Jumat, 15 Mei 2015

Sukses Bisnis Pempek


Sukses Bisnis Pempek - Pempek merupakan salah satu makanan khas daerah Palembang. Jenis makanan ini sangat digemari berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa. Sehingga di berbagai daerah di tanah air sangat mudah didapati para pedagang yang menjual pempek khas palembang yang biasanya berasal dari Palembang. Keuntungan yang lumayan tinggi mereka dapatkan dari usaha ini.
Sukses Bisnis Pempek
Sukses Bisnis Pempek (http://www.tokopempek.com)

Hal itu pula yang dilakukan oleh pria bernama Solihin. Pria yang rajin beribadah ini mampu melihat peluang pasar yang masih terbuka lebar bagi usaha pempek. Dengan tanpa modal uang yang dimilikinya, ia menjual pempek menggunakan gerobak dorong berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya, dari satu kampung ke kampung lainnya, dan dari satu sekolah ke sekolah lainnya.Hal itu ia lakukan setiap harinya tanpa kenal capek dan lelah demi menghidupi anak dan isteri tercintanya.

Solihin hanyalah pekerja biasa yang ikut menjualkan produk pempek buatan orang lain tepatnya Pak Yos. Akalnya berpikir, pemilik usaha pempek tempat Solihin bekerja hanya tinggal duduk dii rumah menunggu setoran dan kaya raya dengan membuka bisnis pempek. Lalu kenapa saya tidak melakukan hal demikian. Itulah yang terlintas dalam pikiran Solihin. Akhirnya, pria yang murah senyum ini mengumpulkan sejumlah uang untuk membikin gerobak yang akan dipergunakan untuk menjual pempek kepunyaannya. Setelah gerobak miliknya berhasil dibuat, Solihin memutuskan berhenti dari tempatnya bekerja (Pak Yos) dan lebih memilih berwiraswasta.

Sementara itu, bermodalkan nekat, pada akhir tahun 2000 pria yang ulet ini pergi menuju ibukota Jakarta untuk mencari peruntungan berjualan pempek. Kendala dan rintangan ia hadapi saat berada di kota Jakarta seperti kesulitan mendapatkan tempat tinggal yang layak hingga wilayah yang hendak dijadikan tempat membuka usaha pempek senantiasa ada hambatan yang menerjangnya.

Secara tak sengaja, Solihin berjumpa dengan salah seorang kerabat dekatnya di kampung halamannya yang berjualan gorengan di kota Jakarta. Berkat salah seorang kerabat inilah, Solihin bisa mendapatkan sebuah tempat tinggal kontrakan yang sangat kecil. Dan di sekitar tempat kontrakan inilah, pria yang supel ini membuka usaha pempek menggunakan gerobak dorong yang ia buat sendiri.

Sukses Bisnis Pempek
Setiap hari Solihin mendorong gerobaknya menjajakan pempek dari satu tempat ke tempat lain, dari satu perkampungan ke perkampungan lain hingga ia pernah nyasar ke sebuah tempat yang ia tidak kenali sama sekali. Sejak saat itu, ia mengalami kerugian karena jualannya masih menumpuk banyak. Atas kejadian itu, timbullah niat Solihin untuk berjualan pempek dengan cara menetap di suatu tempat. Ia pun memilih tempat membuka usaha pempeknya di tempat strategis dan tempat berkumpulnya orang-orang komunitas tertentu. Tanpa diperkirakan sebelumnya, ternyata usaha pempeknya laris manis diserbu para pembeli.

Kemudian, melihat usaha pempeknya berjalan lancar dan menguntungkan sekali, pada akhirnya Solihin berencana membikin sebuah gerobak baru untuk berjualan pempek sebagai strateginya dalam memperluas jaringan usahanya di kota Jakarta. Pria yang murah senyum ini mengalami kesulitan dalam mencari karyawan barunya untuk mengelola bisnis pempek di tempat baru.

Suatu hari ada seorang pria yang mendekatinya dan setelah bicara lebih lanjut ternyata pria itu meminta bantuan Solihin agar ia bisa bekerja dengannya sebagai karyawan di tempat usahanya yang menetap. Pria yang cerdas dan cekatan ini secara spontan menolaknya. Namun Solihin menawarkan kepada pria tersebut untuk menjual pempek buatannya memakai gerobak dorong secara berkeliling dengan persyaratan harus tinggal bersamanya di sebuah rumah kontrakan tersebut. Pria itu menolak tawaran Solihin mentah-mentah. Karena ia memiliki rumah dan tak ingin tinggal bersama Solihin. Kemudian Solihin meminta untuk diantarkan ke tempat tinggalnya. Sesampai di rumah orang tersebut, pria yang pekerja keras ini tersenyum dan menganggap layak dan sangat memadai tempat tinggal orang itu dijadikan tempat membuka usaha pempek buatannya. Pada akhirnya bertambahlah cabang penjualan pempek miliknya.

Dua tahun kemudian, Pria yang sopan ini telah memiliki 17 gerobak pempek dan berencana memiliki sebuah rumah idaman. Selain itu, Solihin ingin memperluas lagi pangsa pasar usaha pempek dengan menerima pesanan catering. Oleh sebab itu, setiap hari ia rajin menjalin dan menambah relasi baru untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Kesuksesan yang diraih pria baik hati ini tidak diperoleh dengan mudah. Berbekal kemauan yang kuat, bekerja keras, kegigihan yang besar dalam berusaha sehingga dapat mewujudkan yang namanya kesuksesan dalam sebuah usaha pempek. Hal-hal positif (kerja keras, gigih dan kemauan kuat) itulah menurutnya yang tidak akan pernah pudar dalam hidupnya. Berkat sikap positif tersebut ia mampu sukses bisnis pempek.