Jumat, 15 Mei 2015

Sukses Usaha Beternak Ayam Broiler



Sukses Usaha Beternak Ayam Broiler - Usaha beternak ayam broiler merupakan usaha yang cocok dijalankan di wilayah pedesaan karena lahannya yang masih sangat terbuka dan luas. Jika usaha beternak ayam dilakukan di sekitar perumahan yang padat penduduk justeru akan mengganggu kesehatan dan pernafasan dari orang sekitar. Sehingga usaha beternak ayam broiler seringkali dijalankan di daerah pedesaan. Seperti halnya di kampung penulis yakni Jingkang dan Tanjungkerta daerah Sumedang. Bahkan mertua penulis sendiri merupakan seorang pegawai dari sebuah peternakan ayam broiler di daerah jingkang.
 
Sukses Usaha Beternak Ayam Broiler
Sukses Usaha Beternak Ayam Broiler (http://www.tipswirausaha.com)
Kebutuhan masyarakat Indonesia akan daging ayam terbilang sangat tinggi. Namun kebutuhan itu tidak dapat dipenuhi karena pasokan daging ayam yang sangat terbatas dari peternak ayam. Sehingga usaha beternak ayam broiler merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan sekali karena pangsa pasarnya yang luas dan masih terbuka lebar. Permintaan akan daging ayam broiler meningkat pesat ketika hari raya lebaran dan hari raya besar lainnya.

Peluang emas inilah yang dilihat oleh pria bernama lengkap Agus Suhendar. Untuk menambah penghasilannya, pria ulet ini mencoba membuka usaha beternak ayam broiler. Namun kendala dan rintangan akan selalu ada dalam menjalani sebuah usaha. Hal itulah yang dirasakan pria yang akrab disapa Agus ini. Kendala yang sering dialaminya adalah harga pakan ayam sapronak yang terus mengalami kenaikan namun dengan kualitas yang justeru menurun. Atas kendala itulah, ia mulai melakukan berbagai upaya seperti mencari pakan ayam alternatif, meningkatkan sistem manajemen ayam, dan memberikan obat bagi ayam untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas dan performa ayam.

Sukses Usaha Beternak Ayam Broiler
Selain itu, hal yang dilakukannya untuk memaksimalkan pertumbuhan ayam broilernya, pria yang berasal dari Kecamatan Kemang Bogor Propinsi Jawa Barat ini memakai suatu jenis produk yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ayam secara optimal yaitu obat probiotik yang disarankan oleh dokter unggas. Hasilnya menunjukkan tanda yang menggembirakan, ayam broilernya mencapai bobot 500 gram dengan produk FCR 1,097. Sedangkan ayam broiler yang tak memakai produk obat ini maka berat badannya hanya sekitar 460 gram. Pada usia 21 hari, ayam broiler mencapai bobot sekitar 920 gram. Obat tersebut bernama zipromax yang mampu membuat ayam broiler tumbuh dengan pesat, sehat dan sangat berbeda dengan ayam yang memakai produk obat lain.

Ternyata usaha beternak ayam broiler itu susah-susah mudah. Hal itu dialami oleh Agus Suhendar. Kegagalan usaha ia alami saat pertama kali membuka usaha peternakan ayam. Tapi kini berbekal pengalaman dan ilmu dari tim dokter unggas, dirinya mampu menjadi peternak ayam broiler yang sukses.

Demikian saja yang bisa penulis sampaikan mengenai kisah sukses usaha beternak ayam broiler. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca khususnya yang ingin menerjuni usaha beternak ayam broiler. Bahwa beternak ayam broiler perlu ketelatenan dan obat yang memadai agar ayam tumbuh sehat dan maksimal berat badannya.