Minggu, 15 Mei 2016

Tempat Wisata Di Bandung, Kebon Binatang



Tempat Wisata Di Bandung, Kebon Binatang – Saat ini penulis gerah dan geram melihat berita di berbagai media massa bahwa lokasi wisata di kota Bandung yakni kebun binatang Bandung tak terurus dan banyak hewan peliharaan yang mati. Hal ini terlihat pada waktu penulis menjejakkan kaki di kebun binatang kebanggaan orang Bandung ini, para hewan peliharaan tampak kurus, kurang makan.
Tempat Wisata Di Bandung, Kebon Binatang
Tempat Wisata Di Bandung, Kebon Binatang (www.wisatabdg.com)

Walikota Bandung Ridwan hanya menyarankan kebon binatang bandung untuk mencari investor baru. Seharusnya sebagai penguasa negara pemerintahan kota Bandung ia mengambil alih pengelolaan kebon binatang bandung. Sebab selama ini tata kelola kebon binatang sangat buruk. Dimana harus ada pergantian pimpinan kepala tempat wisata kebon binatang yang lebih mampu mengelola aset ini.

Kebon binatang bandung merupakan salah satu tempat wisata kesukaan keluarga. Sarana rekreasi yang mengandung unsur pendidikan. Kalau di kebun binatang Surabaya mereka mendapatkan bantuan dana hibah bulanan dari pemerintah kota Surabaya, sedangkan kebon binatang bandung tidak? Sungguh terlalu.

Modernisasi sedikit sekali digunakan oleh pengelola kebon binatang bandung. Yaitu tidak adanya pedagang asongan yang masuk. Langkah bagus. Kebon hewan ini menjalin kerjasama dengan para pengusaha pemilik bisnis untuk membuka usaha outlet di kebun binatang yang ramai pada hari libur anak sekolah.

Tempat Wisata Di Bandung, Kebon Binatang
Banyak hal yang harus dibenahi oleh pihak pengelola kebon binatang bandung. Masalah kebersihan adalah hal nomor satu. Karena penulis melihat banyak sampah yang berserakan di kandang hewan akibat ulah pengunjung tak bertanggungjawab. Poin kedua, dulu para pengunjung diperbolehkan memberi makanan pada binatang. Sekarang tidak bahkan ada tulisan yang melarang pengunjung untuk memberi makanan pada binatang. Dampaknya apa? Binatang tubuhnya kurus. Padahal langkah tepat adalah memperbolehkan para pengunjung untuk memberi makan hewan dengan syarat membeli makanan binatang pada outlet yang telah ditunjuk. Kalau demikian, pengunjung senang, para binatang bahagia kenyang, pengelola senang untung besar. Dan terakhir kebon binatang bandung harus menerapkan sistem komputerisasi dalam layanannya.

Penulis menyadari faktor utama yang menyebabkan kebon binatang bandung terbengkalai adalah kekurangan dana dan keuangan. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan yaitu mencari modal dana usaha dengan menjalin kerjasama dengan pihak pengusaha, mencari sumber permodalan uang melalui lembaga pemerintah dan swasta. Dan terakhir libatkan KPK.

Pendek kata, jika pihak pengelola kebon binatang bandung yang beralamat di Jalan Tamansari Kota Bandung Dekat ITB tidak sanggup untuk memelihara binatang, disebabkan banyak hewan mati, tidak mempunyai dokter hewan, minim pasokan makanan bagi binatang maka tak usah memelihara hewan tersebut. Kasihan. Rasulullah SAW bersabda seorang perempuan masuk neraka karena mengurung kucing dalam kandang tanpa memberi makan hingga ia mati.

Saya minta kepada teman-teman untuk menshare tulisan ini dengan menekan tombol bagikan di bawah ini melalui facebook, twitter dan google plus sebagai bentuk kepedulian untuk membangun sarana hiburan dan rekreasi yang nyaman dan aman. Tempat Wisata Di Bandung, Kebon Binatang