Minggu, 24 Mei 2015

Kisah Sukses Berbisnis Donat



Kisah Sukses Berbisnis Donat - Siapa yang tak mengenal jenis penganan ini? Tentu semua orang mengenalnya sebagai jajanan pasar dan makanan kesukaan mereka. Bentuknya yang bundar dengan bolong di tengah merupakan ciri khasnya. Banyak sekali bentuk dan rasa dari donat sekarang ini. Donat bukan hanya bolong di tengah tapi kini banyak donat yang berbentuk segi empat dengan tanpa bolong. Atau sekarang muncul donat dengan angka delapan. Berbagai inovasi bentuk donat membuat penganan ini semakin digemari oleh berbagai kalangan tanpa memandang umur atau usia.
 
Kisah Sukses Berbisnis Donat
Kisah Sukses Berbisnis Donat (http://www.masteresep.com)
Banyak sekali resep pembuatan donat yang bisa ditemui di internet maupun dari para pelaku usaha sendiri. Penulis sendiri termasuk menguasai dalam cara pembuatan donat. Ada adonan donat yang dicampur dengan kentang sehingga bentuknya empuk dan enak dimakan. Adapula adonan donat yang dicampur madu sehingga rasanya manis bercita rasa madu. Kemudian ada adonan donat yang dibubuhi ubi yang disebut donat ubi. Dan ada juga donat natural yakni adonan donat yang asli tanpa campuran lainnya.

Sekarang sangat mudah ditemui di pinggir jalan para penjual kue donat ataupun dalam bentuk usaha rumahan. Harga yang ditawarkan bervariasi antara Rp.500 hingga Rp.2000. Salah satu yang terjun ke dalam bisnis kue donat adalah Utami. Adapun harga donat perbiji yang ditawarkan wanita cantik ini sebesar Rp.500. Harga yang sangat murah tapi dengan kualitas yang baik. Sehingga laris manis diburu para pembeli.

Kisah Sukses Berbisnis Donat
Seperti dikisahkan dalam artikel sebelumnya berjudul Usaha Donat Kampung Untung Besar, rasa donat buatan Utami dikenal di dalam negeri dan di luarnegeri. Hal itu membuat salah seorang investor asal negeri Malaysia membeli resep donat darinya. Selain itu, pengusaha Malaysia itu membuka gerai donat dengan nama Nash Donut berbekal resep donat dari wanita berkulit putih ini. Bukan hanya itu, ia pun tak tanggung-tanggung membeli tepung kue donat dari wanita murah senyum ini. Sehingga keuntungan yang didapatnya berlipat-lipat ganda.

Selain menjual tepung donat ke pengusaha luar negeri tepatnya Malaysia, Utami juga menjual tepung kue donat ke pengusaha dalam negeri dan kalangan masyarakat umum. Sedangkan harga tepung kue donat per 1,5 kilogram sebesar Rp.50 ribu hingga Rp.200 ribu.

Utami menyadari para pengusaha sukses yang berasal dari Malaysia yang membeli resep donat darinya mereka berhasil besar dalam berjualan donat lantaran menguasai pemasaran dan marketing donat. Oleh sebab itu, Utami sebanyak-banyaknya menimba ilmu dari mereka mengenai cara pemasaran donat yang baik dan bagus. Utami sangat sadar akan pentingnya aspek pemasaran kue donat dalam mendongkrak keuntungan dan supaya bisnis donat yang dimilikinya semakin membesar. Secara perlahan-lahan, Utami memperbaiki sistem marketing dan pemasaran serta sistem operasional bisnis kue donatnya mengikuti gaya manajemen pengusaha Malaysia yang sukses tersebut.

Hasil dari pembenahan tersebut membuahkan hasil yang menggembirakan. Usaha kue donatnya semakin berkembang. Dimana gerai donatnya semakin bertambah banyak. Yang menjadi harapannya, ia berkeinginan supaya kue donat bikinannya bisa naik kelas ke level yang lebih berkelas dan lebih bergengsi. Cita-cita tersebut diwujudkan dengan membuat kue donat lainnya yang berkualitas premium yang dijual dengan harga sebesar Rp.4 ribu per biji. Kemudian kemasan dan logo donat premium, Utami bikin dengan kualitas standar yang jauh lebih baik dari biasanya.

Itulah kisah sukses berbisnis donat yang berhasil dijalankan oleh Utami. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua.