Sabtu, 30 Mei 2015

Cara Honda Sukses Bisnis Otomotif



Cara Honda Sukses Bisnis Otomotif  - Pada kesempatan kali ini, penulis ingin menulis mengenai cara Saichiro Honda sehingga bisa sukses dalam dunia otomotif. Sebelumnya dalam artikel terdahulu diceritakan bahwa Honda menjual pabrik pembuatan ring pistonsnya ke pihak Toyota. Lalu ia mengalami kegagalan dalam beberapa usaha berbeda yang dilakukannya. Secara tak terduga, ketika ia memasang motor pada sepedanya membuat banyak tetangganya tertarik untuk membelinya. Mereka pun memesan sepeda motor buatan Saichiro Honda sehingga pria yang ramah ini pun kehabisan stok dan membangun pabrik pembuatan motor.
 
Cara Honda Sukses Bisnis Otomotif
Cara Honda Sukses Bisnis Otomotif  (http://www.automobiles.honda.com)
Sejak saat itu, keberuntungan demi keberuntungan menghampiri pria berotak encer ini. Produk sepeda motornya laris manis di dalam negeri maupun luarnegeri. Selanjutnya muncul juga produk mobil buatan Honda. Sepeda motor maupun mobil buatan pria kalem ini laris manis di pasaran dunia sehingga merajai jalanan di berbagai kota besar di seluruh dunia. Keberhasilan Soichiro Honda dalam bisnis otomotif sebenarnya bisa dipelajari mengenai kiat-kiat kesuksesannya.

Kepada para generasi muda yang ingin memulai sebuah bisnis dan sukses seperti dirinya, Soichiro Honda berpesan jangan pernah mereka hanya melihat kesuksesan-kesuksesan saya dalam menekuni industri bisnis otomotif. Melainkan mereka itu harus juga melihat kegagalan-kegagalan yang saya alami. Sebab keberhasilan saya selama ini sebanyak 1 persen. Sedangkan kegagalan-kegagalan saya sebanyak 99 persen sebelumnya. Lihatlah kegagalan saya bukan kesuksesannya.

Cara Honda Sukses Bisnis Otomotif
Soichiro Honda berpesan mengenai kiat sukses selanjutnya, yaitu pada saat generasi muda mengalami sebuah kegagalan maka saat itu mulailah untuk bermimpi. Dengan cara bermimpi mimpi yang baru. Itulah pesan dari Saichiro Honda yang di usia ke-84 telah meninggal dunia di Rumah Sakit Juntendo setelah bertahun-tahun melawan penyakit lever. Pesan yang masih tergaung-gaung dalam telinga banyak orang mengenai pesan kesuksesannya adalah "Lihatlah kegagalan yang saya alami, bukan kesuksesannya".

Dari kisah nyata Saichiro Honda ini dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya untuk meraih sebuah keberhasilan dalam sebuah usaha bisa didapatkan dengan modal uang alakadarnya dan berasal dari lingkungan keluarga yang terbatas secara ekonomi, selain itu, tak harus pintar di lingkungan sekolah. Hal ini dibuktikan oleh Honda.

 Berikut ini point penting kiat kesuksesan Saichiro Honda selama ini, antara lain :

1. Senantiasa berambisi dan selalu berjiwa muda.
2. Senantiasa menemukan ide baru yang brilian, menghargai teori-teori yang baik dan sehat, dan mengkhususkan waktu untuk memperbaiki produksi
3. Menyenangi pekerjaan yang dilakukan dan usahakan menciptakan suasana kerja yang nyaman sekali
4. Senantiasa mengingat pentingnya sebuah kerjasama dan penelitian. Dimana ia membuka beberapa cabang usaha otomotif di seluruh dunia
5. Mencari irama kerja yang harmonis dan lancar.

Demikianlah cara Honda sukses bisnis otomotif. Semoga para pembaca terinspirasi atas kisah nyata seorang kaya raya dari bisnis otomotif.