Rabu, 10 Februari 2016

Panduan Cara Sukses Wirausaha Modal Nol

Panduan Cara Sukses Wirausaha Modal Nol - Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Basrizal Koto memutuskan merantau ke daerah Riau tanpa modal apapun. Ia tidak lulus SD dan tidak mempunyai modal uang untuk usaha sama sekali. Kemudian setiba di Riau pada waktu fajar, Koto segera menuju terminal bis. Di tempat inilah ia menawarkan diri menjadi seorang kenek atau kondektur kepada para petugas sopir bis dan mikrolet. Beruntung ada seorang sopir yang menerima tawarannya. Di profesi kondektur inilah ia belajar cara kerja yang baik dengan komitmen tinggi. Beberapa tahun bekerja sebagai kondektur membuat ia tertantang menekuni dunia bisnis. Profesi kondektur ia tinggalkan lalu memilih usaha jualan pisang dan petai. Namun usahanya belum bisa berkembang baik. Bahkan usahanya merugi. Modal usaha habis. Atas hal itulah ia memilih menjadi sopir.
 
Panduan Cara Sukses Wirausaha Modal Nol
Panduan Cara Sukses Wirausaha Modal Nol
Profesi sebagai seorang sopir menyita tenaga dan waktu. Seseorang tidak akan kaya raya dari pekerjaan sopir. Oleh sebab itu, diwaktu senggang pria baik hati ini menjadi makelar kendaraan bermotor untuk menambah penghasilan. Semua pekerjaan yang dilakukan telah membentuk karakter pribadinya menjadi kuat dan berpengetahuan serta terampil dalam berbagai hal. Seperti terampil dalam berbicara dan berkomunikasi, membangun karakter yang menepati janji, mampu membangun jaringan dengan baik, dan bisa menjaga kepercayaan dari orang lain. Atas sikap itulah ia mulai berbisnis. Perlahan-lahan bisnis dan usahanya terus berkembang dan semakin besar. Sehingga ia menjadi pengusaha sukses dan kaya raya di daerah Riau.
 
Panduan Cara Sukses Wirausaha Modal Nol
Ketika ditanya berapa jumlah perusahaan yang dimilikinya? Basrizal Koto mengatakan dengan lantang ia mempunyai 15 perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang usaha. Seperti usaha pertambangan batu bara, usaha percetakan, bisnis hiburan tv digital kabel berlangganan, bisnis pelayanan internet, usaha properti, bisnis pusat perbelanjaan, usaha ekspor impor ternak, usaha penggemukan ternak, usaha perhotelan, bisnis pembibitan, usaha pengalengan daging, dll.
 
Sementara itu apa kiat sukses yang dijalani pengusaha muda dan sukses ini sehingga mempunyai banyak perusahaan. Dengan tenang pria kalem ini menjawab untuk sukses menekuni sebuah usaha apapun dari nol maka ia harus memiliki sikap pantang menyerah, tidak menyalahkan keadaan sesulit apapun sebab itu adalah bagian dari tanggungjawab diri sendiri atau kitalah yang menentukan nasib kita. Lalu ia harus memiliki sikap tidak pernah mengeluh sebab mengeluh tidak akan merubah keadaan sedikitpun. Kiat sukses berikutnya tidak mempunyai rasa kebencian kepada siapapun, tidak memiliki rasa sombong, tidak ada rasa malas, tidak durhaka kepada orangtua, tidak pernah memanjakan anak tercinta, senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, tak ada kalimat tidak bisa namun semuanya bisa jika mau mau bekerja keras, menghindari zona nyaman atau senantiasa tak nyaman, berpikir bahwa semuanya layak dan tidak pernah ada terucap kalimat berhenti namun terus bekerja secara kuat dan maksimal hingga berhasil.
 
Itulah panduan cara sukses wirausaha modal nol. Semoga bermanfaat bagi pembaca. 

Baca juga:

Pengusaha Muda Sukses Dari Nol