Rabu, 25 Mei 2016

Pidato Singkat Tentang Pendidikan Terkini



Pidato Singkat Tentang Pendidikan Terkini – Salah satu hal yang sangat membanggakan sekarang ini munculnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sebuah proses pendidikan. Pendidikan merupakan aspek penting dalam sebuah pembentukan karakter manusia. Melalui ini seseorang bisa tumbuh dan berkembang. Namun sayang, pendidikan formal di Indonesia masih bergelut dalam teori tanpa praktek. Sehingga lulusannya hanya bisa berharap mencari pekerjaan di perkantoran maupun pabrik.

Pidato Singkat Tentang Pendidikan Terkini
Pidato Singkat Tentang Pendidikan Terkini (sumber : www.infosukaku.blogspot.com)
Jika sobat mencari pidato singkat mengenai pendidikan maka janganlah asal mencomot sana sini apalagi di internet. Alangkah baik membuat naskah pidato tentang pendidikan original oleh sendiri. Isi dalam pidato pendidikan mengenai betapa pentingnya pendidikan, begitu mahalnya sebuah pendidikan, dan arti pendidikan yang sesungguhnya bukan hanya di sekolah tapi kehidupan nyata.

Kalau diteliti oleh penulis, orang sukses dan kaya raya adalah mereka yang berpendidikan terutama dalam masalah ekonomi dan financial. Kecerdasan financial selalu digembar-gemborkan oleh Robert T Kiyosaki sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang tidak mengajarkan pendidikan financial di sekolah formal. Lalu dari mana sang anak memperoleh pendidikan financial kecuali dari keluarga mereka sendiri.

Pidato Singkat Tentang Pendidikan Terkini
Menurut pengalaman penulis, pendidikan di Indonesia sangat jauh tertinggal dengan Negara lain. Padahal anak-anak Indonesia lebih jenius dan pintar ketimbang dari anak dari Negara lain. Hal ini tak terlepas dari kerja keras dan tabiat orang Indonesia yang pekerja keras, tekun dan pantang menyerah serta sabar dalam keprihatinan.

Pendidikan merupakan salah satu hal yang diamanahkan dalam UUD 1945 untuk diselenggarakan oleh pemerintah secara gratis. Tapi pemerintah Indonesia belum menyanggupi adanya pendidikan gratis. pendidikan gratis dari SD sampai SMP bohong semata. Biaya bangunan, biaya seragam sekolah, biaya buku harus dibeli oleh orangtua murid. Di Negara maju biaya pendidikan bagi rakyatnya sangat gratis dan nol. Bahkan murid yang mau sekolah dapat biaya uang saku. Ketinggalan itu harus dikejar oleh pemerintah Indonesia era Jokowi sekarang.

Namun pendidikan yang tinggi hanya milik orang kaya dan berduit. Orang miskin tidak berhak meneruskan pendidikan ke jenjang tinggi. Memang sih ada beasiswa yang diberikan kepada siswa yang cerdas namun tak mampu. Namun semua itu tidak mencukupi. Guru-guru di Indonesia juga terkadang tidak bisa mendidik diri sendiri. Bagaimana mau mendidik orang lain kalau diri sendiri tidak bisa dididik? Ironis memang.

Pesan penulis kepada para pelajar dan mahasiswa jangan pernah terlena dengan belajar di sekolah formal. Ada yang lebih penting lagi. Yakni belajar lewat kehidupan dan praktek. Sebab seringkali apa yang diajarkan di sekolah formal ilmunya sudah basi. Nah kebanyakan orang sukses bukanlah karena tingkat pendidikan formal yang tinggi. Tapi karena tingkat pendidikan di kehidupan nyata sudah sangat tinggi. Sehingga tak heran banyak orang sukses, pengusaha kaya raya tanpa modal ijazah sekolah dan tanpa mengenyam pendidikan formal.

Itulah renungan dari Pidato Singkat Tentang Pendidikan Terkini