Minggu, 20 Maret 2016

Cara Sukses Menjadi Penulis



Cara Sukses Menjadi Penulis ­– Salah satu hal yang diidamkan oleh para penulis novel pemula adalah dapat menghasilkan karya bermutu yakni novel maupun buku yang laris manis. Namun tidak mudah. Diperlukan survey pasar, survey topic popular dan pemilihan judul yang tepat. Salah satu kiat menjadi penulis buku novel yang best seller adalah menjadi penulis yang unik. Unik di sini dalam arti berbeda dari kebanyakan para penulis pada umumnya.
Cara Sukses Menjadi Penulis
Cara Sukses Menjadi Penulis
 Lalu apa yang menghalangi seseorang untuk menjadi penulis sukses dan best seller yang kaya raya. Ternyata ada satu kesalahan pemikiran dari para penulis pemula bahwa “Menulis Buku Bukan Bakat Saya”. Menulis bukanlah bakat melainkan keterampilan yang jika diasah terus menerus maka akan menjadi sebuah bakat. Seorang pakar kecerdasan mengatakan sesuatu bidang yang dikerjakan lebih dari empat puluh kali secara konsisten maka akan membuat si pelaku bidang tersebut menjadi ahli.
Semua manusia dilahirkan tidak dengan bakat menulis. Namun dengan menulis secara langsung mereka akan mempunyai bakat menulis. Memang menulis buku novel akan terasa berat untuk pertama kali tapi setelahnya akan terasa ringan bahkan bisa saja menulis menjadi suatu kebutuhan.
Cara Sukses Menjadi Penulis
Langkah pertama menulis buku novel yang best seller adalah membuat judul yang unik. Penulis kanan adalah penulis dengan segala keunikannya. Hal inilah yang membuat penulis otak kanan lebih sukses ketimbang penulis otak kiri. Penulis otak kanan selalu akan keluar dan kebiasaan kebanyakan orang. Dan mernbuat judul buku pun sudah kelihatan bahwa ia adalah memiliki kecenderungan otak kanan. Judul yang biasa-biasa saja, bagi otak kanan tidaklah menarik dan menggelitik. Ia ingin membuat buku yang unik dan luarbiasa menggegerkan banyak orang dengan controversial. Hal inilah yang membuat ia mampu menulis buku novel secara best seller dan laris manis. Seperti Novel Harry Potter karya JK Rowling.
Suatu hari, saya mengikuti seminar kepenulisan di kota Cirebon. Saat mengikuti seminar, si pemateri menantang para peserta untuk mengajukan judul. Secara spontan saya mengajukan sebuah judul yang unik dan kontroversi, “TUHAN MAHA KECIL.” Sontak saja para peserta merasa kaget dengan judul yang saya ajukan. Namun, si pemateri langsung mengacungkan jempol dan berkata, “Judul yang bagus dan menggelitik”. Saya yakin Anda pun akan bertanya dan mungkin akan beranggapan bahwa saya sesat. Eit, nanti dulu! Jangan sembarang menuduh. Kalau Anda penasaran, nanti saja baca bukunya setelah terbit. Buku ini sedang dalam proses penulisan. Insya Allah direncanakan penerbitannya bulan Januari entah kapan. Lalu menurut Anda apa judul TUHAN MAHA KECIL menarik?
Tentu saja menarik. Karena itu elemen penting dalam penciptaan buku novel yang best seller. Buatlah judul yang sangat menarik. Judul ibarat kepala bagi tubuh manusia. Manusia akan membeli buku terlebih dulu lihat judulnya. Benar bukan?! Buatlah judul yang menari seperti Tuhan Maha Kecil namun isinya membeberkan maksud Tuhan maha kecil. Padahal inti buku membeberkan bahwa Tuhan Maha Besar. Itulah cara sukses menjadi penulis. Semoga bermanfaat.