Sabtu, 16 Mei 2015

Sukses Bisnis Pendidikan Primagama



Sukses Bisnis Pendidikan Primagama - Siapa orang yang tidak mengenal Purdi E Chandra? Sebagian besar orang pasti mengenalnya. Dialah orang yang berhasil di dunia bisnis pendidikan dengan mengembangkan Primagama menjadi salah satu lembaga pendidikan yang cukup terkenal di tanah air dan diminati para pelajar yang sedang menuntut ilmu di sekolah-sekolah. Namun, dibalik keberhasilan pria yang ramah ini, ternyata Purdi E Chandra merupakan seorang yang tidak pernah lulus kuliah.
 
Sukses Bisnis Pendidikan Primagama
Sukses Bisnis Pendidikan Primagama (http://www.creditcard-revolution.com)
Di akhir tahun 1981, Purdi E Chandra merasakan ketidakpuasan dalam sistem kuliah dan pola pengajaran di kampusnya dimana pola pengajaran kuliah yang diberikan terasa membosankan dan membuatnya jenuh. Disebabkan hal tersebut, secara nekad pria yang sopan ini memutuskan meninggalkan masa pendidikannya di kampus. Ia berpikir untuk memilih menjalani kehidupan berbisnis. Baginya gagal memperoleh gelar sarjana bukan berarti berakhir segala-galanya tapi justeru itu merupakan langkah awal meraih cita-cita yang lebih besar lainnya.

Tahun 1982, pria yang tampan ini merealisasikan cita-citanya menekuni bisnis dengan membuka usaha bimbingan tes Primagama yang selanjutnya beralih nama menjadi Lembaga Bimbingan Belajar Primagama. Usaha bimbingan belajar yang dijalaninya mengalami masa jatuh dan bangun. Namun masa jatuh itu dijalaninya dengan ikhlas dan pantang menyerah. Sehingga bisnisnya dapat kembali berkembang maju.

Purdi E Chandra ingat betul, pada mulanya usaha yang dirintisnya sepi sekali peminatnya. Waktu itu hanya ada dua orang saja peminat. Namun berbekal kerja keras, semangat dan pantang menyerah berawal dari dua orang murid itu berkembang hingga ribuan peminat. Karena peminatnya yang semakin membludak membuat pria penyabar ini membuka ratusan cabang-cabang dari usaha bimbingan belajar Primagama di sejumlah kota besar di Indonesia. Sehingga sekarang ini Primagama termasuk lembaga bimbingan belajar yang paling besar di tanah air.

Nekat seringkali merupakan kata yang tak bisa dilepaskan dari seorang pengusaha yang berhasil. Karena para pengusaha sukses rata-rata mereka nekat. Dan kemudian keberuntungan menghampirinya. Seperti halnya yang dialami Purdi E Chandra yang terbilang nekat berhenti kuliah demi memulai suatu bisnis. Tapi ia berhasil dan pilihannya tepat sekali. Sama seperti Bill Gates yang keluar dari sekolah dan bisa sukses. Pendek kata, seorang pengusaha yang berhasil tak ditentukan oleh jenjang sekolah formil yang ditempuhnya maupun gelar pendidikan yang disandangnya. Itulah yang diyakini Purdi E Chandra yang terbukti kebenarannya dalam membangun sebuah bisnis.

Sukses Bisnis Pendidikan Primagama
Purdi E Chandra berhenti kuliah bukan karena ia bodoh ataupun otaknya tak bisa mencerna semua mata pelajaran kuliah. Hal ini dibuktikan karena ia kuliah di empat jurusan yang berbeda yakni kuliah di jurussan Psikologi, Sastra Inggris, Elektro dan Farmasi di dua universitas negeri ternama yakni IKIP Yogyakarta dan Universitas Gajah Mada. Pria berkulit putih ini memutuskan berhenti kuliah dikarenakan merasa tak memperoleh apapun dengan sistem kuliah yang ditempuhnya yang baginya sangat membosankan. Pria yang selalu berpenampilan rapi ini memiliki keyakinan bahwa jika ia mengalami kegagalan dalam mendapatkan gelar sarjananya hal itu bukanlah kegagalan memperoleh cita-cita dan impiannya. Berdasarkan keyakinan itulah, pria yang murah senyum ini nekad memutuskan berhenti dari bangku kuliah dan lebih memilih menekuni dunia bisnis.

Sementara itu, pria berambut klimis ini mulai belajar bisnis, mulai menganalisa pasar, dan melihat di sekitar lingkungannya ia mampu melihat begitu tinggi sekali minat dan antusiasme  siswa-siswi SMA yang mau masuk dan melanjutkan pendidikannya ke universitas negeri yang berkualitas dan terkenal. Misalnya Universitas Gajah Mada. Intuisi bisnisnya mulai membaca inilah salah satu peluang usaha yang sangat potensial yang bisa digarap. Kemudian tahun 1982 pria yang rajin beribadah ini membuka usaha bimbingan belajar bernama Primagama yang membantu siswa-siswi SMA dalam memecahkan soal-soal ujian dalam testing masuk ke universitas atau perguruan tinggi negeri.

Hal yang sangat memotivasinya membuka bisnis bimbingan belajar Primagama karena ia tidak kuliah lagi. Kemudia pria yang cerdas ini mengumpulkan modal awal dengan cara menjual sepeda motornya senilai Rp.300.000. Berbekal uang sebesar itu, ia memulai membuka bisnis bimbingan belajar Primagama. Pria yang murah senyum ini menyewa sebuah ruangan kecil yang dibagi dua sebagai tempat bimbelnya. Saat itu muridnya hanya berjumlah dua orang yang merupakan tetangga dekatnya dengan biaya les sebesar Rp.50.000 per dua bulan.

Dua tahun kemudian nama bimbingan belajar Primagama mulai dikenal banyak orang berkat berbagai upaya yang dilakukan oleh Purdi E Chandra. Murid yang menjadi pesertanya membludak sangat banyak dari tahun ke tahun selalu bertambah. Untuk memperluas pangsa pasar, pria yang ganteng ini membuka outlet Primagama di beberapa kota besar di tanah air yang saat ini telah mencapai 700 cabang atau oulet. Wah sebuah prestasi yang membanggakan dari anak negeri ini. Itulah kisah sukses bisnis pendidikan Primagama.