Senin, 11 Mei 2015

Kisah Keberhasilan Bisnis Kue Pukis



Kisah Keberhasilan Bisnis Kue Pukis - Keberhasilan memang mudah diucapkan namun sulit didapatkan dan butuh perjuangan untuk meraihnya. Begitupula dalam berbisnis kue pukis tidaklah gampang. Agar bisnis kue ini sukses memerlukan perjuangan, kerja keras, ulet dan sabar serta rajin berdoa kepada Allah SWT. Itulah prinsip dan telah dijalani oleh pria yang murah senyum bernama Pak Kuat. Pria ini telah melintasi berbagai kota besar di tanah air hanya untuk berjualan kue pukis. Seperti menetap di kota Jakarta, Surabaya, Banjarmasin dan Yogyakarta. Namun pilihan pria yang berasal dari Gombong Kebumen propinsi Jawa Tengah ini lebih tertarik menetap di kota gudeg Yogyakarta dengan beberapa alasan. Benar saja. Di kota inilah kesuksesan bisnis kue pukisnya melesat dengan sangat pesat sehingga mampu menafkahi seorang isteri dan anak-anaknya serta menggaji empat orang karyawannya.
 
Kisah Keberhasilan Bisnis Kue Pukis
Kisah Keberhasilan Bisnis Kue Pukis (http://www.dapuranda.com)
Sementara itu, untuk membuat kue pukis yang umum tidaklah sulit. Di majalah-majalah resep masakan di pinggir jalan raya maupun di buku-buku masakan banyak dijumpai cara pembuatan kue ini. Bahkan bisa mencari resep kue pukis melalui searching di mbah google. Cara pembikinan kue ini sangat mudah. Begitupula bahan baku untuk membuat penganan ini mudah didapatkan.

Inilah bahan baku pembuatan kue pukis antara lain telur ayam, tepung terigu, kelapa, essence, gula pasir, soda kue dan fermipan. Adapun alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan kue ini sangat simple dan sederhana adalah ember, kompor, cetakan, gayung dan teko. Langkah-langkah pembuatannya yaitu pertama parud kelapa lalu ambil santan kelapa. Kedua, santan kelapa campurkan dengan tepung terigu. Ketiga, telur dan gula dikocok-kocok hingga gula menjadi larut. Keempat, masukkan campuran terigu dan santan ke dalam campuran telur dan gula. Lalu kelima, tambahkanlah soda kue dan fermipan. Keenam, adonan tersebut disimpan di dalam ember lalu tutup dengan kain yang basah. Diamkanlah adonan itu selama enam jam lamanya hingga mengembang. Setelah itu, adonan pun sudah siap untuk dicetak dalam cetakan dengan cara dipanggang. Mudah bukan?!

Kisah Keberhasilan Bisnis Kue Pukis
Ditemui di tempat usahanya, Pak Kuat menyatakan hambatan yang kerap dialaminya ialah adonan kue yang kadang tak mengembang secara sempurna. Untuk menghindari terjadi hal seperti itu, Pak Kuat menyiasatinya dengan cara meneteskan air buah nanas sekitar sepuluh tetes ke dalam adonan kue. Adapun perbandingan yang bagus dari bahan baku pembuatan kue pukis yaitu 1 kg gula, 1 kg kelapa, 2 kg tepung terigu dan 3 butir telur.

Sekarang ini karena usahanya semakin berkembang pesat, dalam sehari Pak Kuat sanggup menghabiskan dua puluh empat kilogram tepung terigu. 150 kue pukis dihasilkan dari setiap dua kilogram tepung terigu. Adapun Pak Kuat mengemas sepuluh buah kue pukis dalam setiap kemasannya, dengan harga Rp.4000 sampai Rp.5000 untuk perbungkus. Untuk omzetnya  bisa mencapai Rp.500 ribu hingga Rp.1,5 juta perhari. Lumayan bukan?!

Pak Kuat menyadari kesuksesan usaha kue pukisnya tak terlepas dari dukungan istri dan para karyawannya. Dalam menjalankan usaha ini, ia telah dibantu oleh isteri tercinta dan empat orang karyawannya yang semuanya bagian pemasaran. Pemasaran kue pukisnya telah menyebar di beberapa wilayah pasar lebih tepatnya ada empat pasar yaitu yang berada di daerah Jogyakarta Utara.

Adapun sistem yang dipakai dalam penjualan kue pukisnya adalah sistem paket. Setiap paket berisi 150 kue pukis dengan harga Rp.46.000. Alhamdulillah kue pukisnya selalu laris manis diserbu para pelanggan setiap harinya terutama ibu-ibu yang suka belanja di pasar. Namun hambatan dalam bisnis kue pukis yaitu pada saat musim hujan dimana penjualannya selalu turun disebabkan jarangnya orang yang belanja di pasar tradisional.

Untuk mengembangkan usahanya, Pak Kuat berencana memperluas pangsa pasar kue pukis dengan cara dititipkan di sejumlah instansi, kost-kostan, warung, toko, dan tempat lain sebagainya. Itulah kisah keberhasilan bisnis kue pukis dari Pak Kuat. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.