Sabtu, 30 Mei 2015

Kisah Sukses Soichiro Honda Tokoh Otomotif



Kisah Sukses Soichiro Honda Tokoh Otomotif - Kesuksesan sangat susah didapatkan. Ia tidaklah didapat dengan mudah dan berleha-leha. Namun sukses harus diraih dengan kerja keras, ulet dan sikap pantang menyerah. Walaupun kegagalan demi kegagalan di dapat, mereka tidak pernah menyerah dan putus asa. Melainkan mereka tetap bangkit mewujudkan mimpinya tersebut hingga berhasil. Hal itulah yang dilakukan oleh Soichiro Honda yang sukses dalam dunia bisnis otomotif.
 
Kisah Sukses Soichiro Honda Tokoh Otomotif
Kisah Sukses Soichiro Honda Tokoh Otomotif (http://www.arinanikitina.com)
Seperti telah diceritakan sebelumnya dalam artikel berjudul Tokoh Sukses Populer Soichiro Honda bahwa Honda mengalami beberapa kali kegagalan dalam membangun pabriknya sendiri. Dimana pihak negara Jepang tidak memberikannya modal usaha. Lalu modal uang yang dikumpulkan dari kelompok orang kaya raya itu berhasil membangun sebuah pabrik idamannya. Namun sejak meletus perang dunia kedua, pabrik ring piston milik Honda hancur luluh lantak terbakar sebanyak dua kali.

Honda tak ingin bersedih hati merenung nasib. Kegagalan demi kegagalan sudah biasa ia temui. Dan ia tidak mau menyerah. Oleh sebab itu, pria yang murah senyum ini mengumpulkan semua karyawannya dan menyuruhnya untuk mencari dan mengambil kaleng-kaleng sisa bensol yang dibuang oleh kapal- kapal perang negeri paman sam untuk bahan membangun kembali pabrik yang telah porak poranda. Setelah pabrik berdiri kembali dengan kuat, kebahagiaan Soichiro Honda tak berlangsung lama sebab tiba-tiba terjadi gempa bumi yang meluluh lantakkan bangunan pabriknya.

Kisah Sukses Soichiro Honda Tokoh Otomotif
Apa yang dilakukannya setelah kejadian itu? Saichiro Honda memutuskan untuk menjual pabrik pembuatan ring pinstons miliknya kepada pihak Toyota. Pria yang menyukai bidang mesin ini mencoba menjalankan sejumlah bisnis yang lainnya. Namun, sekali lagi semuanya mengalami kegagalan.

Pada tahun 1947 tepatnya usai perang dunia kedua berakhir, negara Jepang mengalami kekurangan bahan bakar bensin. Di sisi lain, kondisi perekonomian negara Jepang telah hancur lebur. Hal ini berdampak pada warga masyarakat Jepang yang mengalami kesulitan untuk membeli barang kebutuhan pokok. Itu pula yang dialami oleh Honda yang mengalami kesulitan dalam soal ekonomi. Dimana ia dengan terpaksa menjual mobil satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok sehari-hari bagi keluarga tercinta. Namun sayang mobil yang dijualnya tidak laku dibeli orang karena kesulitan yang sama.

Akhirnya, Soichiro Honda dalam kondisi yang sangat mendesak tiba-tiba memasang sebuah motor kecil pada sepedanya. Sepedanya pun bisa berjalan tanpa dikayuh hanya digerakkan dengan motor tersebut sehingga disebut sepeda motor. Orang-orang yakni tetangga yang melihat buatan Honda tersebut sangat tertarik dengan sepeda itu. Mereka berminat membeli sepeda itu. Kemudian mereka berduyun-duyun memesan dan membeli sepeda itu kepada Soichiro Honda. Karena para pembeli ramai sekali membeli sepeda buatannya membuat pria yang pekerja keras ini kehabisan stok barang. Nah sepeda inilah yang menjadi cikal bakal munculnya mobil dan sepeda motor Honda sekarang ini. Lalu atas inisiatif sendiri, pria yang menyukai dunia otomotif ini memulai membangun pabrik motor. Sejak saat itu, keberhasilan demi keberhasilan selalu menghampiri dirinya. Sepeda motor Honda laris manis dibeli banyak orang di seluruh dunia. Disusul kemudian mobil Honda diminati orang banyak di berbagai dunia sehingga jadi raja jalanan di sejumlah negara di dunia termasuk di Indonesia tercinta.

Dari kisah di atas dapat ditarik kesimpulan bahwasanya ternyata kesulitan membawa keuntungan tersendiri. Disana ada hikmah yang dapat diambil oleh orang cerdas dan cermat melihat peluang usaha. Itulah kisah sukses Soichiro Honda tokoh otomotif. Semoga bermanfaat.