah melakukan shalat tahajud setiap hari. Insya Allah dosa akan diampuni oleh Allah SWT dan segala doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Baca juga : Cara Kaya Raya Dengan ShalatTepat Waktu

Sebagai salatnya orang-orang yang beriman dan saleh, salat tahajud sangat sedikit orang yang melakukannya kecuali orang yang dekat kepada Allah SWT. Jika untuk amalan salat wajib ada sebagian umat islam yang meninggalkannya, apalagi salat tahajud banyak orang islam lagi yang tidak melakukannya.

Adapun alasan orang tak melakukan salat tahajud beragam. Dari mulai malas. Tidak tahu cara mengerjakannya, tidak mengetahui manfaat dan perintahnya dan lain sebagainya. Rasanya sangat rugi orang yang tidak melaksanakan shalat tahajud setiap malamnya. Pahalanya akan sedikit berkurang bahkan sedikit sekali. Bandingkan dengan orang yang rajin melaksanakan ibadah shalat tahajud maka pahalanya akan semakin membesar, wajahnya bercahaya, lembut perasaan dan doanya selalu diijabah oleh Allah SWT.

Cara mengerjakan sholat tahajud dan witir serta bacaannya sangat mudah. Tata cara shalat tahajud bisa dilaksanakan setelah menunaikan shalat wajib isya hingga datang waktu subuh. Betapa panjangnya waktu untuk melaksanakan shalat tahajud. Namun yang lebih baik melaksanakan salat tahajud adalah seperempat malam terakhir atau kira-kira jam 3 dinihari sampai menjelang subuh. Akan tetapi, untuk menjaga kehati-hatian tidak melaksanakan salat tahajud di waktu tersebut maka selepas shalat isya bisa dilanjutkan dengan melaksanakan shalat sunah tahajud yang tidak ditutup dengan shalat witir dan bisa pula ditutup dengan witir bebas saja. Kemudian pada waktu larut malam bisa melaksanakan shalat witir sebagai penutup yang pada dasarnya shalat tahajud juga.

Adapun jumlah rakaat shalat tahajud berbeda pendapat. Ada yang mengatakan 11 rakaat dan ada yang mengatakan 23 rakaat. Itu semuanya benar dan ada dalilnya. Berapa jumlah rakaat tahajud ? jawabannya cara solat tahajjjud ringkas adalah 11 rakaat yang penting ganjil sesuai yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.   
Itulah tuntunan tata cara sholat tahajud lengkap dan bacaannya. Semoga bermanfaat.