Rabu, 27 Mei 2015

Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan Enceng Gondok



Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan Enceng Gondok - Kerajinan tangan tak bisa lepas dari kreatifitas seseorang. Rasulullah SAW bersabda bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang bisa memberikan manfaat bagi manusia lainnya. Dan orang kreatif adalah salah satu contoh manusia yang sebaik-baik manusia karena ia mampu memberikan manfaat kepada orang lain. Misalnya, sebuah tanaman enceng gondok yang tak berguna justru ditangan orang kreatif mampu menjadi barang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Itulah contoh orang yang sebaik-baik manusia.
 
Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan Enceng Gondok
Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan Enceng Gondok (http://www.becreativeina.blogspot.com)
Hal ini pula yang dilakukan oleh Rafi Hartanto dan sejumlah temannya. Mereka berusaha menjadi sebaik-baik manusia dengan mengolah tanaman enceng gondok menjadi barang kerajinan berguna seperti mobil bemo mainan, lokomotif mainan, kotak tissue, dan barang kerajinan lainnya.

Industri kreatif tumbuh pesat di Indonesia yang lebih banyak didominasi oleh kalangan muda. Seperti halnya Rafi Hartanto yang mampu mengolah tanaman enceng gondok menjadi barang seni kreatif bernilai tinggi. Dan para pembelinya banyak sehingga usaha kerajinan yang dijalaninya sangat menguntungkan dari segi keuangan.

Cara pembuatan kerajinan enceng gondok adalah mengeluarkan isi eceng gondok kemudian mengeringkan kulitnya. Isi enceng gondok juga dapat berguna yaitu isi enceng gondok yang sudah dihancurkan itu lalu dicampurkan dengan lem sehingga bentuknya seperti bubur. Selepas itu cetaklah bubur itu sesuai yang diinginkan. Campuran tersebut dapat berguna untuk membikin berbagai macam barang kerajinan kreatif. Seperti yang dilakukan Geni Art yang membuat tutup lampu dari bubur isi tumbuhan enceng gondok.

Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan Enceng Gondok
Sementara itu, bisnis kerajinan Geni Art dari bahan baku enceng gondok terbilang sukses. Dari hanya sebuah gagasan kreatif mampu menjadi pundi-pundi uang. Produk-produk seni kreatif Geni Art dari Enceng Gondok laris manis dibeli orang. Menurut penuturan pria yang murah senyum ini, penghasilan yang didapat olehnya dari bisnis kerajinan tangannya dari enceng gondok sebesar Rp.8.000.000 per bulan. Hal ini sangat disyukuri oleh Rafi. Karena modal awal untuk memulai usaha kerajinan ini terbilang sangat minim dengan potensi keuntungan yang sangat besar.

Permintaan pasar yang sangat tinggi akan kerajinan tangan dari enceng gondok ini membuat usaha kerajinan Geni Art yang dijalani Rafi semakin berkibar. Dalam satu bulan, pria yang murah senyum ini mampu menghabiskan enceng gondok sebanyak 150 kilogram, 50 kertas daur ulang, dan sepuluh kaleng lem (30 kilogram per kaleng).

Walaupun usahanya telah berhasil dan maju, pria yang dermawan ini tetap mengharapkan supaya bisnis kerajinan kreatif dari enceng gondok yang dikelolanya dapat kian berkembang seiring berjalan waktu. Dengan demikian, Rafi Hartanto berharap dapat berpartisipasi dalam mengurangi jumlah para pengangguran di tanah air tercinta yang saat ini sangat besar.

Berkat usaha kreatif Geni Art, pria yang pekerja keras dan cerdas ini sudah mempunyai sebuah showroom di tempat tinggalnya. Showroom tersebut dipergunakan untuk memajang aneka  kerajinan kreatif yang telah dibuatnya di Geni Art. Tampaklah dari kisah hidup Rafi Hartanto yang nyata, jelaslah apabila anda memiliki sebuah gagasan unik dan kreatif maka wujudkanlah segera gagasan kreatif unik itu ke dalam bentuk produk atau barang berguna yang sesuai anda inginkan. Apabila anda melakukan demikian sama seperti yang dilakukan oleh Rafi maka anda akan meraih keberhasilan kelak. Percayalah. Uang akan melimpah banyak dan datang dengan sendirinya.

Itulah pelajaran hidup dari Rafi Hartanto yang sukses bisnis rumahan kerajinan tangan enceng gondok. Jika ia berhasil maka anda pun pasti lebih bisa. Ikuti jejak langkahnya niscaya keberhasilan menghampiri anda. Tetap semangat! Selamat berbisnis dan semoga sukses selalu menyertai anda! Salam sukses!