Senin, 21 Maret 2016

Bantuan Dana Hibah Dari Kementerian



Bantuan Dana Hibah Dari Kementerian - Akhir-akhir bantuan dana hibah sangat digandrungi para pembaca blog ini mengingat kebutuhan mereka begitu tinggi terhadap uang. Seringkali penulis berpindah dari satu lokasi obrolan ke obrolan lain. Semuanya hampir sama membicarakan masalah kesulitan uang yang mereka hadapi. Apalagi kelas karyawan bawah yang seringkali gaji bulanan tidak mencukupi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dana bantuan dari pemerintah adalah solusi yang tepat. Namun untuk mendapatkan dana bantuan hibah dari pemerintah tidaklah gratis. Ada beberapa Kementerian RI yang kerapkali memberikan bantuan dana hibah maupun modal usaha gratis. Yakni Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Sosial, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil, Kementerian Pertanian dan Kementerian lain sebagainya.

Bantuan Dana Hibah Dari Kementerian
Bantuan Dana Hibah Dari Kementerian
Adapun Kementerian Perikanan dan Kelautan biasanya memberikan dana bantuan modal usaha bagi para petani ikan atau nelayan. Dimana nelayan bisa mendapatkan modal usaha dari bank dan bisa mendapatkan asuransi. Selain itu, kelompok petani ikan bisa mengajukan proposal bantuan usaha ke Kementerian Perikanan dan Kelautan, nanti jika usaha layak dibiayai maka akan mendapatkan modal usaha baik berupa uang hibah maupun barang seperti bibit ikan, jala ikan, dan lain sebagainya. Sebagaimana kelompok budidaya ikan di desa penulis pernah mendapatkan bantuan modal usaha berupa ribuan benih ikan dari Kementerian Perikanan. Lalu jika kelompok petani tanaman bisa mengajukan proposal usaha ke Kementerian Pertanian untuk mendapatkan modal usaha gratis berupa bibit tanaman, pupuk dan lain-lain.

Bantuan Dana Hibah Dari Kementerian
Jangan lupa ada lagi lembaga kementerian yang sering memberikan bantuan modal hibah kepada lembaga pendidikan agama dan tokoh agama yakni Kementerian Agama. Sahabat penulis pernah mendapatkan bantuan dana hibah sebesar Rp 10 juta dari Kementerian Agama untuk membangun dan melengkapi fasilitas Madrasah Diniyah dan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang dikelola bersama isteri tercinta.
Tak kalah penting ada Kementerian Sosial yang kerapkali memberikan program pelatihan usaha kepada masyarakat luas baik bagi kalangan tak mampu, pengangguran dan kalangan mampu. Seperti Dinas Tenaga Kerja di daerah penulis yang menyediakan pelatihan usaha kerja secara gratis dengan program usaha menjahit, tata busana, merias pengantin, otomotif, computer, dll yang bisa dipilih oleh peserta. Namun karena umur yang terlalu tua maka penulis tidak bisa mengikuti pelatihan usaha tersebut. Dari pelatihan usaha tersebut kelak para lulusannya memperoleh modal usaha gratis dengan nilai uang bervariasi sekitar Rp 1 juta untuk membuka usaha mandiri.  

Adapula Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil yang setiap tahun mempunyai program penciptaan satu juta pengusaha. Hal ini dibutuhkan karena Indonesia masih kekurangan jumlah pengusaha mandiri. Dengan semakin banyak pengusaha di Indonesia maka semakin maju Negara Indonesia. Maka Kementerian Koperasi dan UKM mengadakan program acara Penciptaan Pengusaha Baru sebanyak satu juta yang kelak lulusan dari kegiatan ini mendapatkan dana hibah yang lumayan besar untuk modal memulai suatu usaha baru.

Demikianlah Bantuan Dana Hibah Dari Kementerian yang pernah penulis alami. Mudah-mudahan bermanfaat.