Sabtu, 30 Mei 2015

Soichiro Honda Sukses Membangun Bisnis Otomotif



Soichiro Honda Sukses Membangun Bisnis Otomotif - Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan sangat istimewa. Sebelum manusia diciptakan telah ditentukan waktu ajalnya, rejekinya, jodohnya, kelebihan dan kekurangannya dan lain-lain. Jadi Allah SWT menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, manusia hendaknya hanya berfokus pada kelebihannya itu untuk memberdayakan dan memaksimalkan potensi seoptimal mungkin.
 
Soichiro Honda Sukses Membangun Bisnis Otomotif
Soichiro Honda Sukses Membangun Bisnis Otomotif  (http://www.bk3sjatim.org)


Begitupula halnya yang dlakukan oleh Soichiro Honda. Ia mempunyai kelemahan fisik yang lemah dan berasal dari keluarga yang kekurangan. Namun, kekurangan itu tidak membuat ia putus asa dan pesimis. Alih-alih berfokus pada kekurangannya justeru pria yang baik hati ini berfokus pada kelebihan yang dimilikinya yakni memiliki otak jenius dan cerdas serta otak kreatif dalam bidang permesinan.

Pada waktu itu, jari-jari atau ruji kendaraan bermotor seperti mobil masih menggunakan kayu yang tak bagus untuk meredam goncangan. Kemudian pria yang ramah ini memiliki sebuah ide untuk mengganti jari-jari itu dengan bahan logam sehingga sangat baik dan kuat dalam meredam goncangan. Setelah diujicoba oleh Soichiro Honda ternyata hasil percobaannya luarbiasa. Pemakaian jari-jari terbuat dari logam terbukti memperkuat mobil dan sangat baik meredam goncangan. Lalu Soichiro Honda menjual jari-jari mobil dari logam ke pasaran. Dan pasar menerima positif kehadiran produk baru yang inovatif berupa jari-jari mobil dari logam buatan Soichiro Honda. Produk tersebut laris manis dibeli banyak orang di negara Jepang. Kemudian, produknya tersebut di ekspor ke berbagai negara di dunia. Dan sama  seperti di Jepang, produknya tersebut laku keras.

Soichiro Honda Sukses Membangun Bisnis Otomotif
Pada umur 30 tahun, pria yang suka bekerja keras ini mendapatkan hak patennya untuk pertama kalinya. Kemudian ia berkeinginan kuat mengundurkan diri dari bekerja di perusahaan tempat ia bekerja. Dan Soichiro Honda memilih untuk membuka usaha bengkel mesin otomotif sendiri. Akhirnya, ia pun mulai berpikir memilah dan memilih jenis spesialisasi yang akan dipilihnya. Dengan cermat, ia memutuskan spesialisasi pada pembikinan Ring Pinston. Pada tahun 1983, Ring Pinston diproduksi oleh bengkelnya sendiri. Namun setelah dipasarkan pihak perusahaan Toyota menolak produk buatannya tersebut. Disebabkan bentuknya tak bisa memenuhi standar yang ada. Dimana Ring Pinston bikinannya tak lentur sehingga tak laku dijual di pasaran. Kegagalan dialami oleh Soichiro Honda. Namun ia tak putus asa dan tak menyerah.

Kegagalan yang dialami Soichiro Honda mendapatkan reaksi-reaksi berbeda-beda dari sejumlah temannya. Sebagian besar temannya di bengkel perusahaan tempat ia bekerja dulu menyesalkan Honda keluar dari pekerjaannya dari bengkel itu. Disebabkan mendapatkan kegagalan besar tersebut, pria yang berkulit putih ini akhirnya jatuh sakit dalam keadaan yang sangat serius. Namun perlahan-lahan dalam waktu 2 bulan, kesehatannya kembali membaik. Ia bisa beraktifitas sebagaimana biasa. Soichiro Honda memimpin kembali dalam mengembangkan dan membesarkan usaha bengkelnya tersebut. Ia yakin bisnisnya akan mengalami kemajuan dan berkembang di saat mendatang.

Demikianlah seorang tokoh populer Soichiro Honda sukses membangun bisnis otomotif. Untuk kisah berikutnya mengenai jejak perjalanannya simak artikel berikutnya berjudul Tokoh Sukses Populer Soichiro Honda. Semoga menginspirasi dan sukses bagi pembaca!