Sabtu, 15 Agustus 2015

Sejarah Peristiwa Hari Kemerdekaan Indonesia



Sejarah Peristiwa Hari Kemerdekaan Indonesia – Pada tanggal 17 Agustus 1945 Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan mereka dengan sukacita. Berbagai kegiatan dan lomba dilakukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945. Jika ditilik ke belakang banyak momen sejarah yang diukir sebelum terjadinya hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang diproklamirkan oleh bangsa Indonesia diwakili oleh duet tunggal Insinyur Soekarno dan Mohammad Hatta. Berikut ini sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sejarah Peristiwa Hari Kemerdekaan Indonesia
Sejarah Peristiwa Hari Kemerdekaan Indonesia
Dimulai dari penyerangan tentara Jepang ke pangkalan militer dan pusat pertahanan Amerika Serikat di Pearl Harbour yang menyebabkan banyak warga Amerika Serikat yang tewas. Sikap bala tentara Jepang tersebut karena menganggap Amerika Serikat sebagai Negara yang menghalangi gerak majunya di Asia Tenggara. Amerika Serikat sebagai sekutu Belanda, Inggris, dll yang merupakan musuh bala tentara Jepang. Melihat sikap Jepang itu padahal Amerika Serikat tidak terlibat perang dimanapun, maka Negara Amerika Serikat menyatakan perang kepada Negara Jepang. Segala kekuatan dan daya upaya dikerahkan dalam usaha perang terhadap Negara jepang.

Pada saat itu bala tentara Jepang sudah menguasai Negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaya, Filipina, dan lain-lain dengan cara melumpuhkan bala tentara Belanda yang sudah menjajah Negara tersebut sejak lama. Belanda menyerah tanpa syarat kepada tentara Jepang. Akhirnya jepang menguasai Negara-negara di Asia. Tujuan tentara Jepang menguasai Indonesia dan Negara Asia Tenggara lainnya adalah untuk membantu kebutuhan logistic tentara Jepang dalam menghadapi perang dunia. 

Sejarah Peristiwa Hari Kemerdekaan Indonesia
Untuk menarik simpati masyarakat Indonesia, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan bagi bangsa dan Negara Indonesia sesudah perang. Namun kenyataannya tidak. Para penduduk Indonesia pada mulanya menyambut baik kehadiran bala tentara Jepang di Indonesia yang dianggap oleh mereka sebagai saudara tua. Akan tetapi sebaliknya, Negara Indonesia dijajah oleh bala tentara Jepang dengan sangat kejam. Wanita-wanita Indonesia dijadikan pendukung perjuangan, kemudian hasil pertanian rakyat kecil dirampas dan dikirim ke Negara Jepang, perbudakan tenaga kerja atau romusha terjadi di mana-mana, dan kejadian buruk lainnya.

Sebagai wujud janji Negara Jepang untuk mewujudkan Negara Indonesia merdeka maka dibentuklah BPUPKI singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Perdana Menteri Tojo. Organisasi masyarakat pun dibentuk yang justeru untuk kepentingan Jepang sendiri seperti Keibodan, Putera, Fujinkai, Gerakan Tiga A, Heiho, dan lain sebagainya. Lalu BPUPKI diubah namanya menjadi PPPKI oleh tokoh bangsa Indonesia tanpa persetujuan pihak Jepang untuk kepentingan perjuangan kemerdekaan bangsa.  

Berjalan waktu, kekuatan bala tentara Jepang mulai lemah. Kekalahan demi kekalahan didapatkan oleh tentara Jepang di berbagai medan pertempuran melawan Negara Amerika Serikat. Amerika Serikat yang sedang tidur mulai terbangun dan mulai berperang melawan Jepang. Jepang kewalahan melawan tentara Amerika Serikat yang kian kuat dibantu penarikan pasukannya di sejumlah Negara Eropa. Amerika Serikat yang marah terhadap Jepang kemudian menjatuhkan bom atom ke daerah Nagasaki dan Hiroshima yang membuat kedua kota tersebut luluh lantak seperti kota tak bertuan. Pada akhirnya melihat banyak rakyatnya yang tewas, Kaisar Jepang menyatakan menyerah tanpa syarat kepada Amerika Serikat dan sekutunya. 

Pada saat itulah terjadinya kekosongan kekuasaan di Indonesia sebab bala tentara Jepang banyak yang memilih pulang ke negaranya. Akhirnya Ir Soekarno dan Mohammad Hatta memanfaatkan situasi kekosongan pemerintahan di Indonesia dengan memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 bertepatan pada bulan Ramadhan. 

Itulah sejarah peristiwa hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Baca juga :

Bisnis Yang Cocok Dijalankan Di Pedesaan