Rabu, 27 Mei 2015

Sukses Bisnis Kerajinan Unik Dari Enceng Gondok



Sukses Bisnis Kerajinan Unik Dari Enceng Gondok - Pada artikel sebelumnya, Sukses Usaha Kerajinan Dari Enceng Gondok, Rafi berhasil membuat barang berguna dari tanaman Enceng Gondok. Kemudian produk buatannya tersebut sangat diminati dan disukai banyak orang. Sehingga hasil kerajinannya dibeli banyak orang hingga habis. Usahanya semakin berkembang dan maju.
 
Sukses Bisnis Kerajinan Unik Dari Enceng Gondok
Sukses Bisnis Kerajinan Unik Dari Enceng Gondok (http://www.indo-art.com)
Adapun untuk mengembangkan bisnisnya, pria yang tampan ini tidak merasa kesulitan baik dalam permodalan maupun pemasaran. Bahkan menurutnya, sekarang ini sudah ada sebuah lembaga perbankan nasional yang bersedia memberikan dana usaha dalam jumlah besar untuk mengembangkan bisnis kreatif kerajinan enceng gondok yang dimiliki Rafi Hartono. Lembaga perbankan yang dimaksud Rafi Hartono yaitu Bank Mandiri yang komitmen dalam pemberdayaan masyarakat.

Rafi tidak merasa kesulitan jika ia harus meminjam modal usaha. Karena banyak bank yang mempercayai pada usaha kerajinan kreatif dari eceng gondok. Begitupula dalam aspek bahan baku. Pria yang mudah bergaul ini tidak mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan baku kerajinan buatannya yaitu enceng gondok. Tumbuhan rawa ini gampang didapatkannya disebabkan rumah Rafi sangat dekat dengan daerah rawa-rawa yang terkenal dengan tempat tumbuh enceng gondok. Enceng gondok pun selalu melimpah di rawa-rawa tersebut.

Sukses Bisnis Kerajinan Unik Dari Enceng Gondok
Bisa saja pria pekerja keras ini mencari dan mengambil sendiri enceng gondok dari rawa tersebut, hal yang dilakukannya sebelum usaha kerajinannya berhasil. Namun seiring berjalan waktu, kini Rafi Hartono ingin lebih memberdayakan dan berbagi dengan masyarakat. Oleh sebab itu, untuk mencukupi keperluan usahanya, saat ini dalam mencari dan mengambil enceng gondok dikerahkanlah warga masyarakat sekitar. Mereka biasanya menjual enceng gondok kering kepada Rafi Hartono dengan harga Rp.3500 per kilogram. Adapun enceng gondok basah dihargai Rp.1500 per kilogram.

Tampaklah enceng gondok kering lebih sedikit mahal dibanding enceng gondok basah. Karena supaya enceng gondok dapat digunakan maka ia mesti dikeringkan terlebih dahulu sehingga benar-benar kering. Enceng gondok yang dalam keadaan kering itulah baru bisa dipergunakan. Sedangkan apabila anda mau tumbuhan enceng gondok memiliki bentuk lembaran, yang harus dilakukan seperti berikut : Kupas tumbuhan enceng gondok lalu buang isinya. Lalu jemurlah di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering kira-kira selama tiga hari.

Proses pengeringan tidak sembarangan. Jangan pernah sampai tumbuhan eceng gondok bersentuhan dengan media tanah sedikitpun sebab akan memunculkan jamur pada enceng gondok itu sendiri. Kalah telah demikian, biasanya enceng gondok sudah tak bisa digunakan kembali. 

Demikianlah kisah sukses bisnis kerajinan unik dari enceng gondok yang dikelola oleh Rafi Hartono. Semoga bisa menjadi inspirasi dan teladan dalam usaha. Untuk kelanjutan ceritanya yang lebih seru, terus simak blog cari peluang usaha baru blogspot.com. Tetaplah tersenyum dan tetaplah semangat, semoga anda sukses!