Sabtu, 09 Mei 2015

Sukses Bisnis Pisang Goreng Pasir



Sukses Bisnis Pisang Goreng Pasir - Pendidikan tinggi bukanlah jaminan seseorang mendapatkan kesuksesan. Seringkali orang yang hanya berpendidikan rendah bahkan tak pernah mengenyam pendidikan pun bisa meraih yang namanya keberhasilan. Asalkan ia mau bekerja keras, ulet, tekun, dan pantang menyerah. Begitupula yang dialami oleh pria bernama Wildan. Pria yang murah senyum ini sukses berbisnis pisang goreng pasir walaupun berbekal pendidikan setingkat SMA. Wirausahawan yang berhasil ini tinggal menikmati jerih payahnya selama ini.
 
Sukses Bisnis Pisang Goreng Pasir
Sukses Bisnis Pisang Goreng Pasir (http://www.bandung.panduanwisata.id)
Sebelumnya pria yang biasa dipanggil Wildan ini tidak pernah bermimpi jadi pengusaha sukses sekarang ini. Wildan menyadari bekal pendidikannya tidak tinggi tapi hanya pas-pasan setingkat SMA sehingga tidak pernah bermimpi muluk-muluk bahkan bisa berhasil saat kini. Akan tetapi, Allah SWT berkehendak lain. Dengan kerja keras, ulet dan semangat pantang menyerah yang sudah dilakukannya beberapa tahun lalu hingga kini telah membuahkan hasil. Ia telah membalikkan nasib hidupnya yang dulu biasa menjadi luarbiasa.

Pria yang memiliki lima anak ini pada mulanya membuka sebuah gerai ukuran 9 x 10 meter di bawah jembatan jalan tol RC Veteran daerah Bintaro kota Jakarta Selatan. Gerai tersebut Wildan sewa sejak 4 tahun lalu. Modal awal yang dikeluarkan sebesar Rp.75.000.000 dengan gagah berani Wildan mencoba hokkinya berbisnis pisang goreng pasir. Wildan yang berasal dari daerah Lampung memulai berjualan jajanan pasar ini.

Sementara itu, dalam setiap usaha pasti ada kompetitor. Wildan menyadarinya. Dimana di setiap sudut kota di DKI Jakarta sangat mudah dijumpai gerobak yang menjual pisang goreng sebagai makanan jajanan pasar ini. Oleh sebab itu, Wildan berusaha berbeda atau unik dari para pesaingnya tersebut dengan cara melakukan inovasi produk. Produknya itu kemudian diberi nama Pisang Goreng Pasir yang digemari banyak masyarakat. Dinamakan pisang goreng pasir bukan berarti pisang ini digoreng dengan media pasir. Namun disebut pisang goreng pasir karena dalam pisang goreng bikinannya tersebut ada sejumlah butiran kecil berwarna coklat yang sangat menyerupai pasir yang terdapat pada tepung dan menyelimuti  bagian pisang goreng.

Sukses Bisnis Pisang Goreng Pasir
Adapun Wildan merupakan salah seorang pebisnis yang berbakat. Ia menamakan pisang goreng pasir untuk menarik perhatian masyarakat akan jajanan kulinernya. Benar saja. Nama pasir di pisang gorengnya jadi magnet yang ampuh. Adapun ide usaha pisang goreng dimulai dari tahun 2005 dimana kian banyaknya gerai yang menjual pisang goreng di wilayah Bintaro. Pada saat itu yang sangat laris manis adalah pisang goreng pontianak yang sedang populer di masyarakat. Wildan pun mencoba merasakan kelezatan pisang goreng pontianak setelah terlebih dulu mengantre dalam waktu lama. Pria yang dilahirkan di Lampung ini merasa rasa pisang goreng pontianak kurang begitu nikmat, namun bentuk tampilan tepungnya sangat unik.

Berbekal pengalaman itulah, Wildan berniat membuat pisang goreng yang dipunyainya dengan dikreasikan menggunakan rasa berbeda. Selain itu, minyak untuk menggoreng pisang diganti terus menerus setiap 6 jam pemakaian. Hal ini menurut Wildan bertujuan supaya tampilan pisang goreng lebih bersih dan sengaja tak memakai minyak yang mengandung kolesterol tinggi. Adapun jenis pisang yang dipakai oleh Wildan yaitu pisang yang berasal dari Lampung sebab stok pisang di Lampung lumayan banyak dengan kualitas pisang yang bagus tak kalah dengan jenis pisang pontianak.

Setelah melalui serangkaian percobaan dan proses inovasi akhirnya terciptalah pisang goreng pasir buatan Wildan. Pada hari pertama jualan, Wildan mampu menjual pisang goreng pasir sebanyak 500 buah. Seperti sudah disebutkan di atas, hal itu tak terlepas dari kata pasir yang membikin orang semakin heran dan penasaran untuk mencoba kuliner ini. Dengan rasa lezat dan nikmat membuat pisang goreng pasir laris manis di pasaran. Pada akhirnya Wildan sukses bisnis pisang goreng pasir.