Selasa, 17 Mei 2016

Cara Memulai Usaha Warung Bakso Sukses

Cara Memulai Usaha Warung Bakso Sukses – Pada kesempatan kali ini penulis hendak membahas mengenai cara memulai bisnis bakso mengingat penulis hendak terjun dalam usaha bakso demi menghidupi keluarga. Apalagi penulis sudah mempunyai resep makanan bakso yang enak dan lezat. Usaha bakso yang akan dijalankan oleh penulis secara rumahan. Namun dalam merintis bisnis bakso jangan berpikir untung semata. Karena usaha baso sangat rawan dan rentan mengalami kerugian. Seperti persaingan yang sangat tinggi, mudahnya diterpa berita tak sedap seperti dicampur dengan daging babi, mengandung boraks dll.
Cara Memulai Usaha Warung Bakso Sukses
Cara Memulai Usaha Warung Bakso Sukses (www.hellosemarang.com)
Oleh sebab itu, salah satu cara membuka usaha bakso yang sukses dan laris manis sangat mudah. Yaitu dengan menjaga kepercayaan konsumen, membangun brand yang sangat kuat bahwa bakso yang kita jual terbebas dari daging babi dan boraks yang mampu membahayakan kesehatan tubuh manusia. Dengan demikian konsumen akan menjadi pelanggan loyal karena rasa aman dalam mengkonsumsi bakso apalagi bakso yang disajikan memiliki rasa yang enak, sedap, nikmat, gurih, mantap dan maknyos. Atas hal itulah, salah satu cara meyakinkan konsumen dengan mencantumkan logo pada spanduk berupa halal, bebas boraks dan msg maupun daging babi, dan bebas dari bahan pengawet berbahaya.

Untuk sukses dalam menjalani usaha bisnis bakso tidak mudah seperti ucapan dan membalikkan telapak tangan. Namun semua itu memerlukan perngorbanan dan perjuangan yang ulet dan pantang menyerah. Potensi penghasilan dari usaha bakso terbilang besar. Karena makanan bakso sangat digemari oleh semua kalangan dari-anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi pada saat hari raya lebaran dan musim hujan, usaha bakso mengalami laku keras.

Cara Memulai Usaha Warung Bakso Sukses
Pertama sebelum memulai usaha bakso, anda harus mengenali segmentasi pasar atau target pasar. Siapa konsumen yang hendak dibidik? Apakah lingkungan sekitar? Anak muda? Atau orang dewasa? Tentu saja kalangan muda lebih menyukai bakso yang lebih bervariasi. Lalu teliti juga siapa segmen pasar yang hendak dituju. Apakah kalangan menengah ke atas, mahasiswa, anak sekolah, atau kalangan menengah ke bawah?

Tips sukses bisnis bakso selanjutnya adalah usaha bakso yang kita jalani harus berbeda atau memiliki keunikan dari pesaing. Hal ini yang membedakan bakso anda dengan competitor atau disebut nilai lebih. Misalnya membuat bakso dengan rasa baru, bakso dengan bentuk baru. Temukanlah keunikan bakso anda supaya konsumen mengenali usaha bakso anda lebih baik dan lebih unggul dari para pesaing yang sangat banyak di sekitar lokasi.

Dan yang tak kalah penting dalam memulai usaha bakso adalah tetap menjalankan eksperimen resep bakso yang enak. Maksudnya begini. Sebelum membuka usaha bakso dipastikan anda terlebih dahulu melakukan percobaan untuk menemukan resep bakso yang enak dan pas. Setelah itu barulah bisa membuka usaha dengan terus menciptakan resep bakso lain yang lebih enak dan lezat.

Modal usaha membuka usaha bakso terbilang sangat kecil. Yang diperlukan adalah gerobak bakso, peralatan dan perlengkapan usaha, bahan dasar dll. Kemudian selanjutnya yang sangat penting adalah melaksanakan promosi usaha bakso dengan cara menggunakan brosur dan pamphlet agar konsumen mengetahui keberadaan bisnis bakso sobat. Kemudian brosur tersebut dibagikan kepada orang yang lewat atau dikirimkan ke rumah calon konsumen.

Lokasi adalah hal yang sangat menentukan sukses dan tidaknya bisnis bakso. Oleh sebab itu, bukalah usaha bakso di lokasi yang strategis misalnya di dekat minimarket, dekat pasar, dekat perbelanjaan, dekat sekolah dll. Karena semakin banyak lalu lintas orang maka semakin baik. Orang yang berlalu lalang bisa menjadi konsumen bakso sobat.

Terakhir teknik jitu untuk memulai usaha bakso yang laku keras dengan cara memberikan program diskon atau pembagian bakso secara gratis pada hari tertentu atau pada orang tertentu. Hal ini membuat mereka mengenal bisnis bakso anda. Demikianlah cara memulai usaha warung bakso sukses. Semoga bermanfaat bagi pembaca.